Selasa, 03 November 2009

Memahami Musibah Dalam Perspektif Al-Quran


Oleh: Masduki Duryat

Indonesiaku sayang, Indonesiaku malang

Sejak awal tahun 2007 M. yang lalu atau di akhir tahun 1427 H. musibah mendera kita secara bertubi-tubi, di darat, laut dan udara. Rasanya semakin melengkapi rasa duka di tengah kesulitan ekonomi yang masih kita rasakan. Banjir terjadi di belahan Indonesia bagian Sumatera, Aceh dan Wilayah lain, longsor akibat penggundulan hutan dan pembalakan liar oleh masyarakat dan pemegang HPH—meminjam bahasa Prof. Amin Rais kerusakan hutan kita suatu bencana buatan tangan manusia yang paling skandalus di zaman modern dengan kerugian kalau ditotal dengan rupiah sebelas triliun rupiah, dengan rehabilitasi hutan akibat kerusakannya yang ringan diperlukan waktu tiga puluh tahun untuk merehabnya, sementara untuk yang parah diperlukan waktu lebih kurang empat ratus sampai lima ratus tahun, sampai dua puluh lima generasi hutan kita belum tentu pulih--kecelakaan pesawat udara, kapal motor di laut, lumpur panas “Lapindo” di Sidoarjo, yang memberangus fasilitas dan peradaban kota setempat. Sungguh menyayat hati dengan duka dan kerugian materi maupun immateri yang tidak ternilai. Duka itu kian bertambah ketika beberapa waktu lalu tepat pukul 15:04 terjadi gempa di Tasik disusul kemudian di Padang pukul 17:16 dan susulannya pukul 17: 58, esok harinya terjadi di Jambi tepat pukul 8:52, yang kalau kita renungkan jam-jam tersebut sangat relevan berbicara tentang pembinasaan suatu negeri karena kedurhakaan dan sikap kaumnya yang berperilaku seperti Fir’aun. Apakah ini suatu kebetulan? Sebuah ujian? Cobaan? Ataukah siksa? Atau merupakan peristiwa alam biasa, karena terjadinya pergeseran lempengan bumi yang akan terjadi setiap beberapa tahun sekali? Wallahu a’lam. Yang jelas bencana dan berbagai musibah sekarang ini menjadi sesuatu yang tidak asing lagi terjadi di tengah-tengah kita. Bencana Padang menurut para ahli lebih dahsyat ketimbang bencana di Jogja dengan korban lebih dari seribu orang.

Sebelumnya di tahun 2004 tepatnya tanggal 26 Desember--yang tidak akan terlupakan dalam sejarah, Aceh dan Sumatera Utara ditimpa bencana Tsunami yang mengakibatkan ratusan ribu orang tewas, sungguh merupakan suatu peristiwa yang sangat luar biasa serta menimbulkan dampak yang luar biasa pula, bukan saja dari segi fisik-material, bahkan juga psikis-spiritual. Berbagai tanggapan muncul dan sekian banyak orang terguncang hati dan imannya.

Musibah; Murka Tuhan?

Ada yang berkata bahwa “Tuhan telah murka kepada penduduk sekeliling”, ada juga yang melontarkan ucapan bahwa “Tuhan kejam dan tidak lagi mengasihi kita”. Dia telah menyerahkan urusan manusia kepada setan, setelah bosan melihat kedurhakaan manusia, bahkan ada yang berkata “Memang ada dua tuhan, tuhan baik dan tuhan jahat. Yang baik dan bijaksana menciptakan kebaikan dan yang jahat itulah yang berperan dalam peristiwa berbagai bencana termasuk tsunami yang dahsyat itu”.

Sebagai orang beragama yang percaya akan keesaan Tuhan dan kasih sayang-Nya yang dilukiskan-Nya sendiri sebagai mengalahkan amarah-Nya, maka ungkapan tadi tidaklah wajar terlintas dalam benak kita—lebih-lebih dari seseorang yang berprasangka baik kepada Tuhan.

Kita harus yakin bahwa Allah SWT., Tuhan yang Maha Esa adalah Rabbul ‘alamin (pemelihara seluruh alam) dan dalam konteks pemeliharaanNya itu terjadi sekian banyak hal yang antara lain, dapat terlihat—menurut kaca mata manusia—sebagai malapetaka atau tanpa kasih.

Memang, adanya sesuatu yang kita nilai buruk atas izin Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Adil itu, bukanlah satu hal yang mudah untuk dijelaskan. Ia merupakan salah satu yang amat musykil, khususnya bila ingin memuaskan semua nalar. Itu sebabnya yang merasakan Kemahabesaran dan Kemahabijaksanaan Tuhan biasanya hanya berkata: “Ada hikmah di balik setiap peristiwa—blessing in disguese, baik yang dinilai sebagai keburukan maupun sebaliknya”.

Tetapi jawaban semacam ini, jelas tidak memuaskan nalar. Keyakinan bahwa ada dua Tuhan, Tuhan cahaya (kebaikan) dan Tuhan kegelapan, pernah menjadi jawaban yang dilontarkan oleh sebagian penganut agama atau pemikir. Tetapi, keyakinan yang sekaligus merupakan jawaban itu ditolak penganut monoteisme. Karena ini mengurangi kuasa Tuhan. Al-Quran secara tegas menolak dualisme, baik dalam penciptaan, kekuasaan, maupun pengaturan alam raya.

ßôJptø:$# ¬! Ï%©!$# t,n=y{ ÏNºuq»yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur Ÿ@yèy_ur ÏM»uHä>à9$# uqZ9$#ur ( ¢ÇÊÈ

“Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, dan yang menjadikan kegelapan dan cahaya” (QS. Al-An’am [6]:1)

Sementara pakar agama, termasuk agama Islam, menyelesaikan persoalan ini dengan menyatakan bahwa “apa yang dinamakan keburukan, sebenarnya ‘tidak ada’, atau paling tidak hanya pada pandangan nalar manusia yang memandang secara parsial”, bukankah Allah menegaskan dalam al-Quran bahwasanya:

üÏ%©!$# z`|¡ômr& ¨@ä. >äóÓx« ¼çms)n=yz ÇÐÈ

“Dialah yang membuat segala sesuatu dengan sebaik-baiknya” (QS. As-Sajdah [32]:7).

Kalau demikian, segalanya diciptakan oleh Allah, dan segalanya baik. Keburukan adalah akibat keterbatasan pandangan. Ia sebenarnya tidak buruk, tetapi nalar manusia mengiranya demikian. Ini serupa dengan yang memandang pada praktek amputasi tanpa mempertimbangkan sebab dan tujuannya. Tetapi jika diketahui penyebab, tujuan dan dampak akhirnya, maka dokter yang mengamputasi akan sangat terpuji. Atau serupa dengan yang memandang titik hitam (tahi lalat) pada wajah seorang wanita. Keterbatasan pandangan pada objek tersebut menjadikan pemandang melihatnya buruk, tetapi jika wajah dipandang secara menyeluruh, maka titik hitam tersebut justeru menjadi unsur kecantikannya.

Karena itulah maka Allah mengingatkan bahwa:

| ããu×Ó|¤tãur br& (#qèdtõ3s? $\«øx© uqèdur ׎öyz öNà6©9 ( #Ó|¤tãur br& (#q6Åsè? $\«øx© uqèdur @ŽŸ° öNä3©9 3 ª!$#ur ãNn=÷ètƒ óOçFRr&ur Ÿw šcqßJn=÷ès? ÇËÊÏÈ

“Boleh jadi engkau tidak senang kepada sesuatu, padahal ia itu baik untuk kamu, dan boleh jadi juga engkau menyenangi sesuatu padahal itu buruk untuk kamu, Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui” (QS. Al-Baqarah [2]:216). Jangan beranggapan bahwa gempa di satu daerah, gunung meletus dan musibah lainnya tidak membawa dampak positif bagi daerah itu. Demikian uraian ilmuwan.

Karena itu pula:

“Sekian banyak hari. Ketika itu kumencucurkan air mata itu. Tetapi setelah berlalu, aku menangisinya. Menyesal mengapa dahulu aku menangis”

Musibah; Bagaimana mensikapinya?

Di sisi lain, ummat manusia adalah satu ummat, kesatuannya menjadikan masing-masing harus saling menopang guna mencapai tujuannya. Manusia adalah makhluk sosial, dan dari sini sebagian harus berkorban demi sebagian yang lain. Harus ada yang sakit agar manusia mengetahui nikmatnya sehat, harus ada yang menakutkan agar diketahui nilai keberanian, harus ada petaka agar dirasakan makna kesabaran, demikian seterusnya.

Apabila satu penderitaan terjadi karena kesalahan, maka setimpallah akibat dengan ulah, sedangkan bila yang bersangkutan tidak bersalah, maka pasti ada pula imbalan yang disiapkan Tuhan baginya, jika tidak di dunia ini, maka di akhirat kelak.

Nä3¯Ruqè=ö7oYs9ur &äóÓy´Î/ z`ÏiB Å$öqsƒø:$# Æíqàfø9$#ur <Èø)tRur z`ÏiB ÉAºuqøBF{$# ħàÿRF{$#ur ÏNºtyJ¨W9$#ur 3 ÌÏe±o0ur šúïÎŽÉ9»¢Á9$# ÇÊÎÎÈ tûïÏ%©!$# !#sŒÎ) Nßg÷Fu;»|¹r& ×pt7ŠÅÁB (#þqä9$s% $¯RÎ) ¬! !$¯RÎ)ur Ïmøs9Î) tbqãèÅ_ºu ÇÊÎÏÈ y7Í´¯»s9'ré& öNÍköŽn=tæ ÔNºuqn=|¹ `ÏiB öNÎgÎn/§ ×pyJômuur ( šÍ´¯»s9'ré&ur ãNèd tbrßtGôgßJø9$# ÇÊÎÐÈ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan ‘Innaalillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun’. Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. Al-Baqarah [2]:155-157).

Demikian, Wa Allah A’lam bi Al-Shawab.

260 komentar:

1 – 200 dari 260   Lebih baru›   Terbaru»
mely lestari mengatakan...

ass..
menurut saya pa kalau menghitung peristiwa-peristiwa di negeri kita sangat lah banyak dan kalaupun di hitung tak akan terhitung berapa jumlahnya baik jumlah korban maupun berapa banyak orang-ornag yg menderita disana dan kita tidak bisa perbuat apa-apa karena itu sudah menjadi kehendak allah swt tetapi beda hal kalau misal bencana tersebut atas tingkah laku dari manusia itu sendiri kalau misal bencana itu disebabkan oleh manusia pasti manusia tersebut tidak akan melakukan hal yg serupa tetapi bukan hanya tergantung manusia juga karena semua itu juga sudah di atur oleh yg maha kuasa.
mengambil konteks d atas memang seandainya kita di posisi mereka dalam hal tersebut mungkin kebayakan orang-orang akan menyalahkan terhadap tuhannya, dan orang-orang itu pasti banyak yg bertanya-tanya, kenapa harus kita dan kenapa mesti kita?? padahal kita tau musibah itu bisa saja di jadikan sebagai ujian tuhan terhadap keimanannya seberapa kuat kah iman mereka dan musibah itu juga bisa dikatakan suatu ajab tuhan terhadap orang-orang yg tidak taat dan patuh dalam menjalankan perintahnya. kedua hal tersebut bisa mungkin saja terjadi.
bukankah kita sebagai manusia patut mensyukuri atas karunia tuhan yg sudah di berikan baik apapun tuhan kasih ke kita pasti itu akan ada hikmahnya dan ada manfaatnya bagi kita tidak mungkin tuhan akan membiarkan umatnya menderita.
semua yg berasal dari tuhan pasti akan kembali padanya.
jadi kita hidup di dunia ini sebagai khalifah yg tugasnya memimpin! bukan merusak atau menghancurkan dan serta menyukuri semua apa yg tuhan berikan pada kita. terimaksih pa..

wass..
comentar from mely lestari kelas X SSN 2. SMAN 1 Kandanghaur.

Ian mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ian mengatakan...

1. Musibah dikatakan sebagai cobaan, azab atau ujian itu tergantung dari sudut mana kita memandangnya.
Kita ambil contoh musibah gempa bumi dan gunung meletus. Dua musibah ini bila kita lihat dari sudut pandang alamaiah ini dapat dikatakan hal yang wajar, kerena merupakan proses bumi yang terus hidup, tumbuh dan bergerak. dan dari sudut pandang inipun kita dapat menyimpulkan bahwa musibah ini merupakan ujian yang diberikan oleh Allah SWT untuk selalu senantiasa sabar dan senentiasa berserah diri kepadaNya.
Lain halnya dengan musibah Tanah longsor dan Banjir yang senantiasa melanda Indonesia apalagi dimusim penghujan. Musibah ini dapat dikatakan sebagai azab yang diberikan Allah SWT karena musibah ini timbul dan berasal dari kesalahan Manusia yang selalu bersikap Tamak, Egois, tak pernah bersyukur atas nikmat yang diberikanNya, dan Tak pernah peduli akan Alam. Musibah inipun merupakan teguran dariNya untuk senantiasa berintropeksi diri untuk lebih berhati-hati dalam bertindak dan hidup lebih baik lagi.

2. Kiamat 2012??? inikan cuman ramalan semata yang berdasarkan pada penanggalan suku Maya yang memperhitungkan kiamat akan datang pada 2012.
Skenario hari kiamat, menurut suku Maya, adalah planer X atau yang disebut juga Nibiru akan menghantam bumi. Rumor yang beredar melalui internet, berita elektronik maupun surat kabar menyebutkan planet misterius ini ditemukan oleh Bangsa Sumeria. Pendapat yang kemudian didukung oleh serentetan ilmuwan palsu dan paranormal.
percaya akan datangnya hari kiamat merupakan rukun iman yang ke-5 yang harus diyakini oleh semua orang yang beriman. Mengenai benar atau tidaknya tahun 2012 akan terjadi kiamat, tak ada satupun orang yang tahu selain Allah SWT yang maha tau akan segalanya. seperti yang dijelaskan dalam QS.Thaha ayat 15: "Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan".
lagi pula Rumors kiamat 2012 itukan tidak jelas kepastiannya. Kiamat apa yang akan terjadi?? sedangkan dalam konteks islam sendiri menjelaskan bahawa kiamat itu ada dua macam yakni kiamat Sugra dan Kubro. jadi menurut saya Rumors tentang kiamat 2012 ini sebenarnya dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk merusak keimanan dan akhlak orang-orang yang beriman. Yang terpenting untuk kita adalah jangan berfikir "Kapan kiamat akan terjadi?" tetapi berfikirlah "Siapkah kita menghadapi hari kiamat?"

3.Bila dibandingkan tulisan yang bapak buat "Memahami musibah dalam perspektif Al-Quran" dengan tulisan yang saya baca di blog WIndede dot com yang berjudul "Bencana alam atau bencana manusia?" memang jelas sekali perbedaanya. Tulisan yang Bapak buat lebih terperinci bahkan telah dilengkapi dengan Ayat-ayat yang ada dalam Al-Quran yang ada kaitannya dengan tulisan yang Bapak buat. sedangkan tulisan Windede dot com yangditulis hanya sekedar pengetahuan umumnya saja.

Alvian Pristy
kelas: XII Ipa4

Anonim mengatakan...

1. Mengacu pada surat Al-Araf: 96 yang merupakan salah satu janji Allah dan sebuah kepastian jika satu penduduk beriman dan bertakwa, maka Allah akan menurunkan berbagai macam kebaikan. baik dari langit dan bumi. dan mereka yang tertimpa musibah berupa bencana ditegaskan ditegaskan pula dalam ayat ini karena perbuatan mereka sendiri.
Jadi menurut saya musibah yang menimpa kita merupakan ujian, karena Allah tidak akan membari berbagai macam azab kecualai bencana yang terjadi di Indonesia merupakan suatu ujian bagi Indonesia yang memang telah sebaik-baiknya beriman dan bertakwa. dan bencana tersebut bertujuan agar Allah melebihkan bangsa ini melalui berbagai macam ujian termasuk salah satunya adalah bencana alam
2.Kita sebagai muslim wajib percaya akan datangnya hari akhir. Namun kapan waktunya hanya Allah yang tahu. karena kiamat bisa datang kapan saja. Kita sebagai muslim tidak perlu memusingkan dan mendebatkan kapan itu datangnya kiamat karena hal itu tidak penting. Yang penting adalah apakah kita siap menghadapu kiamat? dan apakah kita siap untuk dihisab?.
Menurut saya rumors tersebut hanyalah sensasi belaka, walaupun memang tanda-tandanya telah nampak tapi kapan datangnya hanya Allah yang tahu.
3. Tulisan bapak dan tulisan diblog yang saya baca sama-sama mengaitkan musibahdengan apa yang ada di Al-Quran. namun di blog bapak lebih terperinci dan mudah dipahami. Di blog Bapa juga musibah tidak hanya dikaitkan dengan Al-Quran tapi juga dengan fenomena-fenomena alam. sehingga semakin memperkuat ayat-yat al-Quran tersebut. (blog yang saya baca The Mail Archive judul "Ketika musibah menimpa" penulis Abu ishaq)

Noer Fauziah
kelas: XII Ipa 4

Anonim mengatakan...

1.musibah yang terjadi saat ini tumenurut saya adalah sebuah ujian,cobaan,dan azab.Karena peristiwa-peristiwa yang terjadi saat ini adalah sebuah cobaan dan ujian bagi umat manusia untuk menjadi manusia yang lebih baik dan lebih bertakwa kepada Allah SWT.Dan sebuah azab bagi manusia yang tidak bertakwa kepada Allah SWT.
2.kapan terjadinya kiamat hanya Allah SWT yang tahu.Tidak ada satu orang pun yang tahu kapan kiamat itu terjadi.rumor-rumor yang terjadi saat ini hanya lah sebuah opini masyarakat.Di satu sisi rumor tersebut menimbulkan ketakutan-ketakutan bagi masyarakat,tapi di sisi lain ada dampak positifnya bagi manusia,yaitu dapat mengingatkan manusia untuk kembali kejalan Allah dan lebih mendekatkan manusia dengan Allah.
3.bila dibandingkan,tulisan bapak yang berjudul Memahami Musibah dalam Prespektif Al-Quran dengan tulisan yang berjudul Menyikapi Musibah Dan Takdir Buruk (Mengantisipasi Terbukanya Pintu Portal Nomor 91/2 dengan at-Taubah and al-Ikhlas)@moon blog, perbedaannya jelas sekali terlihat. tulisan bapak lebih terperinci dan mudah di pahami sedangkan di @moon blog hanya di jelaskan secara sekilas.

Lesa Yunita Lidiawati
XII Ipa 4

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb pak....
menurut saya, musibah yang menimpa di negara kita selama ini, seperti gempa bumi,tsunami, tanah longsor, banjir dll. merupakan cobaan bagi kita semua, Allah memberikan cobaan bagi kita semua untuk menguji, seberapa besar keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.
selayaknya orang yang beriman dan bertakwa mampu menghadapa cobaan itu dengan ikhlas, sebaliknya orang yang kurang beriman dan bertakwa kepada Allah,mereka lebih putus asa menghadapinya, sedangkan Allah memberikan cobaan kepada umatnya di luar kemampuan kita, dan di dalam cobaan itu pasti ada hikmahnya. maka dari itu, sebaiknya kita introfeksi diri, apakah kita sudah menjalankan perintah-NYA? jika belum segeralah kerjakan. kalaupun musibah yang di akibatkan karena ulah tangan manusia, kita juga seharusnya menjaga sikap dan alam di sekitar kita. kalau kita tidak pintar2 menjaga sikap yg akan mengakibatkan bencana, maka tetap saja orang2 yg berbuat kerusakan dan orang2 yg tdak berdosapun ikut merasakan dasyatnya bencana itu.

Sedangkan anggapan bahwa " kiamat akan terjadi tahun 2012" itu semua Allahhua'lam hanya Allah yg tahu, entah besok,lusa atau tahun depan kita tidak tahu, hanya Allah yg maha berkehendak atas segala sesuatu.
menurut saya anggapan itu, hancurnya alam karena dampak dari orang2 yang berbuat kerusakan, contohnya penebangan hutan ataupun pembakaran hutan,ya akan mengakibatkan longsor, banjir, bahkan sampai global warming, seperti telah dijelaskan dalam Q>S Ar-rum : 41-42,yg artinya "telah tampak kerusakan di darat dan di laut di sebabkan perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagai dari akibat perbuatan mereka agar mereka kembali ke jalan yg benar,katakanlah "adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang2 terdahulu,kebanyakan dari mereka itu adalah orang2 yg mempersekutukan Allah"
dari ayat di atas dapat disimpulkan bahwa Allah menegaskan pada umat-NYA untuk tidak berbuat kerusakan di muka bumi.

Dari makalah yg ditulis oleh Abu muhammad jibriel abdul rahman,
bahwa umat islam harus lebih jeli memandang musibah2 yg terjadi di negara ini dan bahwa bencana alam merupakan teguran dari ALLAH SWT


Tri wahyu astuti
XII IPA 2

Anonim mengatakan...

ass.....
menurut saya, cobaan yg selama ini kita alami adalah sebuah ujian untuk kita. Allah SWT sedang menguji seberapa besar keimanan kita kepa-Nya. dan Allah tidak mungkin memberikan cobaan di luar kemampuan kita. oleh karena itu, kita harus meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT

KIAMAT 2012???
Saya tidak percaya kalau kiamat akan terjadi pada tahun 2012. karena tidak ada 1 orangpun yg tahu kapan kiamat itu terjadi. dan hanya Allah SWT yg tahu..

Moh. Rizky Muslim
XII IPA 2

Anonim mengatakan...

Bismilahirahman nirrahahim,.Assalammualaykum wr.wb
1).Menurut saya musibah itu dpt d katakan azab,ujian atau cobaan tergantung kepada siapa musibah itu datang & tergantung d pandang oleh siapa.Musibah di katakan azab apabila musibah itu datangnya kepada orang2 Musyrik/Kafir,sedangkan musibah di katakan ujian & cobaan apabila musibah itu datangnya kepada orang2 yg beriman,karena mereka mengangap bahwa dg musibah itu Allah sedang menguji seberapa besar Keimanan & Ketaqwaan Kita kepad Allah & d balik itu semua pasti ad hikmahnya.Berbeda dg orang2 beriman,orang2 yg kafir/musyrik menganggap musibah itu adalah perbuatan Tuhan yg tidak sayang lagi kepada Kita.Akhir2 ini Negeri Kita sering tertimpa Musibah(Bencana Alam),dan sebagian orang menganggap Musibah selalu identik dg Kesusahan,padahal kesenangan yg d rasakan adalah Musibah.Allah swt berfirman:"Sesungguhnya kami telah jadikan apa yg ada di bumi sebagai perhiasan baginya,karena kami hendak memberi cobaan kepada mereka,siapa di antara mereka yg paling baik amalnya."(Qs Al Kahfi(18) :7)
2).Sebagai orang Islam saya percaya kalau hari akhir itu akan datang & hanya Allah yg tahu kapan hari itu akan datang.Oleh karena itu saya tidak percaya dengan rumors bahwa Kiamat itu akan terjadi pada tahun 2012 karena itu hanya ramalan paranormal yg ingin mencari sensasi.Pd tahun 2005 jg ad rumors bahwa Kiamat itu akan terjadi pd tahun 2007,tp nyatanya hal itu tidak terjadi..karena itu saya tidak percaya dg rumors itu.Meski sudah banyak tanda2nya,.Menurut saya yg penting bagi kita adlah bukan mempertanyakan kapan kiamat itu akan datang tapi yg harus kita pertanyakan sudah siapkah amal kita apabila Kiamat itu datang??
3).Setelah membaca tulisan Bp & Tulsan Dewan Asatidz,Musibah dlm perspektif Teologi Islam(www.Pesantren Virtual.com/Index.php),Menurut saya tulisan Bp lebih terperinci & mudah d pahami,Karena Bp mencantumkn ayat2 Al Qur'an ttg musibah/bencana & bencana yg telah terjadi d Negeri kita ini.Sdgkn Dewan Asatidz tidak mencantumkannya.
wassalam,.
SUNIRAH
Klz XII IPA 4

cecicicuit mengatakan...

micoem . . .
Allah sang pencipta tak mungkin merusak apa yang sudah diciptakan, akan tetapi membaca ayat al quran "dan apapun musibah yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri . . ." (asy-syuaraa :30)ayat itu jelas menyimpulkan kalau apapun yang terjadi semata-mata karena perbuatan kita sendiri, bukan karena "Tuhan perusak".tetapi setelah semuanya menimpa, kita hanya bisa berkata "alamlah yang melakukan semua ini.
Subhanallah !! tidak ada yang menciptakan alm kecuali Allah yang perintahNya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah mengatakan,"jadilah" maka terjadilah ia.
"maka Allah menghancurkan rumah2 dari fondasinya, lalu atap (rumah itu) jatuh menimpa mereka dari atas, dan datanglah azab itu kepada mereka dari tempat yang tidak mereka sadari"( An nahl:26)
Al quran menjelaskan kepada kita ayat kauniah tersebut yang tidak ada seorangpun sanggup menghadapinya. kendatipun mempunyai ilmu dan kemajuan.
Allah mengadzab suatu negeri pada saat tidur, mengadzab mereka pada saat mereka lalai, mengadzab mereka saat terpedaya atau saat mereka tidur di siang hari. ketika itu alrm dan komputer tidak bermanfaat lagi.
so,setelah ayat al quran berbicara, hanya nurani kita yang bisa mengartikan apakah musibah itu sebagai ujian,cobaan atau adzab. ( ditulis oleh Dewan Atidz dlm makalah yang berjudul musibah dalam perspektif teologi islam dan dari buku yang berjudul "jangan berputus asa" karangan Dr.A'Idh bin Abdullah al-Qarni)
menanggapi kiamat 2012 yang sedang merebak dikalangan masyarakat sekarang, memang Allah sudah memberitahukan?? Padahal didalam alQuran telah di jelaskan bahwasanya kiamat itu pasti datang dan tak seorangpun mengetahuinya. mengapa sebagai manusia kita mesti sombong menuturkan kalau kiamat akan terjadi di tahun 2012.
muslim yang beriman harus yakin kiamat dan kematian pasti datang, dan setiap orang akan meneguk kepahitanya. oleh karena itu, setiap orang yang berakal harus menyiapkan diri untuk bertemu kematian. kembali kepada Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Kuasa ialah dengan taubat yang akan menundukkan hatimu kepada Allah swt

NAMA : YESI ANGRUM SARI
KELAS : XII IPA 2

Anonim mengatakan...

asalamualaikum..
saya mencoba akan menjawab.
1.musibah yang kita timpa menurut saya sebuah ujian. ujian dimana kita harus lebih taat kepada-Nya. ujian tidak akan datang sekali. tapi manusia tidak akan sadar itu. benacana yg menimpa kita merupakan sebagian kecil nya. seharusnya kita bisa mengoreksi diri dengan kejadian selama ini.
2.siapa yang tau kalau kiamat itu terjadi pada tahun 2012?
itu hanya sebuah ramalan, dan ramalan hanyalah ramalan. banyak bermunculan film-film yang menceritakan tentang kiamat akan terjadi pada tahun 2012. itu membuktikan bahwa mereka percaya akan hal itu, yaitu kiamat akan terjadi.
tapi saya tidak percaya. hanya Allah yang mengetahui. mungkin kalau tanda-tanda kiamat emang sudah ada!!
3.pengertian nya sama, cuma penjelasaan nya lebih rinci.

(mimbar jumat-artikel jumat)
ahmad sabban rajagkguk



oleh::
Ginanjar.
XII ipa 4

Anonim mengatakan...

Abdul Hasyim Ning (12 IPA 1) dalam fikiranya ,menjawab :
1)“Hidup adalah perjuangan”, istilah itulah yang mungkin paling tepat untuk mendeskripsikan makna dari sebuah kehidupan. Maka setiap manusia yagn hidup di dunia ini tidak akan pernah lepas dari berbagai jenis perjuangan. Jika seorang manusia ingin hidup tanpa mau berjuang, maka sama saja ia sedang mengharapkan sebuah kematian untuk menjemputnya.
Umat muslim tidak pantas bersikap Putus asa dan terjebak dalam duka yang tak berkesudahan bukanlah sifat seorang muslim. Seorang muslim hendaknya senantiasa optimis dan berpikiran positif. Berbaik sangka kepada yang telah memberikan cobaan, yaitu Allah swt adalah jalan terbaik yang diajarkan oleh Islam. Karena sesungguhnya Allah swt akan menjawah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Jika hambanya berprasangka buruk, maka keburukanlah yang akan diterimanya. Namun, jika hambanya senantiasa berbaik sangka maka Allah swt pun akan memberikan kebaikan kepadanya. Hal ini sebagaimana firman Allah swt di dalam sebuah hadits qudsi yang artinya:
“Aku (akan memperlakukan hamba-Ku) sesuai dengan persangkaannya kepadaku.” (HR. Bukhari)

2)jika saya bandingkan tulisan bapak yang berjudul "Memahami musibah Dalam Perspektif Al-Quran" dengan tulisannya "“Musibah; Rahmat atau Murka Tuhan?”menurut Prof. Quraish Shihab dalam http://www.blogcatalog.com/blog/dahulukan-islam-di-atas-mazhab/590a0efcda598620e3bc8477276ac1bc yang saya baca bahwa kedua argumen tersebut sangatlah Mantap untuk kita acungi jempol!! karena :
- tulisan bpak dalam mehami hal itu sgatlah akurat dengan k adaan yang sekarang terjadi. walapun saya belum mengerti dan pham betul atas kutipan mengenai “apa yang dinamakan keburukan, sebenarnya ‘tidak ada’, atau paling tidak hanya pada pandangan nalar manusia yang memandang secara parsial”,tp scara umum sya dapat mnyimpulkan dan memahami tulisan bapak. dan ituh sangat luar biasa.:-) semangat terus pak!!cayo!!
-dan kalau saya baca menurut apa yang di katakan oleh prof.quraish shihab,beliau sangat indah sekali dalam menjelaskan arti kata 'musibah"sehingga orang dapat memahami dan mamaknai musibah yang sekarag terjadi.

3) kiamat 2012??hehehe what else Brother?? Sebagai seorang mukmin, seharusnya kita tidak mudah percaya pada issu murahan, sebagai propaganda kapitalis sekuler untuk meraup keuntungan. Apalagi jika tema issu itu tentang bagian pokok dari rukun iman, yaitu kiamat. Karena Allah telah menegaskan dalam al-Qur’an, dan Rasulullah juga telah mengajarkan kita semua bahwa tidak ada yang tahu kapan terjadinya kiamat kecuali Allah sendiri.

Allah berfirman, “Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang kiamat: “Kapan terjadinya?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu hanya pada sisi Tuhanku. Tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan dating kepadamu, melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu ada di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Al-A’raf: 187).

Dalam hadits shahih riwayat Imam Bukhari, Muslim dan yang selainnya disebutkan: Malaikat Jibril bertanya kepada Nabi Muhammad, “Kapan kiamat terjadi?” Rasulullah menjawab, “Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya”. Artinya Jibril yang bertanya dan Nabi Muhammad sebagai orang yang ditanya sama-sam tidak tahu kapan kiamat terjadi,karena yang mengetahui hal itu hanyalah Allah. Titik, gak ada koma atau pengecualian.hehehe..oke pak?setuju??;-)

Abdul Hasyim Ning (12 ipa 1)

Anonim mengatakan...

ASSLAMUALAIKUM
Menurut saya,musibah yg slmaini menimpa kita baik itu bencana alam,sepeti banjir,tanah longgsor,gempa bumi,dll.maupun kacelakaan" yg di sebabkan tngn mnusia,misalnya kecelakan transportasi adalah suatu cobaan /ujian bahkan azab.mengpa demikian? karna sebagai mahluk Allah kita senantiasa di beri ujian oleh Allah'supaya kita dapat meningkatkan iman kita kepada Allah.Karna dngn ujian/cobaanAllah mengetes seberapa besar iman kita.Namun,Musibah juga dapat di anggap sbgi Azab.Menurut suratAssy Syura 30-31 yg artny"Dan apa saja musibah yg menimpa kamu adalah di sebabkan oleh perbuatan tngan mu sendiri,dan allah mamaafkan sebagian besar[dari kesalahan" mu]dan kamu tidak dapat melepaskan diri [dari azab Allah,]di muka bumi dan kama tdk memperoleh seorang perlindungan pun dan pula seorang penolong kecuali allah"berdasarkan ayat di atasjelas bahwa musibh adalah azab Allah.
2.tulisan bapa, apabila di bandingkan dgn artikel dari Muhammadiyah bontang tulisan bapa lebih mdah di pahami dan terperinci.
3.Kiamat 2012 itu hanya sebatas ramalan yg belum tentu kebenaran nya.karna,kiamat itu hanya Allah yg tahu.dan saya sangat tidak setuj dengan ramalan itu,.

Nama :Ayu candra dewi
Kelas:XII IPA 2

Anonim mengatakan...

bnjkojj

Anonim mengatakan...

1.menurut saya musibah adalah sebuah ujian dari Allah SWT untuk meningkatkan keimanan kita. Dan Allah tidak akan menguji kita melebihi batas kemampuan umatnya.
2.di bandingkan dengan tulisan dari AN Ubaedy "tiada musibah tanpa hikmah", tulisan bapa lebih terperinci karena di jelaskan pengertian-pengertiannya.
3.kiamat 2012:Itu hayalah isu yang tidak di dasari sumber yang jelas. kiamat pasti akan terjadi tetapi hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

Nama: Dini soni Ramdani
Kelas: XII IPA 2

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb. . . .
1. Menurut pendapat saya, musibah yang kita alami selama ini merupakan ujian, cobaan serta azab dri tuhan, dimana kita harus lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt. musibah seperti longsor dan banjir itu diakibatkan oleh ulah tangan manusia sendiri karena sifat manusia yang serakah dan tamak serta tidak pernah mensyukuri atas segala hal/nikmat yang Allah berikan kepada kita.

2. Dari tulisan yang saya baca dari www.pesantrenvirtual.com dibandingkan dengan blog yang bapak tulis/buat, blog yang bapak buat pembahasannya lebih terperinci karena disertai ayat-ayat Al-Qur'an dan hadist-hadist sedangkan dalam www.pesantrenvirtual.com hanya pembahasannya saja.

3. Tentang "KIAMAT 2012" menurut saya itu hanya ramalan saja yang belum tentu kebenaran terjadinya. ramalan ini hanya membuat kita menjadi cemas dan khawatir(was-was), sebaiknya tidak perlu diperbesar-besarkan, yang harus kita lakukan hanya berserah diri kepada Allah swt dan lebih mendekatkan diri kepadanya(melaksanakan perintahnya dan menjauhi segala larangannya).

Nama: NITA SUNITA
Kelas: XII IPA 1

Anonim mengatakan...

assalamualaikum...
1.menurut saya,musibah demi musibah yang datang silih berganti merupakan musibah yang terjadi di tengah-tengah kita akhir-akhir ini,terjadi dalam bentuk yang berbeda yaitu musibah kecelakaan,musibah alam seperti tsunami,banjir bandang,gempa bumi,dll semua itu di sebabkan oleh ulah tangan manusia itu sendiri. oleh karena itu musibah yang menimpa kita merupakan ujian,cobaan,serta adzab bagi kita semua umat manusia karena semua musibah yang menimpa kita adalah di sebabkan oleh tangan kita sendiri.
musibah tersebut merupakan cobaan atau ujian kita dari Allah supaya kita dapat meningkatkan iman kita dan lebih mendekatkn diri kita kepada Allah karena dengan cobaan ini,Allah mengetes iman kita seberapa dekat kah kita kepada Allah SWT.Dan sebagaimana yang telah dijelaskan dalam surat Ar rum ayat 41 yang artinya telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari akibat dari perbuatan mereka,agar mereka kembali ke jalan yang benar
2.makalah yang Bapak buat dengan makalah yang saya baca dari blog PUSDAI online,menurut saya makalah Bapak lebih lengkap dan terperinci dari pada PUSPADI online tetapi surat-surat mengenai musibah lebih banyak terdapat di PUSPADI online.
3.hari kiamat sama saja dengan umur manusia yang menentukannya adalah Allah SWT.oleh karena itu tidak ada seorang pun yang mengetahuinya kapan waktu itu terjadi.tapi dengan adanya isu bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012 ada manfaatnya yaitu kita lebih mendekatkan diri kepada Allah,lebih mempersiapkan diri untuk menghadapinya,yaitu dengan cara memperbanyak amal saleh baik itu kepada Allah maupun kepada sesama manusia.

NAMA:FARIDAH
KELAS:XII IPA

Anonim mengatakan...

Ass........
1.Menurut saya musibah saat ini yang kita alami adalah sebuah ujian dan cobaan dari Allah SWT, agar manusia sadar akan dosa-dosa yang telah mereka perbuat selama ini, dan mengingatkan kita untuk kembali ke jalan Nya. Karena sesungguhnya Allah SWT tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan umatnya.
2.Kiamat 2012,hanyalah rumors belaka,karena sesungguhnya dalam Qs.Thaha ayat 15:"Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang, aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan. Seharusnya kita sebagai umat muslim jangan mudah terpengaruh dan percaya rumors tersebut. mungkin juga dengan adanya rumors kiamat 2012 sebagai peringatan dan pacuan agar kita mempertebal iman dan memperbanyak istighfar memohon ampun kepada Allah SWT.
3.Bila di bandingkan dengan tulisan yang bapak buat"Memahami musibah dalam perspektif Al-Quran" dengan tulisan yang saya baca berjudul"musibah terbesar umat islam" yang di karang oleh syaikh husain bin audah al-awayisyah memang sangat jelas perbedaannya.
Tulisan yang bapa buat lebih terperinci dan bahkan di lengkapi dengan ayat-ayat yang ada dalam al-quran.


Nama:Wulandari Setia Ningrum
Kelas:XII IPA 4

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
1.menurut saya musibah yang terjadi di negeri kita Indonesia,merupakan ujian dan cobaan dari allah swt agar kita lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada-NYA.Karena selama ini kita telah terlena dengan kehidupan duniawi yang fana,yang penuh dengan kenikmatan sesaat.kita menjauhi allah bahkan melupakan allah.
musibah merupakan suatu peringatan allah untuk kita agar lebih menjaga perbuatan kita.apalagi perbuatan merusak alam.agar kita sadar dan terus menginropeksi diri.
jangan salahkan allah atas musibah ini,tapi kita harus berprasangka baik kepada-NYA bahwa ada hikmah dibalik semua ini.
2.tulisan Bapa bila dibandingkan dengan tulisan di .::www.f@j@r.tk.::
lebih terperinci pembahasannya, mendalam dan meluas berbeda dengan artikel yang saya baca tsb,hanya terdiri dari satu pokok pembahasan.
3.kita sebagai seorang muslim harus yakin dan percaya bahwa kiamat itu akan tiba.masalah kapan tibanya,hanya allah lah yang tahu.
tapi kita patut mempersiapkan diri memperbanyak amal,menjalankan perintahNya,menjauhi laranganNya,
untuk bekal kehidupan kedua di akherat nanti.
wassalam

Endah Trimuliyawani
XII IPA2

Anonim mengatakan...

ASS'ALAMUALAIKUM WR.WB....
1.Menurut saya mengenai musibah yaitu,setiap orang mempunyai anggapan yang berbeda tentang makna apa itu musibah???
menurut saya ada 3 kelompok orang yan menganggap bahwa musibah itu termasuk kedalam ujian,cobaan,atau aZab.Orang-orang yang beriman beranggapan bahwa musibah merupakan ujian untuk menakar seberapa besar iman seseorang,sedangkan untuk orang awam yang kadar keimanannya masih minim berangapan bahwa musibah adalah cobaan dari ALLah untuk umatnya.Dan untuk azab,menurut saya itu merupakan bentuk teguran dari sang Khalik untuk hamba-hambanya yang berbuat nista,tetapi bentuknya menyeluruh.Sebagai Contoh,Pada suatu desa terdapat sekelompok orang yang berbuat nista,dan menyebabkan Allah murka.
maka,ditimpalah musibah Tsunami yang kapasitasnya melebihi dari 1 desa.Itulah yang menurut saya sifatnya menyeluruh.
Nah,tinggal bagaimana kita
beranggapan tentang musibah itu.
ujian kah??? musibah kah??? atau Azab???
Dan,saya berharap mudah-mudahan Allah masih menyayangi kita dan tak murka terhadap kita semua.
Dan,seandainya itu terjadi mudah-muahan kita semua tergolong kedalam orang-orang yang beriman.
2.Tanggapan saya terhadap suatu rumor yang sedang merebak di seantero bumi,yaitu tentang KIAMAT yang akan terjadi pada tahun 2012
adalah WALLAHU'ALAM BI SHOWAB,
karena apabila kita menilik dari Firman Allah,maka kita akan meyakini bahwa kiamat itu tiada yang tahu kapan terjadinya dan datangnya.Bahkan nabipun tak tahu kapan kiamat kan terjadi,melainkan
hanya ALLAH yang Maha TAHU.
Maka dari itu,saya tidak percaya atas ramalan SUKU MAYA tersebut.
3.pendapat saya terhadap tulisan yang bapa buat dan saya bandingkan dengan tulian orang lain di www.pesantrenvirtual.com yaitu
bapak banyak mencantumkan pendapat dari beberapa narasumber dan mencantumkan firman2 Allah,sedangkan pada tulisan orang lain lebih ditekankan pada bagaimana sikap atau tindakan kita terhadap musibah yang kerap kali menimpa bangsa kita.
mungkin demikian pendapat dari saya apbila ada kalimat yang kurang berkenan saya mohon maaf
NAMA:ANISAH
KELAS:XII IPA2

Anonim mengatakan...

Dwi bunga
XII IPA 2
1.Musibah yang slama ini terjadi it memangujian,cobaan dan azab
Karena d stiap musibah it bnyak macam versi cntoh aj azab ya, gni 4w1 akan menghancurkan,atw membumi hanguskan suatu kota atw apapun krna d dalam nya trdpat, kemaksiatan,ktidak adilan,kjahatan yg brlebih, dll, maka 4w1 lah bertindak dgn kuasanya...
untk coban dn ujian it slg brktan.. 4w1 menguji suatU umat hnya untk memperingati bhwasanya smua it kmbli kpd 4w1 smata...jgn smp lupa trhadap nikmatnya. Y gthulah...y gthu deh.y udah lah..ydah deh
2. Oleh drs.h ari ansori. M.ag
Dlm pndangan alquran musbh menimpa akibt kslahn manusia sndri bala merupakn kpastian dn djthkan 4w1 swt wlau tnpa kslahan manusia,,
Peristiwa tsunami yg trbsar spanjang sjrah tlh trjad4 d masa nbi nuh .as. Bl d kaji dr ayat2 d alquran adalah dsebkan oleh kdurhakan mereka, maka itlah musibh yg menimpa orang2 yg durhaka.
Sumber( pwmjateng )
www.pdmbontang.com
Sy kira d stiap blog tntang musibh it bahasnya, hampir sama tntang kelalain umat manusia....kal d bndingkan ya hrz sling melengkapi aj isi artikelnya, kn pasti ad yg lengkap dn kurang lgkap.
Kal bpak sdg bhas kjdian skrg2 ini, makanya smua blog jg bhas tntang kjdian skrg2 ini. Y gthu dEH. y udah dweh.
3. Tanggapan? Orga?sandiwara? Hahahaha
Oh 2012? Y it mah thun biasa aj gd yg istimewa, kal ramalan kiamat 2012 y mitos lah, nabi aj gax tw kpn kiamat hny 4w1 yg tw, bg sy, sy meyakini bhwa kiamat it akan trjadi... Tp sy tdk meyakini bhwa kiamat akan trjdi 2012.. Skrg smua terserah 4w1.. Ap yg akan trjdi sy br iman kpd rukun iman yg ke 6.
Ygtu dweh. Y udlah.

Tgpan bpk gm tntang masukan dwi?ha!

Anonim mengatakan...

assalamualaikum....
1) Menurut saya musibah yang akhir-akhir ini terjadi sejatinya merupakan ujian.sesungguhnya Allah ingin melihat bukti keimanan dan kesabaran kita yang sedang terkena musibah,jika kita bisa menyikapi dengan benar dan mengembalikan semuanya kepada Allah,maka Allah akan memberikan pertolongan dan rahmat sesudah musibah tsb. Musibah yang menimpa orang yang beriman yang tidak lalai dari keimananya adalah ujian,seperti yang kita alami sekarang.Tapi sebaliknya bagi orang2 yang bergelimang dosa dan maksiat,musibah yang menimpa itu adalah azab.
Sebenarnya yang terpenting adalah bukan musibahnya tetapi apa alasan Allah menimpakan musibah kepada kita dan saya pikir musibah yang terjadi akhir2 ini adalah tanda kecintaan Allah SWT pada seorang hambanya.Semakin tinggi derajat keimanan dan kekuatan agama seseorang justru ujiannya akan semakin berat.
tapi bedanya dengan azab kalau semakin besar azab yang menimpa berarti semakin besar dosanya.

2)Menurut saya tulisan yang bapak buat dengan judul" MUSIBAH DALAM PERSPEKTIF ALQURAN" sangat membuka wawasan pemikiran saya terhadap bagaimana saya menanggapi musibah yang sedang dialami.dan ayat2 alquran yang disampaikan lebih mempertegas bahwa semua ini Telah menjadi ketentuan-Nya.Bahwa semua yang dipandang buruk manusia belum belum tentu buruk di mata Allah.Dan pasti ada hikmah dibalik itu semua.
Sedangkan tulisan yang saya baca dari ALEK's BLOG yg berjudul "MEMAHAMI MUSIBAH MENURUT ISLAM" saya menjadi lebih paham apa itu pengertian musibah,ujian dan azab serta perbedaannya yang tidak dijelaska dalam tulisan yang bapa buat.

3)menanggapi isu yang sedang hangat2nya diperbincangkan pada saat ini yaitu KIAMAT 2012.sebagai seorang mukmin seharusnya kita tidak boleh percaya terhadap ramalan tsb.Apalagi menyangkut rukun iman yaitu Kiamat,Memang benar bahwa kita harus percaya bahwa kiamat itu akan terjadi.Namun, Allah juga telah menegaskan bahwa tidak ada yang tahu kapan terjadinya kiamat kecuali Allah SWT.Bisa saja kiamat terjadi sebelum tahun 2012 atau mungkin saat ini adalah detik terakhir kita mampu menghirup udara dari-Nya,dan seketika juga tak ada yang mampu mengelak atas kekuatan Maha dasyat-Nya.
Intinya hal yang terpenting buat kita adalah selalu berbuat yg terbaik dan diridhoi Allah agar kita tidak merugi selama di dunia.Hingga kitapun siap akan segala sesuatu yang akan terjadi yang sudah menjadi ketentuan-Nya.

NAMA: MURNI RHAMDIANI
KELAS; XII IPA 2

Anonim mengatakan...

ass...
1.Menurut saya musibah yang selama ini memimpa kita termasuk ujian-ujian [azab] dari Allah kepada umatnya dikarenakan ulah manusia yang ceroboh sehingga negara kita dampak dari perbuatan itu sendiri,seperti tsunami,longsor,banjir dan lain-lain.
2.Makalah bapak jelas dan lebih mudah dimengerti.
3.Kiaat terjadi tahun 2012 mungkin kepastian terjadinya hari kiamat. Janji Allah terhada ayat-ayat Al'quran dalam sabda nabi tidak lupa tentang urutan dan pembacanya.Celaan Allah pada orang-orang musrik yang lebih mencintai dunia dan meninggalkan akhirat keadaan manusia diwaktu sakaratul maut.Terdapat pula pada surat Al'Qiyaamah dan surat Mud datstsir "menerangkan bahwa walaupun keterangan apa saja yang di kemukakan kepada orang-orang kafir mereka tidak percaya kepda adanya dan Allah menegaskan bahwa hari kiamat itu pasti terjadi,disertai dengan bukti-bukti.
Nama : Siti Komariyah
Kelas: XII IPA 2

Anonim mengatakan...

ass...
1.Menurut saya musibah yang selama ini memimpa kita termasuk ujian-ujian [azab] dari Allah kepada umatnya dikarenakan ulah manusia yang ceroboh sehingga negara kita dampak dari perbuatan itu sendiri,seperti tsunami,longsor,banjir dan lain-lain.
2.Makalah bapak jelas dan lebih mudah dimengerti.
3.Kiaat terjadi tahun 2012 mungkin kepastian terjadinya hari kiamat. Janji Allah terhada ayat-ayat Al'quran dalam sabda nabi tidak lupa tentang urutan dan pembacanya.Celaan Allah pada orang-orang musrik yang lebih mencintai dunia dan meninggalkan akhirat keadaan manusia diwaktu sakaratul maut.Terdapat pula pada surat Al'Qiyaamah dan surat Mud datstsir "menerangkan bahwa walaupun keterangan apa saja yang di kemukakan kepada orang-orang kafir mereka tidak percaya kepda adanya dan Allah menegaskan bahwa hari kiamat itu pasti terjadi,disertai dengan bukti-bukti.
Nama : Siti Komariyah
Kelas: XII IPA 2

Anonim mengatakan...

menurut saaya.......
bencana yg terjadi di indonesia itu adalah kuasa Allah SWT yang 1.kita sendiri tidak taw sebab akibat dari bencana tersebut,,,,
yang kita taw hanyalah kesenangan dunia yang selalu tidak memikirkan kedepannya gimana??????????
mungkin dari bencana" yang terjadi di indonesia bisa memberikan hikmah,bahwa setiap perbuatan manusia semua di atur oleh Allah yang maha kuasa.........
semua yang berasal dari Tuhan pasti akan kembali padanya


2.KIAMAT 2012?
ini cuma rumor dari orang amerika yang menjelaskan bahwa bumi akan bertabrakan dengan planet X.........
tapi kita sebagai umat muslim harus mempercayai adanya hari akhir[rukun iman ke-5],dan terjadinya kiamat cuma ALLAH yang tahu

3.tulisan bapak memang sangat berbeda sekali dengan windede dot com,kalau bapak menerangkan dengan menggunakan ayat" suci AL_QUR'AN..sedangkan windede cuma menjelaskan dari pengetahuan umumnya saja gituuuuuuuuuuu....
hehehehehehehehehe..........
makasih ya pak.....

nama:Rico Joharmanik
kelas:XII-IPA 1

Putri Rizky Amalia mengatakan...

1. Musibah dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu sebagai ujian, teguran dan adzab. Akan tetapi tidak berhak bagi kita manusia untuk menentukan suatu musibah itu apakah sebagai ujian, teguran ataukah adzab? Karena itu sama saja dengan kita menilai perbuatan/amalan yang dilakukan seseorang atau suatu kaum. Jika kita sampai berprasangka buruk terhadap mereka, itu telah menjadi dosa bagi kita. Kita bukan Tuhan yang mengetahui perbuatan si A, si B, dst. Kita bukan Tuhan yang mengetahui amalan si A itu jelek, sehingga saat dia ditimpa musibah kita bilang "oh, dia lagi kena azab". Kita tidaklah berhak menilai seperti itu.
Tidak usahlah kita ribut-ribut membicarakan musibah itu sebagai apa, dan tidak usah untuk melihat-lihat dari berbagai sudut pandang. Karena musibah bersifat objektif, artinya itu hanya urusan si yang terkena musibah dengan Allah SWT. Bukan bersifat subjektif yang dapat kita nilai dan perbandingkan.
Yang harus dilakukan ketika ada musibah datang menimpa, apalagi itu menimpa suatu kaum seperti bangsa Indonesia yang marak terjadi akhir-akhir ini, adalah kita memuhasabahi amalan kita sendiri, sudah seberapa jauh kita melangkah dan berbuat kebajikan, seberapa besar tingkat ketakwaan kita, dan kita berdo'a agar derajat kita diangkat oleh Allah SWT. agar kita terhindar dari murka-Nya, dan agar kita senantiasa diberi kekuatan untuk menghadapu semua musibah yang datang menimpa kita semua.
jadi intinya, apapun bentuk musibah yang menimpa negeri ini yang terpenting kita memuhasabahi diri kita, menolong saudara kita yang terkena musibah, bertaubat dengan sungguh-sungguh, dan sama-sama berdakwah menegakkan amar ma'ruf nahi munkar. Karena dengan berdakwah dapat menunda murka Allah, Insya Allah. Rasulullah pernah bersabda: "Aku (Allah) tidak akan menurunkan Murka-Ku kepada suatu kaum, selama dalam kaum tersebut masih ada yang menegakkan nama-Ku (berdakwah)" (Hadits Qudsi)
2. Isu kiamat 2012 yang akhir-akhir ini marak diperbincangkan menurut saya tidak lain adalah tipu daya syetan untuk memecahbelahkan kaum muslimin melalui tangan kaum Yahudi. Karenanya, umat islam dibuat resah dan dibuat heboh dengan issu tersebut. Menurut saya, keresahan dan kehebohan ini tidaklah harus terjadi. Untuk apa sih kita ribut-ribut maslah seputar kiamat yang ghaib, yang segala ilmi tentang kiamat hanya ada di sisi Allah Azza wa jalla.
Isu tersebut adalah sesat dan menyesatkan, dan merusak aqidah ajaran Islam. Kiamat itu soal ghaib, umat islam memang harus percaya adanya hari kiamat, tetapi soal jam, tanggal, bulan, dan tahun tidak ada satu makhluk pun yang tahu. Itu adalah domain Allah SWT. Dan kedatangan kiamat itu secara tiba-tiba, tidak akan pernah bisa dibayangkan ataupun diramalkan.
Saya tambahkan, mengenai film 2012, film ini dibungkus menjadi film yang tidak bernuansa ajaran agama, maka dampak negatifnya akan lebih besar. Di antaranya adalah membuat masyarakat yang meyakininya akan meninggalkan aktivitas kesehariannya, yang akan mengganggu keteraturan sosial.
Akan tetapi saya memiliki pandangan lain terhadap film ini, ada dampak positifnya, yaitu kita dapat mengingat kematian. Dan mengingat kematian itu dianjurkan oleh Rasul. Namun tentunya hanya sebatas mengingat kematian saja, tidak untuk mempercayai waktu terjadinya hari kiamat.
3. Menurut compare saya tentang artikel Bapak di blog ini dengan sebuah blog, saya menilai artikel Bapak kurang membahas secara detail bagaimana sikap kita menghadapi musibah, apa-apa saja yang kita bisa lakukan untuk menghadapi musibah dengan berbagai kapasitas kita. Tentunya tidak semua dari kita adalah ulama, dosen, atau kiai, sehingga apa yang mesti kita lakukan pun beragam sesuai profesi kita. Blog tersebut. http://febyafriwan.dagdigdug.com
Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Nama : Puspita melati
Kelas : XII IPA 2

1. Menurut saya musibah yang menimpa kita selama ini memanglah ujian dari Allah SWT. Yaitu Allah menurunkan ujian kepada umatnya itu, Apakah ia masih akan tetap beriman atau tidak ketika ia di uji. “bisa di katakan teguran dari Allah SWT. Karna Allah sangat tidak ingin umatnya yang beriman ikut larut dalam perbuatan dosa dan melanggar segala peraturannya. Maka Allah SWT menurunkan bencana untuk menegurnya supaya hambanya yang selamat dapat menyadari kesalahannya kemudian kembali ke jalan Allah.” Bisa di katakan azab dari Allah SWT. Azab di turunkan kepada mereka yang betul-betul tidak mau menerima ajaran allah & para nabi.
2. Saya membandingkan makalah “musibah dalam perspektif Al-qur’an” dengan “silogisme musibah dalam perspektif islam” pada dua makalah ini saling berhubungan & melengkapi, namun yang dapat dengan mudah di mengerti oleh saya adalah makalah musibah dalam perspektif Al-qur’an, karena pembahasanya tidak berbelit-belit dan mudah dipahami. Namun saya yakin dengan sepenuhya.
3. Anggapan yang menyatakan kiamat akan terjadi tahun 2012 itu hanyalah pemikiran orang-orang yang tidak punya aktivitas yang lebih positif. Tanpa di prediksi pun kiamat sudah pasti akan terjadi. Maslah waktu hanya Allah yang tahu, bahkan menurut saya dengan orang-orang yang memprediksikan kiamat itu hanya akan membuat pro & kontra saja. Seperti yang sudah saya pelajari kiamat akan terjadi bila manusia sudah mulai sibuk dengan urusannya masing-masing & Bila adzan sudah tidak terdengar lagi. maka secara tidak langsung kita dapat memperlambat kiamat terjadi dengan tetap berada dijalan Allah SWT dan selalu istiqomah.

Putri Rizky Amalia mengatakan...

1. Musibah dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu sebagai ujian, teguran dan adzab. Akan tetapi tidak berhak bagi kita manusia untuk menentukan suatu musibah itu apakah sebagai ujian, teguran ataukah adzab? Karena itu sama saja dengan kita menilai perbuatan/amalan yang dilakukan seseorang atau suatu kaum. Jika kita sampai berprasangka buruk terhadap mereka, itu telah menjadi dosa bagi kita. Kita bukan Tuhan yang mengetahui perbuatan si A, si B, dst. Kita bukan Tuhan yang mengetahui amalan si A itu jelek, sehingga saat dia ditimpa musibah kita bilang "oh, dia lagi kena azab". Kita tidaklah berhak menilai seperti itu.
Tidak usahlah kita ribut-ribut membicarakan musibah itu sebagai apa, dan tidak usah untuk melihat-lihat dari berbagai sudut pandang. Karena musibah bersifat objektif, artinya itu hanya urusan si yang terkena musibah dengan Allah SWT. Bukan bersifat subjektif yang dapat kita nilai dan perbandingkan.
Yang harus dilakukan ketika ada musibah datang menimpa, apalagi itu menimpa suatu kaum seperti bangsa Indonesia yang marak terjadi akhir-akhir ini, adalah kita memuhasabahi amalan kita sendiri, sudah seberapa jauh kita melangkah dan berbuat kebajikan, seberapa besar tingkat ketakwaan kita, dan kita berdo'a agar derajat kita diangkat oleh Allah SWT. agar kita terhindar dari murka-Nya, dan agar kita senantiasa diberi kekuatan untuk menghadapu semua musibah yang datang menimpa kita semua.
jadi intinya, apapun bentuk musibah yang menimpa negeri ini yang terpenting kita memuhasabahi diri kita, menolong saudara kita yang terkena musibah, bertaubat dengan sungguh-sungguh, dan sama-sama berdakwah menegakkan amar ma'ruf nahi munkar. Karena dengan berdakwah dapat menunda murka Allah, Insya Allah. Rasulullah pernah bersabda: "Aku (Allah) tidak akan menurunkan Murka-Ku kepada suatu kaum, selama dalam kaum tersebut masih ada yang menegakkan nama-Ku (berdakwah)" (Hadits Qudsi)
2. Isu kiamat 2012 yang akhir-akhir ini marak diperbincangkan menurut saya tidak lain adalah tipu daya syetan untuk memecahbelahkan kaum muslimin melalui tangan kaum Yahudi. Karenanya, umat islam dibuat resah dan dibuat heboh dengan issu tersebut. Menurut saya, keresahan dan kehebohan ini tidaklah harus terjadi. Untuk apa sih kita ribut-ribut maslah seputar kiamat yang ghaib, yang segala ilmi tentang kiamat hanya ada di sisi Allah Azza wa jalla.
Isu tersebut adalah sesat dan menyesatkan, dan merusak aqidah ajaran Islam. Kiamat itu soal ghaib, umat islam memang harus percaya adanya hari kiamat, tetapi soal jam, tanggal, bulan, dan tahun tidak ada satu makhluk pun yang tahu. Itu adalah domain Allah SWT. Dan kedatangan kiamat itu secara tiba-tiba, tidak akan pernah bisa dibayangkan ataupun diramalkan.
Saya tambahkan, mengenai film 2012, film ini dibungkus menjadi film yang tidak bernuansa ajaran agama, maka dampak negatifnya akan lebih besar. Di antaranya adalah membuat masyarakat yang meyakininya akan meninggalkan aktivitas kesehariannya, yang akan mengganggu keteraturan sosial.
Akan tetapi saya memiliki pandangan lain terhadap film ini, ada dampak positifnya, yaitu kita dapat mengingat kematian. Dan mengingat kematian itu dianjurkan oleh Rasul. Namun tentunya hanya sebatas mengingat kematian saja, tidak untuk mempercayai waktu terjadinya hari kiamat.
3. Menurut compare saya tentang artikel Bapak di blog ini dengan sebuah blog, saya menilai artikel Bapak kurang membahas secara detail bagaimana sikap kita menghadapi musibah, apa-apa saja yang kita bisa lakukan untuk menghadapi musibah dengan berbagai kapasitas kita. Tentunya tidak semua dari kita adalah ulama, dosen, atau kiai, sehingga apa yang mesti kita lakukan pun beragam sesuai profesi kita. Blog tersebut. http://febyafriwan.dagdigdug.com
Terima kasih.


Putri Rizky Amalia
XII IPA 3

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wr. wb
1. Menurut saya kejadian di negeri seberang seperti banjir, longsor dan gemp bumi itu adalah cobaan dari Allah dan kita sebagai manusia harus berubah diri agar lebih baik lagi dan cobaan bagi kita semua dan ujian bagi manusia, dan cobaan itu harus dihadapi dengan ikhlas sebaiknya orang yang kurang beriman dan bertakwa kepda Allah dan kita tidak boleh berputus asa menghadapinya, dan di dalam cobaan itu pasti ada hikmahnya. MAka daari itu kita harus instropeksi diri daam menjalankn perintahnya dan menjauhi larangannya dan musibah itu di akibatkan oleh tangan menusia. Oleh sebab itu kita harus instropeksi diri
2. Sedangkan kiamat 2012
sedangkan kiamat terjadi tahun 2012 "itu semua wallahu alam" hnya Alah yang tahu, entah esok atau tahun depan atau lusa hanya Allah yang MAha TAhu dan Maha BErkehendak atas segala sesuatunya, maka dari itu dijelskn dalamsurat Ar-rum 41-42 yang artinya "TElah tampak kerusakan di darat dan dilaut di sebabkan oleh perbuatan tangan manusia, dan segala perbuatan mereka agar mereka kembali di jalan yang benar
3. Bila dibnadingkan dengan tulisan yang bapak buat, tulisan bapak lebih memahami tentang musibah tentang persperktif Al-Qur'an dengan tuisan yang saya baca di blog index.com yang berjudul bencana alam atau bencana manusia, memang berbeda sekali engan tulisan bapak buat lebih jels dan terperinci dan ayat-ayat dalam Al-Qur'an pun jelas adanya, sedangkan yang ada di blog yang saya baca hanya tulisan pengetahunnya saja tidak terperinci seperti yang bapak buat.

NAMA: TATI
KELAS : XII IPA 2

Anonim mengatakan...

Assalamu alaikum wr. wb
1. MEnurut saya kejadian dinegeri seberang, seperti banjir, longsor, dan gempa bumi itu adalah cobaan dari Allah dan kita sebagai manusia harus berubah diri agar lebih baik lagi dan cobaan bagi kita semua dan ujian bagi manusia, dan cobaan itu harus dihadapi dengan ikhlas, sebaiknya orang yang kurang beriman dan bertakwa kepada Allah dan kita tidak boleh berputus asa menghadapinya, dan didalam coban itu pasti ada hikmahnya maka dari itu kita harus instroipeksi diri dalam menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya dengan musibah itu diakibatkan oleh ulah tangan menusia, kita harus instropeksi diri
2. Sedangkan kiamat 2012
Sedangkan kiamat terjadi tahun 2012 " itu semua wallahu alam hanya Allah yang tahu " entah esok atau tahun depan atau lusa, hanya Allah yang Maha Tahu dan Maha Berkehendak atas segala sesuatunya, maka dari itu di jelaskan dalam surat Arr-rum ayat 41-42 yang artinya " telah tampak keruisakan di darata dan di aut disebabkan oleh perbuatan tangan manusia" dan segala perbutan mereka agar mereka kembali di jalan yng benar.
3. Bila di bandingkan dengan tulisan yang bapak buat,tulisan bapak lebih memahami tentang musibha dalam perspektif Al-Qur'an dengan tuisan yang saya baca di blog windex. com, yang berjudul "bencana alam atau bencana manusia" memang berbeda sekai dengan tulisan yang bapak buat, lebih jelas dan terperinci dan ayat-ayat dalam Al-Qur'an pun lebih jelas adanya, sedangkan yang ada di blog yang saya baca hanya tulisan pengetahuannya saja, tidak terperinci yang bapak buat.

NAMA : TATI
KELAS : XII IPA 2

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Wr Wb
1 Berbagai macam musibah yang merenggut ribuan bahkan jutaan korban jiwa & kerugian yang begitu besar telah menimpa negeri ini. ini semua merupakan ujian & cobaan bagi umat manusia untuk menguji seberapa besar iman & ketakwaan mereka. & ada diantaranya ada pula yang merupakan azab dari Alah SWT untuk menegur umat-umatnya yang berbuat kerusakan dimuka bumi,agar mereka kembali kejalan yang diridhoi Allah SWT. Bencana yang diturunkan Allah adalah agar kita lebih mendekatkan diri, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Kita tidak boleh berburuk sangka kepada Allah SWT karena pasti ada hikmah besar dibalik musibah-musibah yang kita alami.
2. " Dan sesungguhnya hari kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya, dan bahwasannya Allah memvbangkitkan semua orang di dalam kubur " (Q.S AL-Hajj/22:7)
Dari ayat tersebut di simpulkan bahwa hari akhir pasti akan datang tetapi tidak satupun umat manusia yang mengetahui kapan datngnya hari akhir tersebut. Memang telah nampak tanda-tanda datangnya hari akhir yang disebutkan di daam Al-Qur'an dan hadist, tapi kapan terjadi pastinya hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Begitupun rumors yag mengatakan kiamat akan terjadi pada tahun 2012, kita tidak perlu menanggapinya terlalu serius. Itu hanya prediksi yang belum tentu kebenarannnya, yang harus kita fikirkan hanyalah bagaimana kita mempersiapkan diri dengan beramal baik dengan beriman dan bertakwa kepada Allah. Agar kapanpun datangnya hari kiamat kita sudah siap.
3. Jika di bandingkan dengan tulisan bapak, menurut saya tulisan yang bapak buat lebih terperinci dan disertai hadis-hadis dan yat-ayat Al-Quran yang mendukung sedangkan blog yang saya baca denan judul musibh dalam perspektif teologi islam yang di tulis oleh dewan Asatidz adalah hanya secara garis besarnya saja. Tapi disana di cntumkan bagaimana cara kita memperlakukan jenazah korban bencana yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan orang

NAMA : SUNIAH
KELAS : XII IPA 4

Anonim mengatakan...

ass...
1.menurut saya,kejadian yang terjadi di dunia adalah suatu kejadian yang sebelum nya sudah di rencanakan oleh Allah SWT..saya percaya dan yakin bahwa Tuhan(Allah) pasti merencanakan sesuatu buwat manusia,adalah keputusan yang terbaik,baik Rizki atau pun Musibah.seandai nya di negara ini selalu mendapatkan musibah,itu adalah suatu ujian(teguran)sekaligus cobaan buwat semua manusia,karna manusia akan menyadari semua tingkah laku nya,baik benar maupun kesalahan... atau mungkin bencana di katakan azab?karna manusia di zaman ini hampir tidak mangenal islam..banyak yang melakakan maksiat,minum-minuman keras dll.itu sebab nya Allah memberikan musibah yang terjadi selama ini.untuk menyadari bahwa Tuhan itu melihat semua tingkah laku kita.
2.KIAMAT 2012!!Di seluruh dunia sedang gencang2 membicarakan datng ny kiamat di tahun 2012 nanti,menurut saya saya tidak mempercayai berita tersebut.karena hari kiamt itu tidak ada seorang pun yang tahu tentang datang nya hari kiamat!sebaik ny kita jangan terlalu memikirkan masalah itu,yang baik kita pikirkan apakah kita sudah menjalankan tugas kita sebagai umat muslim?..dan sebaik nya kita memikirkan untuk memperbanyak amal ibadah kita saja..da kita hrus mempercayai juga bahwa kimat itu PASTI DATANG,tapi hanya Allah yang tahu kapan waktu itu terjadi.
3.dari sumber lain yang saya baca,memang benar musibah itu adalah suatu cobaan dari Tuhan untuk manusia.oleh karena itu,kita harus menyadarai arti dari cobaan itu.dan terimakasih atas tulisan yang bapak tuliskan,supaya kita bisa berbuwat yang lebih baik lagi dan menyadari arti dari suatu MUSIBAH.
wass....

Nama :Pudin Saprudin
Kelas :XII Ipa 2

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum.......
1. Menurut saya... musibah yang sekarang banyak terjadi menyangkut ketiganya. Cobaan,ujian dan azab.Cobaan/ujian dalam arti teguran dari Allah SWT untuk hamba_Nya agar meningkatkan keimanan kita kepada_Nya,sedangkan azab adalah balasan dari Allah kepada umat_Nya atas perilaku/perbuatan manusia itu sendiri yang jauh dari syariat islam.
2. Menurut saya,kiamat 2012 itu hanyalah sebuah berita yang tidak jelas kebenarannya,karena kiamat itu hanya Allah yang mengetahuinya.. sebaiknya kita tidak memikirkan isu tersebut.Lebih baiknya kita sekarang lebih mendekatkan diri kepada Allah. Kita yakini bahwa kiamat itu pasti akan datang.
3. Dari sumber lain yang saya baca,ada kesamaan. yakni,Allah memberikan musibah untuk menyadarkan manusia,supaya manusia lebih mendekatkan diri kepada_Nya dan sesungguhnya Allah maha mengetahui atas segala perbuatan yang dilakukan oleh manusia.
Semoga yang Bapak tulis dpt memberikan suatu pelajaran buat kita semua. Amin...........
Wassalam.....
Nama : Triyani Ayuning Tias
Kelas : XII IPA 3

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum......
1. Menurut saya semua ujian,cobaandan azab benar datangnya dari Allah. ujian/cobaan ialah suatu kejadian yang datangnya dari Allah yang menimpa umatnya untuk dapat memperbaiki dan lebih mendekatkan keimanan kita kepada Allah,sedangkan azab adalah suatu balasan yang diterima oleh manusia akibat dari perbuatan yang dilakukannya.
2.Menurut saya,kabar/isu mengenai kiamat 2012 tidak pasti kebenarannya,karena itu prediksi manusia. kiamat memang pasti akan datang akan tetapi hanya Allah yang mengetahuinya. Manusia hanya bisa berikhtiar dan bertawakal untuk mempersiapkannya.
3. setelah saya baca referensi dengan sumber lain ada kesamaan bahwa peristiwa yang terjadi di dunia ini sudah di tentukan oleh sang Khalik yang semuanya tercantum dalam Al-Qur'an.
Wassalam........
Nama: Tuti Liviana
Kelas: XII IPA 3

Anonim mengatakan...

1. Menurut saya, bencana itu dapat dimasukkan ke dalam 3 kategori. Yaitu didasarkan kepada siapa penerima musibah tersebut. Tiga kategori tersebut ialah:
 Ujian atau cobaan. Untuk mereka yang beriman, musibah itu adalah ujian untuk mengukur seberapa kuat iman mereka. Dan setelah mereka bisa melaluinya, maka musibah ini akan mempertebal keimanan mereka.
 Teguran. Yang pantas menerima kategori ini adalah mereka yang beriman yang sedang lalai akan perbuatan maksiat dalam kehidupannya. Mereka sedang diingatkan oleh Allah agar mereka kembali ke jalanNya.
 Azab. Untuk mereka yang benar-benar membangkang atau terus menerus melakukan perbuatan dosa dan tidak mau mengikuti ajaran Allah dan RasulNya.

Dari semua itu, saya bisa ambil kesimpulan bahwa bencana itu termasuk ujian, cobaan, teguran atau aab itu tergantung kepada siapa yang menerimanya. Sekarang kembali lagi kepada kita. Termasuk kepada golongan mana kah kita berada? Yang menerima ujian kah? Yang menerima teguran kah? Atau termasuk ke dalam golongan orang yang meneria azab? Wallahu A’lam. Marilah introspeksi diri dan keimanan kita masing-masing.

2. Sumber lain yang saya baca, dari miliknya MURSALIN MUHMAR yang berjudul BENCANA, GEMPA BUMI, dsb : UJIAN, TEGURAN, ATAU AZAB? Menerangkan bahwa bencana itu tidak hanya azab atau ujian saja. Sedikit banyak hampir mirip seperti apa yang bapak tulis.
3. Pendapat saya tentang tentang kiamat terjadi tahun 2012 : “halah….Itu kan cuma prediksi manusia saja! Yang punya “hajat” kan Allah?.. He… Yang tahu kapan kiamat kan cuma, hanya dan yang satu-satunya tahu adalah Allah SWT. Seorang Rasul saja tidak tahu koq (Hanya diberi tahu tanda-tandanya saja)….Apalagi kita yang hanya manusia biasa.. Iya toh?.. Kita sebagai manusia islam memang wajib percaya bahwa kiamat itu akan datang. Tapi kita juga wajib TIDAK mempercayai prediksi manusia tentang kapan datangnya kiamat. Jangan menanyakan kapan terjadinya kiamat lah… Yang seharusnya kita pertanyakan adalah “Sudah siapkah kita bila kiamat itu datang?”...

Nama : M. Afwan
Kelas: XII ipa 4

Anonim mengatakan...

assalammualaikumm,,,
1,,,,,menurut saya,,,, azab , teguran,ujian memang harus ada,,, karena itulah rasa cinta allah terhadap mahluknya,, allah akan terliaht tidak adil jika tidak mengazab orang orang telalah berbuat kerusakan,, allah terlihat tidak sayang kalu alah tidak menegur orang orang yang sudah lalai,,& ujian,,,allah memamang pencipta yang sempurna,dia lebih mengetahui apa yag dilakukan oleh mahluk mahluknya,,, untuk mmengngakat derajatnya allah memberikan ujian, agar menjadi lebih baik,,,
2 kiamat 2012,, kebanyaka orang takut setelah mengetahui isu,,bahwa ada kiamat di tahun 2012,, hingga membuat dia sendir lupa, untuk apa dia hidup di dunia,, dan ketakutan itu membuat orang menjadi buta,, dia hanya ingn gimana bisa hidup lebih lama,,, jadi hanya allah lah yang tau, kapan akhir dari segalanya
3 menurut saya,, tulisan tangan bapa lebih terperinci. dibandingkan dengan tulsan artikel yang saya baca, dari husni-elda and family,, yang diceritakan secara gamblang tapi,,isinya yang berputar-putar,,
nurhasan arifin
XII A 3

Figi mengatakan...

assalamualaikum wr wb
Sebagai agama sempurna, Islam memberikan pedoman lengkap guna menyikapi segala macam peristiwa, baik suka maupun duka. Sabda Nabi SAW,”Sungguh menakjubkan keadaan orang mukmin, karena semua keadaannya baik baginya, dan itu tidak terjadi pada siapa pun kecuali pada orang mukmin. Jika dia mendapat kelapangan dia bersyukur, maka itu baik baginya. Jika dia ditimpa kesulitan dia bersabar, maka itu pun baik baginya.” (HR. Muslim).
selain itu juga kita harus sabar untuk menyikapi musibah.
menurut Imam Suyuthi dalam Tafsir al-Jalalain, adalah menahan diri terhadap apa-apa yang Anda benci (al-habsu li an-nafsi ‘alaa maa takrahu). Sikap inilah yang wajib kita miliki saat kita menghadapi musibah. Selain itu, disunnahkan ketika terjadi musibah, kita mengucapkan kalimat istirja’ (Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun ). Allah SWT berfirman :

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” . (QS al-Baqarah [2] : 155-156)

Dengan demikian, sabarlah ! Jangan sampai kita meninggalkan sikap sabar dengan berputus asa atau berprasangka buruk seakan Allah tidak akan memberikan kita kebaikan di masa depan. Ingat, putus asa adalah su`uzh-zhann billah (berburuk sangka kepada Allah) ! Su`uzh-zhann kepada manusia saja tidak boleh, apalagi kepada Allah.

Memang, orang yang tertimpa musibah mudah sekali terjerumus ke dalam sikap putus asa (QS 30 : 36). Namun Allah SWT menegaskan, sikap itu adalah sikap kufur, sebagaimana firman-Nya :

“Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (QS Yusuf [12] : 87) .
selain itu
Seorang muslim yang mengetahui hikmah (rahasia) di balik musibah, akan memiliki ketangguhan mental yang sempurna. Berbeda dengan orang yang hanya memahami musibah secara dangkal hanya melihat lahiriahnya saja. Mentalnya akan sangat lemah dan ringkih, mudah tergoncang oleh sedikit saja cobaan duniawi.

Hikmah musibah antara lain diampuninya dosa-dosa. Sabda Rasulullah SAW :

“Tidaklah seorang mukmin tertimpa musibah tertusuk duri atau lebih dari itu, kecuali dengannya Allah akan menghapus sebagian dosanya.” (HR Bukhari dan Muslim)
so keep smile lah.
-buku al kifah- pengrangnya ga tau

*kiamat 2012?
memang su ini sekarang sedang merebak di kalangan masyarakat an sedang hOt2 nya di diskusikan di forum Internet, mulai berakhirnya penaggalan bangsa maya, terjadi ledakan besar di yellow stone park hingga isu platen nibiru.atau badai radiasi matahari yang dapat mempengaruhi keseimbangan di bumi.
boleh percaya atau tidak, tapi gag da salahnya kita untuk percaya. why not? misalkan seandainya mungkin saja tahun 2012 kiamat bnr2 terjadi. seengga na kabr seyang skrg beredar bisa di jadikan peringatan dini. mungkin sekrg yang masih begajulan bisa tobat cepet2, ibadah yang rajin, smakin mendekatkan diri kepada gusti allah nu agung!!mungkin smua yang kita lakuin skrg2 ini bisa meringankan nanti saat hari akhir, misal ga jadi kiamat, toh ga da salahnya kita ngelakuin itu smua? bsa buat tabungan di akherat nanti?

mungkin kita bisa menyikapinya dengan begini...
bribdah segiat2 diatnya smkin PDKT sama allah Swt atu mungkin kita brantas kemungkaran di muka bumi ky power rangers! seakan-akan tahun 2012 akan terjadi kiamat. sambil melakukan itu semua kita juga menikmati hidup ini seakan-akan kiamat masih 2000 tahun lagi?
keep smile

namae : figi Sr
Kelas : XII A 2

Anonim mengatakan...

1.Menurut saya,musibah atau bencana yang menimpa manusia sifatnya adalah ujian dan cobaan.Allah ingin melihat bukti keimanan dan kesabaran kita.jika kita bisa menyikapi dgn benar dan mengembalikan semuanya kepada Allah,maka Allah akan memberikan pertolongan dan rahmat sesudah musibah atua bencana tersebut.


2.kita sebagai muslim harus percaya akan adanya hari kiamat.2012 hanya sebuah film yang sifatnya fiksi semata hasil dari imajinasi manusia.kenapa kok diributkan???,ambilah segi positifnya sebagai pengetahuan mungkin seperti itulah kondisinya bencana besar atau yang dikatakan banyak orang sebagai kiamat bila terjadi.Tapi bukan berarti th 2012 benar2 akan terjadi kiamat.Kita tdk akan ada yg tahu kapan kiamat terjadi,hanya Allah mengetahuinya.Hal-hal seperti itulah yg harus kita ambil sisi positifnya untuk kita selalu ingat kepada Allah dan akan adanya hari akhir,serta mendidk kita untuk selalu bertobat dan berada dijalan yang diridhoi Allah.

3.Tulisan Bpk yg berjudul Memahami Musibah dlm prespektif Al-Quran dgn tulisan diblog yg saya baca yg berjudul Pandangan Buya terhadap fenomena beruntunnya bencana dinegeri ini(blog Buya Mas'oed Abidin.http://masoedabidin.wordpreess.
com).Sama-sama mengaitkan musibah dgn apa yang ada di AL-Quran, perbedaannya tulisan Bpk lebih terperinci dan mudah di pahami.


Ghea GestiVani
kelas:ipa 4

Anonim mengatakan...

asalammualaikum,,,wr,,wb,,
1]Menurut saya ,,,, bencana-bencana yang melanda d negri kita ini,, tidak ada hentinya, dari tahun ke tahun pasti da bencana di setiap daerah dantiap profinsi, ahir tahun 04" terjadi sunami yang sangat maha dahsyat yg terjadi di aceh{sumatera}
ito salah satu contoh bencana yg menimpa d negri kita ini,,
ito adalah sebuah ujian dan cobaan dari allah,,, karna kita sebagai manusia,, di tegur dari perbuatan dan sikap kita, yg tidak baek.. sering kali qt lupa apa yg telah di berikan allah kepada kita,,
bencana ini ujian, karna kita harus kuat mghadapi cobaan ini n bersikap tegar, bnvana tersebut bisa disebut azab karna sikap manusia yang tak bisa menjaga alam n mlestarikannya malah mereka tamak
terhadap alam...
2}bila tulisan bpak dgn yang saya baca sangat beda, karna tulisan bapak lebih terperinci,, dan di lengkapi tahun terjadinya bencana, dan bapak di lengkapi ayat2 al-qur'an yg mnam bah kuat dalil'a blog'a windede com...
3}2012.. wahh parah tu ramalan, peramal'a sendiri kali yag mati di taon sgto!!!!!
jadi tanggpan saya dng ada'a ramalan ececece itu,, bahwa di tahun 2012 adalah kiamat.???????.. kaiamat di islam da dua macam yaitu, sugro dan kubro...
dan kita belom tau jelas kiamat apa yang trjadi d tahu ito,,, misal kiamat sugro{kiamat kecil} berarti peramal'a sendiri yang mati,, misal kubro{besar} berarti seloroh'a hancur,,,smoanya>>
wallahhualam... hanya allh yg tau,,
karna kiamat ito tidak da 1 mahluk pun yg tau, kpan datang'a,,, walow s'orang peramal terhebat dlm sejarah pun,,, dy bsa mperediksikan atau biasa tau, tapi dy tidak tau kapan dia akan mati...!! 2012... gk percaya !!1

Anonim mengatakan...

asalammualaikum,,,wr,,wb,,
1]Menurut saya ,,,, bencana-bencana yang melanda d negri kita ini,, tidak ada hentinya, dari tahun ke tahun pasti da bencana di setiap daerah dantiap profinsi, ahir tahun 04" terjadi sunami yang sangat maha dahsyat yg terjadi di aceh{sumatera}
ito salah satu contoh bencana yg menimpa d negri kita ini,,
ito adalah sebuah ujian dan cobaan dari allah,,, karna kita sebagai manusia,, di tegur dari perbuatan dan sikap kita, yg tidak baek.. sering kali qt lupa apa yg telah di berikan allah kepada kita,,
bencana ini ujian, karna kita harus kuat mghadapi cobaan ini n bersikap tegar, bnvana tersebut bisa disebut azab karna sikap manusia yang tak bisa menjaga alam n mlestarikannya malah mereka tamak
terhadap alam...
2}bila tulisan bpak dgn yang saya baca sangat beda, karna tulisan bapak lebih terperinci,, dan di lengkapi tahun terjadinya bencana, dan bapak di lengkapi ayat2 al-qur'an yg mnam bah kuat dalil'a blog'a windede com...
3}2012.. wahh parah tu ramalan, peramal'a sendiri kali yag mati di taon sgto!!!!!
jadi tanggpan saya dng ada'a ramalan ececece itu,, bahwa di tahun 2012 adalah kiamat.???????.. kaiamat di islam da dua macam yaitu, sugro dan kubro...
dan kita belom tau jelas kiamat apa yang trjadi d tahu ito,,, misal kiamat sugro{kiamat kecil} berarti peramal'a sendiri yang mati,, misal kubro{besar} berarti seloroh'a hancur,,,smoanya>>
wallahhualam... hanya allh yg tau,,
karna kiamat ito tidak da 1 mahluk pun yg tau, kpan datang'a,,, walow s'orang peramal terhebat dlm sejarah pun,,, dy bsa mperediksikan atau biasa tau, tapi dy tidak tau kapan dia akan mati...!! 2012... gk percaya !!1

Anonim mengatakan...

yang di atas pa,, maf lupa ngsih nama.. danny z
12 ipa 2

Anonim mengatakan...

1.Menurut saya,musibah yang selama ini yang terjadi di negeri kita ini bisa dikatakan ujian, cobaan atau azab,tergantung pandangan kita.Bagi orang- orang yang beriman musibah atau bencana itu adalah sebuah ujian atau cobaan untuk menguji seberapa besar keimanan dan ketakwaan kita terhadap Allah swt.Sebagai orang yang beriman kita harus ikhlas dan sabar dalam menghadapi ujian yang di berikan oleh allah baik berupa musibah ataupun dalam bentuk lain ,karena allah tidak akan memberikan ujian/cobaan kepada umatnya melebihi batas kesabaran kita dan hendaknya kita memperbaiki diri untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.Sebaliknya, bagi orang-orang kafir/durhaka musibah merupakan azab, karena bagi mereka musibah akan mendatang penderitaan dan kesengsaraan. musibah juga merupakan peringatan bagi manusia yang telah berbut kerusakan di bumi.
2.tulisan bapak apabila di bandingkan dngan tulisan yang berjudul 'rahasia musibah,dakwatuna.com'terlihat ada persamaannya.klo menurut dakwatuna.com"Allah menjelaskan bahwa turunnya adzab sebenarnya bukan semata fenomena alam – seperti yang banyak dipahami manusia modern – melainkan ada sebab yang diperbuat oleh manusia sendiri.di blog bapak juga pada intinya bahwa bencana itu berawal dari kerusakan yg di buat manusia itu sendiri.Tapi,dalam blog bapak lebih terperinci dan jelas.
3.kita sebagai orang muslim wajib percaya bahwa kiamat itu ada dan pasti terjadi.Namun,tak ada seorangpun yang tahu kapan datangnya hari kiamat itu.Jadi saya tidak percaya kalau 2012 akan terjadi hari kiamat,itu hanya ramalan manusia.maka dari itu kita tidak perlu takut dengan semua itu.
RIRIN ANDRIYANI
KLZ XII IPA 2

Anonim mengatakan...

1.menurut saya semua peristiwa yang menimpa kita adalah hanya ALLah yang tahu.karena peristiwa yang didatangkan oleh Allah pasti ada makna tersendiri.mungkin didalamnya terkandung kebaikan-kebaikan untuk kita,seperti terjadinya gempa yang selama ini melanda Indonesia untuk memperingatkan kita akan kekuasaannya agar kita menjadi lebih taqwa kepadaNya.Dan menurut para ilmuanpun musibah itu dapat memperbaiki keadaan bumi yang lebih naik.
Sebaiknya kita tidak menyalahkan siapapun termasuk Allah SWT atas musibah yang menimpa kita,sesungguhnya semua itu akibat dari kecerobohan kita sendiri.


2. Tulisan Bapak lebih terperinci daripada buku HIDAYAH yang saya baca edisi56. Ditulisan Bapak banyak argument dan hadist, sedangkan di buku yang saya baca hanya memberikan contoh dan manfaat kebaikannya dari kisah nyata kehidupan manusia yang terkena musibah akibat perbutannya sendiri.


3. menurut saya isu kiamat 2012 itu tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.Karena sesungguhnya telah diterangkan dalam firmanNya hari kiamat itu hanya Allah yang tahu dan tidak ada satu makhlukoun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat.

Nama; Irna Petty Regina
Kelas; XII IPA 3

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
1. Menurut saya musibah demi musibah yang menimpa kita adalah bisa jadi ujian, cobaan, ataupun adzab.
Karena jika dihtung-hitung musibah yang menimpa Indonesia sangat banyak bahkan jumlahnya tidak dapat dihitung.
perkiraan datangnya musibah tidak dapat ditentukan dengan isu waktu yang telah beredar melalui sms atau media lainya.
Karena sesungguhnya musibah itu Allah yang menghendaki.Kita sebagai manusia seharusnya menjaga alam agar musibah itu dapat diminimalisir.


2. Menurut saya blog Bapak Lebih terperinci akan musiba, sedangkan buku yang saya baca ( HIDAYAH edisi 56 )hanya mengdepankan suatu kejadian yang menimpa perorangan bukan keseluruhan dan disetiap kejadian itu tersirat suatu amanat agar manusia dapat menjalani hidup lebih baik dan tentunya semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.


3. Menurut saya isu 2012 hanyalah sensasi semata, yang membuat manusia menjadi paranoid.
bahkan ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan isu tersebut, contohnya saja film 2012.
kalau dilihat film 2012 itu lebih cenderung pada musibah besar yang akan terjadi di tahun itu, bukanlah kiamat yang terjadi.
Namun bukan berarti kita tidak percaya akan terjadinya musubah besar itu yang ada dalam film.
Kebanyakan orang menjadi takut akan isu kiamat 2012 yang belum tentu terjadi. Mungkin karena angkanya 2012 yang belum dilalui.
lebih baik kita menyikapi isu 2012 itu dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Wassalamualaikum.


Nama ; Dayuana Pratiwi
Kelas ; XII IPA 1

Anonim mengatakan...

Ayu Eka XII IPA 2
1. Menurut pendapat saya musibah yang menimpa kita selama ini suatu ujian dan cobaan bagi orang yang beriman dan bertakwa krpada Allah SWT, juga merupakan azab bagi orang yang durhaka dan orang yang tidak pernah mensyukuri nikmat dan karunia yang di berikan Allah SWT.
2. Bagi saya perkiraan kiamat 2012 itu hanya sekedar rumors, karena tidak ada seorang pun yang tahu kapan kiamat itu terjadi hanya ALLAH YANG TAHU karena itu merupakan rahasia ILLAHI, Bahkan malaikat pun tidak ada yang mengetahuinya. Namun kita harus mempersiapkan diri karena kiamat pasti akan datang.
3. jika dibandingkan dengan bacaan yang saya baca tentang "Ketika Musibah Menimpa" Oleh alqiyamah pada Tazkiyatun Nafs. Dilihat dari segi isinya memiliki kesamaan lebih menjurus tentang musibah tapi tidak dicantumkan contoh-contoh bencana alam seperti bapak masduki jelaskan dalam blog yang bapak miliki. http://alqiyamah.wordpress.com/2009/10/02/ketika-musibah-menimpa/

Anonim mengatakan...

assalamualaikum...
menurut saya bencana yg telah melanda dunia ini merupakan azab utk org" murtad..Allah hndak menyadarkan mereka bahwasanya di dunia ini tak ada yg abadi..Smua yg ada didunia ini adalah milik-Nya...Dia yg brhak atas Dunia ini...Jika Allh sudah berkehendak mka yg trjadi ya terjadilah...qt tak bsa brbuat apa"...sedangkan utk org" yg beriman bencana tersebut merupakan cobaan utk mnguji seberapa kuatkah keimanan kita...semakin Tinggi Keimanan Kita...maka semakin berat jg cobaan yg Allah Berikan...tp Allah jg tidakakn memberikan cobaan yg tidak kuat Kita Hadapi...Allah Maha Mengetahui tentang org" yg berbuat kerusakan...meskipun knyataan'y bencana itu tidak hanya melanda org" kafir...tetapi semua makhluk hidup...Allah Maha Adil...Dia tidak memandang bulu dlm memberi musibah trsebut...Qt patut mensyukuri atas nikmat yg Allah berikankpd qt...meski buruk sekalipun...
Mengenai rumors tentang Kiamat...Saya tdk percaya paak...itu hanya prediksi manusia...memeng sih di dukung oleh fenomena alam tp Kiamat itu pd dasar'y sudah pasti akan terjadi..tetapi hanya Allah yg tw kpan Kiamat trjdi...di hari matahari condong dari Barat dan malaikat Israfil sudah meniup sangkakala maka di hari itulah kiamat terjadi..Qt shrs'y mmpersiapkan diri utk mnghadapi kiamat itu sendiri...Sehrus'y qt menyadari bhwasa'y Allah telah memperingataan kita utk mndkatkan diri kpd Allah..

Saya juga membaca tulisan lain tentang hal di situs KotaSantri.com yg berjudul Menyikapi musibah bencana Alam yg di tulis oleh Ahymad Sahidin...lbih lengkap tuliwsan bapak karena disitu intinya lebih ke Bagaimana manusia menyikapi musibah...sedangkan tulisan bapak lebih terinci dengan sebab musabab serta ayat" mengenai bencana alam tersebut...di tulisan yg saya sebutkan jg ada ayat2'y saja tanpa perincian dan terjemahan'y,,tulisan bapak jg mudah di mengerti dan qt juga dpat mengambil peljrn daritulisan bapak tersebut..terimakasih paak...

Anonim mengatakan...

assalamualaikum...
menurut saya bencana yg telah melanda dunia ini merupakan azab utk org" murtad..Allah hndak menyadarkan mereka bahwasanya di dunia ini tak ada yg abadi..Smua yg ada didunia ini adalah milik-Nya...Dia yg brhak atas Dunia ini...Jika Allh sudah berkehendak mka yg trjadi ya terjadilah...qt tak bsa brbuat apa"...sedangkan utk org" yg beriman bencana tersebut merupakan cobaan utk mnguji seberapa kuatkah keimanan kita...semakin Tinggi Keimanan Kita...maka semakin berat jg cobaan yg Allah Berikan...tp Allah jg tidakakn memberikan cobaan yg tidak kuat Kita Hadapi...Allah Maha Mengetahui tentang org" yg berbuat kerusakan...meskipun knyataan'y bencana itu tidak hanya melanda org" kafir...tetapi semua makhluk hidup...Allah Maha Adil...Dia tidak memandang bulu dlm memberi musibah trsebut...Qt patut mensyukuri atas nikmat yg Allah berikankpd qt...meski buruk sekalipun...
Mengenai rumors tentang Kiamat...Saya tdk percaya paak...itu hanya prediksi manusia...memeng sih di dukung oleh fenomena alam tp Kiamat itu pd dasar'y sudah pasti akan terjadi..tetapi hanya Allah yg tw kpan Kiamat trjdi...di hari matahari condong dari Barat dan malaikat Israfil sudah meniup sangkakala maka di hari itulah kiamat terjadi..Qt shrs'y mmpersiapkan diri utk mnghadapi kiamat itu sendiri...Sehrus'y qt menyadari bhwasa'y Allah telah memperingataan kita utk mndkatkan diri kpd Allah..

Saya juga membaca tulisan lain tentang hal di situs KotaSantri.com yg berjudul Menyikapi musibah bencana Alam yg di tulis oleh Ahymad Sahidin...lbih lengkap tuliwsan bapak karena disitu intinya lebih ke Bagaimana manusia menyikapi musibah...sedangkan tulisan bapak lebih terinci dengan sebab musabab serta ayat" mengenai bencana alam tersebut...di tulisan yg saya sebutkan jg ada ayat2'y saja tanpa perincian dan terjemahan'y,,tulisan bapak jg mudah di mengerti dan qt juga dpat mengambil peljrn daritulisan bapak tersebut..terimakasih paak...

nama:anita juliyanti
kelas: xii ipa4

Nursalim Kayangkonon Bae mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nursalim X SSN 2 mengatakan...

Assalamualaikum....
menurut pendapat saya....
- sebenarnya yang menimpa kita selama ini bisa di katakan azab, ujian/cobaan, krna jika kita mengatakan azab mungkin dilihat dari perbuatan yg selama ini kita kerjakan tidak di ridhai oleh Allah atau perbuatan kita terlalu melanggar ajaran agama islam (melakukan perbuatan tercela) sehingga Allah menurunkan azab terhadap kita agar kita sadar, dan jika kita mengatakannya ujian/cobaan, mungkin bisa dikatakan seperti itu, krn Allah akan menguji semua umatnya, apakah imannya kuat/iman kita kuat, apakah kita bisa bersabar atas ujian yg di berikan Allah kpd kita semua.
- Dan menurut saya tulisan yg bapak buat ini sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk kita semua yg membacanya, agar kita semua bisa sadar bahwa di dunia ini kita tidak hidup sendiri tetapi karena Allah dan semua yg terjadi pada diri kita ini adl karena Allah S.W.T.
- kemudian jika saya bandingkan dgn buku atau tulisan lain tentang Musibah dalam Perspektif Al-Qur'an, saya rasa tulisan bapa sangat bagus,dan tidak berarti saya mengatakan tulisan orang lain tidak bagus, tetapi setiap orang mempunyai pendapatnya masing masing, dan tulisan bapa dg tulisan yg saya baca dari sumber lain, saya kira semuanya bagus dan saling melengkapi dan bermanfaat bagi kita semua.
maaf ya pa jika saya berkomentar terlalu panjang sekali,tetapi semua ini berdasarkan pendapat saya pribadi, dan jika ada salah kata, dan kata yg tidak enak di hati mohon di maklumi dan di maafkan ya pa.. sukses terus buat pa Masduki.
Wassalamualaikum....


- NURSALIM
Kelas: X SSN 2
SMAN 1 KANDANGHAUR.

Nursalim X SSN 2 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Nama : Rayudika APP
Kelas : XII IPA 1
Mecome.........pak....
1. Azab, Ujian dan Teguran
Ketiga poin tersebut masing-masing memiliki sub-sub tertentu hal ini dilihat dari aspek individunya/kelompoknya.
1. Azab : ketika suatu kaum tidak merasa bahwa dirinya memiliki banyak dosa sehingga semakin kejam mendholimi suatu kaum yang lain sehingga Allah menurunkan azab kepada mereka supaya sadar dan kembali ke jalan yang lurus.
2. Ujian : ketika suatu kaum memiliki suatu ketaqwaan yang baik kepada Allah namun Allah menguji kaum tersebut supaya semakin bertaqwa kepadanya.
3. Teguran : ketika suatu kaum berada dalam suatu jalan persimpangan karena memiliki amal dan dosa yang seimbang sehingga memiliki keraguan pada-Nya dan Allah memberi teguran supaya kaum tersebut bertobat dan kembali ke jalan yang lurus.

Anonim mengatakan...

lanjutan pos diatas...!!!

2. Kiamat 2012
a. Pengertian / Arti Definisi Hari Kiamat (Hari Akhir)
Hari Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikan Israfil atas perintah dari Allah SWT.
Setelah semua makhuk yang hidup mati maka Allah SWT akan membali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompet untuk yang kedua kali guna membangunkan orang semua yang telah mati untuk bangkit kembali mulai dari manusia pertama zaman Nabi Adam hingga manusia yang terakhir saat kiamat tiba untuk melaksanakan hari pembalasan.
b. Macam-Macam / Jenis-Jenis Kiamat
Kiamat ada dua macam, yakni :
1. Kiamat Sughra/Sughro (Kiamat Kecil)
Kiamat Sughra adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan manusia yaitu kematian. Setelah mati roh seseorang akan berada di alam barzah atau alam kubur yang merupakan alam antara dunia dan akhirat.
Kiamat sughra sudah sering terjadi dan bersifat umum atau biasa terjadi di lingkungan sekitar kita yang merupakan suatu teguran Allah SWT pada manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang lurus dengan taubat.
2. Kiamat Kubra/Kubro (Kiamat Besar)
Kiamat kubra adalah kiamat yang mengakhiri kehidupan di dunia ini karena hancurnya alam semesta beserta isinya. Setelah kiamat besar maka manusia akan menjalani alam setelah alam barzah / alam kubur.
Kiamat kubra akan terjadi satu kali dan itu belum pernah terjadi dengan kejadian yang benar-benar luar biasa di luar bayangan manusia dengan tanda-tanda yang jelas dan pada saat itu segala amal perbuatan tidak akan diterima karena telah tertutup rapat.
c. Tanda-Tanda Hari Kiamat Akan Tiba
Kapan akan datang hari kiamat, tidak seorang pun tahu termasuk Nabi Muhammad SAW. Namun kita dapat mengetahuinya dengan memperhatikan tanda-tanda di mana hari kiamat akan datang, yaitu antara lain :
1. Asap di Timur dan Barat
2. Munculnya Dajjal
3. Muncul binatang melata di bumi (Dabatul Ard)
4. Terbit matahari sebelah barat
5. Turunnya Nabi Isa AS
6. Keluarnya Yakjuj dan Makjuj
7. Gerhana di timur
8. Gerhana di barat
9. Gerhana di jazirah Arab
10. Keluarnya api dari kota Yaman yang menghalau manusia ke tempat pengiringannya.

Anonim mengatakan...

lanjutan pos di atas !!!

Dari uraian diatas kiamat sangatlah luarbiasa atas kejadiannya. Mengenai kiamat 2012 mengenai issu tersebut bermula atas dasar kepercayaan mereka pada kalender yang dibuat oleh suku Maya, yang ditemukan di reruntuhan di Mexico. Kebudayaan suku Maya kuno ini dikenal atas kemampuan mereka dalam ilmu matematika dan astronomi (ilmu nujum). Masyarakat Maya Kuno, mengikuti “perhitungan panjang” kalender yang mencapai 5.126 tahun. Ketika peta astronomi mereka dipindahkan ke kalender Gregorian, yang digunakan secara standar sekarang, waktu perhitungan bangsa Maya berhenti pada 21 Desember 2012. Bangsa Maya adalah Sekelompok masyarakat misterius yang tinggal di wilayah selatan Mexico sekarang (Yucatan) Guetemala, bagian utara Belize dan bagian barat Honduras. Banyak sekali pyramid, kuil dan bangunan-bangunan kuno yang dibangun oleh suku Maya yang masih dapat ditemui di sana. Banyak juga batu-batu pahatan dan tulisan-tulisan misterius pada meja-meja yang ditinggalkan mereka. Kebanyakan para Arkeolog percaya bahwa bangsa Maya mempunyai peradaban yang luar biasa. Hal itu bisa dilihat dari peninggalannya seperti buku-bukunya, meja-meja batu dan cerita-cerita yang bersifat mistik. Tetapi buku-buku mereka di perpustakaan Maya semuanya sudah dibakar oleh tentara Spanyol ketika menyerang sesudah tahun 1517. Dan yang mengkuatkannya lagi issu didukung oleh para oknum peramal, tokoh penting,dll. Seorang tokoh spiritual Yahudi dunia bernama Titzchak Qadduri, jauh-jauh hari sudah menyerukan kaum Yahudi agar sesegera mungkin meninggalkan daratan Amerika Serikat. Karena menurut perhitungannya, sebuah komet atau asteroid raksasa tengah meluncur di alam semesta dan mengarah serta akan menumbuk menuju daratan Amerika. Peramal Indonesia tak mau ketinggalan. Mama Lauren, peramal yang sering dijadikan rujukan selebritis negeri ini menjelaskan gambaran tentang apa yang akan terjadi di akhir 2012: “Kerusakan alam akibat gempa bumi yang maha dahsyat, dan adanya tabrakan benda angkasa meteor super besar! Yang cukup menakutkan adalah kemungkinan timbulnya kerusakan total setelah tubrukan yang berkuatan jutaan kali bom atom Hiroshima Nagasaki, dan Bumi bagaikan sebuah pipa yang berlubang di tengahnya. Mengerikan…!” katanya. Dan munculnya planet X (Nibiru) yang sewaktu – waktu bisa tabrakan dengan planet bumi.

Anonim mengatakan...

lanjutan pos diatas !!!

Namun berbagai dari issu tersebut munculah bantahan dari suku maya itu sendiri. Apolinario Chile Pixtun, tetua Suku Maya justru menampik atau membantah hal itu. Ia mengatakan hal tersebut hanya gambaran orang-orang Barat dan bukan berasal dari suku mereka. Bahkan jika sukunya ditanyakan apakah mengerti benar hal tersebut, mereka justru tidak mengetahuinya. Keraguan ini diperkuat dengan data pada stone tablet (tablet batu), yang menjadi dasar argumentasi kiamat, tidak terbaca semua karena ada bagian yang terlewatkan. Hal serupa juga dikatakan David Stuart, seorang peneliti Suku Maya dari Universitas Texas, Amerika Serikat. Baginya, ramalan kiamat 2012 tak berdasar. “Suku Maya tidak hendak mengatakan dunia akan berakhir, namun sekadar merekam ulang tahun penciptaan,” ujarnya. Seorang ilmuwan yang mempelajari Bangsa Maya kuno selama 25 tahun, John Major Jenkins memberi pencerahan kepada kita semua. Dunia ini, katanya, tidak akan berakhir pada 2012. Sebab, ” Bangsa Maya tidak pernah mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada 2012. Mitos kiamat diciptakan oleh Hollywood. Tujuannya apa lagi selain uang,” kata Jenkins, seperti dimuat laman Cape Cop Times, Kamis 12 November 2009. Dan menurut sang ahli, bangsa Maya justru memiliki keyakinan terbalik dari apa yang digambarkan dalam film itu. Bukan menuju kehancuran, 2012 justru diyakini Bangsa Maya sebagai awal kebangkitan atau kelahiran kembali. Bangsa Maya beranggapan 2012 adalah saat kelahiran kembali, ketimbang kematian. Kelahiran kembali, seperti yang diajarkan para spiritualis kepada kita. Anda tak akan menemukan tentang wahyu tentang apa yang akan terjadi pada 2012. Memang 21 Desember 2012 adalah akhir dari periode panjang kalender Maya. Tapi seperti halnya kalender Masehi yang dimulai tiap 1 Januari. Periode kalender Maya juga akan dimulai lagi. Dan banyak munculnya bantahan dari pihak NASA sendiri, “Tidak ada kesejajaran galaksi pada tahun 2012, atau setidaknya tidak ada yang luar biasa,” bantah David Morrison, ilmuwan senior NASA. Tidak akan ada hal buruk yang terjadi pada Bumi pada 2012. Planet Bumi sudah bertahan selama 4 miliar tahun. Para ilmuwan terpercaya mengetahui bahwa tak ada ancaman untuk bumi yang terkait ‘2012′. Isu kiamat berawal dari perkiraan ada sebuah planet bernama Nibiru, temuan Bangsa Sumeria, yang posisinya berhadap-hadapan dengan bumi. Bencana dahsyat sebenarnya diramalkan terjadi pada 2003, namun tak ada apa-apa yang terjadi sesuai ramalan. Dua ramalan itu terkait dengan satu putaran kalender milik Bangsa Maya dan adanya badai matahari (winter soltice) di tahun 2012. Dua hal itu yang melatarbelakangi adanya issu kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. Yah, sama halnya dengan kalender yang kita pasang di dapur, waktunya tak akan berhenti sampai tanggal 31 Desember. Nibiru atau cerita lain soal planet liar adalah cerita bohong (hoax). Tidak ada dasar ilmiah dan faktual yang jadi dasar klaim tersebut. Jika Nibiru atau planet X itu nyata dan berhadap-hadapan dengan bumi pada 2012, para astronom seharusnya bisa melacak itu sejak lama. Planet itu seharusnya juga bisa kita lihat sekarang dengan mata telanjang. Kenyataannya, tidak. Planet Eris memang nyata, tapi itu adalah planet kerdil, sekecil Pluto yang masih berada di luar sistem tata surya kita. Perkiraan jarak terdekat planet itu dengan bumi adalah 4 miliar mil. Para ahli menertawakan hal ini. “Ramalan itu benar-benar tidak ada dasarnya sama sekali, apalagi di kebudayaan Maya yang kita kenal,” kata Stephen Houston, profesor antropologi di Brown University, yang adalah juga ahli tulisan hieroglif Maya. “Penggambaran bangsa Maya tidak pernah menyebut-nyebut hal ini.” katanya. Bangsa Maya melihat bahwa tanggal tersebut adalah tanggal kalender mereka, tapi kemudian mengulang kalender mereka kembali tanpa adanya bencana sama sekali.

Anonim mengatakan...

lanjutan pos diatas!!!

Saya mengira ada sesuatu bisnis mengenai issu ini. Issu kiamat dijual. Histeria bisa diciptakan dengan mudah. Informasi yang sesungguhnya, bangsa Maya tak pernah meramalkan dunia berakhir pada 2012. Argumenku diperkuat oleh lagi oleh pakar-pakar tentang ilmu alam. Dr. Morrison justru menuding semua itu ulah skenario pembuatan film Hollywood 2012 yang dipicu oleh maraknya iklan film tersebut di dunia maya sebelum penayangan perdananya. Walhasil, menurutnya masyarakat menjadi ‘kosmophobia’, perasaan takut terhadap bencana-bencana kosmo yang menimpa manusia. “Saya hanya bisa berharap masyarakat mampu membedakan mana plot film Hollywood dan mana yang realita,” tandasnya. Jika benar bahwa misteri di balik issu “Kiamat 2012” adalah dollar (duit), maka para dalang dan provokator issu tersebut telah berhasil. Itu adalah jurus kotor marketing yang paling jitu di akhir 2009. Mengeruk keuntungan dengan menyebar kebingungan di tengah dangkalnya pengetahuan masyarakat, dan naifnya keyakinan mereka akan kebenaran sebuah ramalan. Yang lebih naïf lagi adalah yang termakan issu tersebut, lalu berbondong-bondong nonton film “2012” atau beli buku-buku yang berisi ‘kebenaran’ ramalan kiamat 2012.
Sikap kita dalam menyikapi issu kiamat 2012 tidak usah terlalu fokus terhadap bualan-bualan semata, hanya Allah yang tahu waktu kiamat itu terjadi. Ramalan akan datangnya hari kiamat seperti ini bukan kali pertama muncul. Sebelumnya juga pernah ada, bahkan banyak versi. Tapi keseluruhannya tidak ada yang benar alias tidak terbukti. Omong kosong dan bohong besar…, itulah pernyataan yang tepat untuk kita berikan kepada para peramal terjadinya hari kiamat. Siapapun peramal itu, dari manapun ia berasal. Jibril, malaikat yang paling dekat dengan Allah. Muhammad bin Abdullah, manusia yang paling dekat dengan Allah. Keduanya saja tidak tahu, apalagi peramal (musuh Allah dan karib Iblis)…
Allah berfirman, “Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang kiamat: “Kapan terjadinya?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu hanya pada sisi Tuhanku. Tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan dating kepadamu, melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu ada di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Al-A’raf: 187). Dalam hadits shahih riwayat Imam Bukhari, Muslim dan yang selainnya disebutkan: Malaikat Jibril bertanya kepada Nabi Muhammad, “Kapan kiamat terjadi?” Rasulullah menjawab, “Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya”. Artinya Jibril yang bertanya dan Nabi Muhammad sebagai orang yang ditanya sama-sam tidak tahu kapan kiamat terjadi,karena yang mengetahui hal itu hanyalah Allah. Kesimpulannya kita tidak usah mudah percaya pada issu murahan, sebagai propaganda kapitalis sekuler untuk meraup keuntungan. Apalagi jika tema issu itu tentang bagian pokok dari rukun iman, yaitu kiamat. Karena Allah telah menegaskan dalam al-Qur’an, dan Rasulullah juga telah mengajarkan kita semua bahwa tidak ada yang tahu kapan terjadinya kiamat kecuali Allah sendiri.
3. Perbandingan Makalah Bapak Dengan Makalah atau Buku lain
Kebanyakan dari buku atau makalah lain mengenai kiamat hal ini dikhususkan lagi mengenai kiamat 2012 penulis yang lain seperti buku berjudul,”Planet X Bukan Planet Nibiru ” yang ditulis oleh Pramest. Dan judul buku,” Kiamat 2012 Investigasi Akhir Zaman”, pengarang Lawrence E. Joseph.Penerbit Gramedia Pustaka Utama, 2008
dan tebal 287 halaman.
Makalah Bapak lebih baik dari pada mereka yang sudah disebutkan diatas karena mereka menulis yang berisi tentang fakta social dan fakta alam dibandingakan dengan bapak yang lebih ditambah dengan fakta spiritual yakni dasar agama itu perlu karena ilmu tanpa iman akan selalu menjerumus kedalam kehancuran.

Thararengkyu.....udah dibaca....

Anonim mengatakan...

pass...
musibah yang terjadi berbagai daerah tersebut merupakan peristiwa yang didatangkan ALLAH kepada manusia tanpa diduga.
Musibah tadi merupakan ujian dan cobaan bagi umat-NYA agar manusia sadar akan kebesaran ALLAH.
dan ada juga yang merupakan azab bagi umat-NYA yang melakukan kerusakan di muka bumi,agar mereka sadar dan mendekatkan dri kepada Tuhannya.
sesuai dengan QS.Thaha ayat 15 yang artinya "sesungguhnya kiamat itu akan datang merahasiakan (wakynya)agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang dia usahakan.jadi jangan pernah menanyakan "kapan kiamat datang?" tapi "siapkah kita dengan datangnya kiamat?"
menurut saya kiamat yang akan terjadi pada 2012 tidak benar karena datangnya kiamat hanya Tuhan yang tahu. kiamat 2012 hanya merupakan ilusinasi kalau kiamat akan terjadi seperti apa yang dijelaskan oleh rumors kiamat 2012,supaya mereka lebih percaya kalau kiamat itu akan terjadi dan supaya manusia lebih mendekatkan diri kepada Allah.
trims


kusnul Qotimah
x11 IPA 4

Anonim mengatakan...

1. Menurut pendapat saya musibah yang menimpa kita merupakan ujian dan cobaan. Karena semua musibah yang terjadi bukanlah merupakan azab dari Tuhan, akan tetapi merupakan sebuah ujian dan cobaan yang di berikan oleh ALLAH SWT kepada umat manusia yang tidak hanya memberikan dampak negatifnya saja akan tetapi ada dampak positifnya juga. Dengan di berikannya cobaan dan ujian, itu berarti ALLAH SWT masih sayang kepada hambanya, supaya hambanya sadar akan segala kesalahn yang di perbuatnya dan bisa kembali ke jalan yang lurus. Kita tidak boleh menganggap musibah yang terjadi adalah sebuh azab dari Tuhan. Karena kalau kita menganggapnya sebagai sebuah azab maka kita akan berprasangka buruk kepada ALLAH SWT dan tidak memetik hikmah di balik semua musibah yang terjadi.
2.Bila dibandingkan antara tulisan yang bapak buat dengan judul " Memahami Musibah Dalam Perspektif Al-Quran" dengan artikel yang saya baca di new.drisalah.com/inspirasi/95-tentang musibah.html dengan judul "Mensikapi bencana yang terjadi di Indonesia melalui Sudut Pandana Al-Quran,tulisan bapak lebih jelas dan terperinci karena disertai dengan ayat-ayat Al-Quran yang lebih mempertegas tulisan bapak. Selain itu tulisan bapak lebih menarik di bandingkan dengan artikel itu.
3.Menurut pendapat saya issue tentang kiamat 2012 itu tidaklah benar. Karena kapan terjadinya kiamat tidak ada yang tahu secara pasti melainkan ALLAH SWT, bahkan para nabi dan rasulpun yang merupakan utusan ALLAH tidak mengetahui secara pasti kapan terjadinya kiamat Kubro apalagi mereka yang memberikan rumor tersebut hanyalah manusia biasa. Issue kiamat 2012 bisa memberikan dampak positif juga, karena bisa menyadarkan umat manusia kalau kita hidup di dunia ini hanya sementara dan ada kehidupan selanjutnya yang kekal.

Nama: Miftahul Janah
Kelas: XII ipa 3

Anonim mengatakan...

1.menurut pandapat saya musibah yang kita alami merupakan sebuah ujian dan azab dari Allah SWT.karna musibah yang terjadi merupakan sebuah ujian yang dinerikan kepada kita oleh Allah SWT yang bertujuan untuk menyadarkan mat manusia dan mengembalikannya kejalan yang benar.oleh karena itu,kita sebagai umat manusia harus ikhlas dan sabar dalam menghadapi segala macam musibah.
2.menurut saya isu tentang kiamat 2012 itu tidak benar,karna semua isu itu muncul dari pandangan para peramal sedangkan dalam Al-Quran dijelaskan bahwa tiada seorangpun yang mengetahui kapan terjadinya kiamat,jadi isu tentang kiamat itu hanyalah kebohongan semata.dan tidak seharusnya isu kiamat itu kita percayai,yang pastinya sich kiamat itu pasti datang cuy,tapi mengenai kapan terjadinya sich hanya Allah yang tau.
3.Blog yang bapak bikin,lebih terperinci sehingga kami yang membaca bisa cepat mengerti,tidak seperti pendapat dari pesantren vistual,pokoknya punya bapak T O P,B G t dah...........
Melawati
XII IPA 3

Anonim mengatakan...

-menurut pendapat saya tentang musibah,sesungguhnya musibah itu memang ada dan Allah memberikan musibah itu punya maksut,agar manusia mengerti bahwa dunia ini nggak bakal selamanya utuh,dan bagi mereka yang mempercayainya maka mereka akan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT.
-2012...?para peramal sangatlah salah,karna sebagian dari para peramal bukanlah orang islam,karna mereka tidak pernah membaca Al-Quran,coz dalam Al-Quran dituliskan 40 tahun menjelang hari kiamat maka didunia ini tidak akan lagi ada wanitayang akan melahirkan,sedangkan setiap menitnya masih ada saja yang melahirkan.jadi isu itu Bohong BESAR.
-dari blog prospektif Al-Quran,blog bapalah yang saya acungin jempol,TOP Dah............UHUy

KIKI ERNA RAHAYU
XII IPA 2

Anonim mengatakan...

1. Menurut saya musibah yang menimpa kita adalah ujian dan azab dari ALLAH SWT karena setiap musibah atau apapun yang menimpa kita itu hak ALLAH. Kita manusia tidak berdaya, rencana atau cita-cita apapun takkan pernah tercapai atas ijin ALLAH SWT. Dan kita hidup di dunia ini penuh lika-liku dan hidup adalah perjuangan.semua yang terjadi pada kita adalah ujian dari ALLH SWT. Kita harus sabar dalam menghadapi segala macam ujian yang diberikan kepada kita.Semua ujian yang kita alami bertujuan untuk menguji keikhlasan kita dan seberapa kuat Iman kita kepada ALLAH SWT. Sebuah musibah yang terjadi merupakan juga azab dari ALLAH SWT, bagi umatnya yang melanggar perintah-NYA.
2.Bila di bandingkan dengan tulisan yang bapak buat dengan judul "Memahami Musiobah dalam Perspektif Al-Quran dengan tulisan yang saya baca di "mutiaradibalikmusibahblogspot.com/.../hadis-qudsi-tentang-musibah.html".Tulisan bapak lebih menarik dan terperinci karena selain memuat ayat-ayat Al-Quran dilengkapi pula dengan penjelasannya, tapi di artikel itu hanya memuat hadist-hadist saja.
3.Menurut saya issue tentang kiamat 2012 adalah kebohongan belaka. Karena yang di jelaskan oleh surat Al-araaf ayat 187 bahwa" Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku" Tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangan kiamat selain ALLH SWT. Dan kebanyakan manusia tidak mengetahui kedatangan kiamat.

Nama: Aliyatus S.
Kelas: XII IPA 3

Anonim mengatakan...

aSLmUaLaikuMm..........
Menurut pendapat saya musibah musibah yang menimpa kita adalah ujian dari allah swt agar kita lebih mendekatkan diri kepada allah swt. selain itu agar kita lebih memikirkan kehidupan kita nanti diakherat.dan agar kita mempercayai bahwa allah itu benar benar ada sehingga kita bisa memperbaiki dan meningkatkan iman kita kepada-NYA.
Namun, disisi lain musibah musibah itu juga bisa dikatakan azab.Karena sesungguhnya manusia di dunia ini sudah benar benar lupa terhadap allah dan kehidupan akherat.Buktinya sekarang banyak sekali orang orang yang melanggar perintah allah dan bahkan ada yang tidak memperayai bahwa allah itu ada dan satu tidak ada duanya, sehingga dengan begitu allah murka dan menimpakan musibah kepada kita agar kita menyadari dan tidak akan mengulangi lagi perbuatan itu. dengan begitu kita akan merasa takut akan adanya siksa nanti di akherat.Sehingga kita bisa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada allah swt.
SEsungguhnya manusia hidup di dunia itu benar benar dalam keadaan yang merugi,apabila manusia itu tidak menjalankan apa yang telah di perintahkan tuhannya. sehingga allah memberikan balasan agar kita menyadari bahwa apa yang kita lakukan itu tidak baik.
menurut sumber lain BENCANA adalah gangguan , godaan , tipuan , atau sesuatu yang menyebabkan dan menimbulkan kerusakan , kerugian , penderitaan , malapetaka , kecelakaan dan marabahaya. Dan BENCANA menurut wikipedia disaster is the impact of a natural or man made hazard that negatife effect society or environment.
hehehe.....begitu saja pak, komentar dari Ans Shinta.
kurang lebihnya mohon maaf.
wassalamualaikum wr.wb

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb
Menurut Saya. . .
Musibah yg menimpa negara kita,bukanlah kekejaman tuhan,tetapi sebetulnya ulah dari manusia itu sendiri.Manusia sudah lalai kpd tuha-Nya,sehingga tuhan mengazab mereka.Segala bencana yang terjadi,pasti ada sebab akibatnya.
"semua yang ada di bumiini,adalah milik-Nya..dan kepada-Nya lah semua kembali"
1)UJIAN;musibah bisa saja di jadikan sbg ujian terhadap keimanan manusia.Seberapa kuat kah iman manusia dlm menghadapi segala bencana yang menimpa mereka.
2)AZAB;musibah bisa dikatakan sbg azab tuhan terhadap umat manusia yang ingkar kepada-Nya,tidak pernah taat dan patuh terhadap perintah-Nya.
3)COBAAN;musibah bisa di katakan cobaan,maksudnya cobaan dari tuhan terhadap orang2 yang sabar.

Saya membandingkan makalah bapak dgn tulisan makalah Ustadz QAIMUDDIN ABDULLAH yg berjudul "kiamat dlm perspektif al-qur'an dan sains",menurut saya tulisan makalah bpk terperinci dan lebih jelas,sedangkan makalah Ustadz Qaimudin Abdullah hanya menjelaskan secara garis besar nya saja.

KIAMAT 2012???
Saya tidak percaya 100%,karena itu hanya prediksi manusia semata.seluruh makhluk di dunia tidak ada satupun yg tahu kapan akan terjadi nya kiamat.karena itu rahasia Allah,maka hanya Allahlah yang maha mengetahuinya.jangankan manusia,para nabi dan malaikatpun tidak tau kpan terjadinya kiamat.
so,rumor kiamat 2012 merupakan rumor murahan.
kiamat bisa saja terjadi sebelum tahun 2012,kalau itu sudah menjadi kehendakNya.
tugas kita sebagai manusia hanya menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya.Bukan untuk mengurusi hal-hal yang bukan urusan kita.
itu urusan Allah,itu rahasia Allah.........................

Denik Maula
XII IPA 2

Anonim mengatakan...

ass...
1. Menurut saya musibah yang terjadi saat ini adalah ujian atau cobaan dari ALLAH untuk umatnya sebagai teguran, agar manusia lebih mendekatkan diri kepada ALLAH dan menyadari kesalahan yang telah dilakukan hingga ALLAH murka terhadap umatnya.
2. tulisan bapak dengan tulisan dari sumber lain yang saya baca terdapat persamaan dan perbedaannya, tulisan bapak lebih detail, lebih mudah untuk dipahami, tulisan bapak lebih baik dengan di dukung adanya firman-firman ALLAH dan hadist-hadist. sedangkan dari sumber lain menggunakan bahasa yang sulit di pahami oleh kita.
3. kiamat 2012 itu hanya isu belaka, dan hanya prediksi manusia saja. manusia hanya bisa merencanakan tapi ALLAH jualah yang menentukan. yang pasti kita yakin kiamat pasti akan datang, tapi mengenai kapan terjadinya hanya ALLAH yang tahu. wallahu a'lam...........
wass...
YUNNITA MELLYANA, XII IPA 3

Anonim mengatakan...

1.menurut saya musibah yang terjadi pada negara ini adalah ujian atau cobaan karena kita masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri.dan allah tidak membinasakan semua manusia seperti azab yang diberikan allah kepada kaum nabi luth.
2.tentang rumor 2012 saya tidak percaya karena hanya Allah yang tahu apa yang akan terjadi dimasa depan.bisa saja,kiamat terjadi besok lusa atau 20thun lagi,kita sebagai umat-Nya hanya bisa menerima,karena kalau kiamat terjadi pun kita tidak bisa melarikan diri kemana pun.dan kalau kita percaya pada rumor kiamat tersebut,berarti kita termasuk orang2 musyrik.
3. saya membaca artikel "Jika Kita Di Timpa Musibah" dan jika dibandingkan dengan tulisan bapak.tulisan bapak lebih banyak dan lebih terperinci,sedangkan tulisan yang saya baca hanya memaparkan bagaimana sikap kita jika ditimpa musibah.

Nama: Wilis Wamimah
Kelas: XII A 3

Anonim mengatakan...

ass
pak, ini wastiri menurut pendapat saya bencana yang terjadi di indonesia adalah azab dari allah swt karena di dunia ini banyak orang yang meninggalkan perintah perintah allah dan menjalankan larangan allah.
menurut sumber lain, bencana adalah kejadian yang terjadi di dunia yang disebabkan oleh lempengan lempengan bumi yang bergeser sehingga terjadilah bencana itu.
begitu saja komentar dari saya WASTIRI.kls x ssn 2.
wassalam........

Anonim mengatakan...

Ass.....
menurut saya musibah adalah cobaan/ujian dari Allh swt. karena tanpa ujian manusia tidak akan lebih baik lagi contohnya pada saat UAS, siswa-siswi tidak akan menjadi SDM yang baik kalau tidak diuji kemampuannya. kalaupun ada orang yang menyalahkan Allah sebagai penyebabnya orang itu mungkin orang yang belum paham tentang agama. musibah yang kita terima mungkin saja allah menegur kita agar kita berbuat lebih baik dari hari-hari kemarin. musibah yang kita terima baik perbuatan manusia maupun sudah kehendak dari Allah tetap saja itu adalah musibah dan kita harus bisa menerima itu semua dengan ikhlas. menurut sumber lain: tifatul sembiring bencana fisik yang terjadi bertubi tubi melanda indonesia mempunyai hubungan dengn kerusakan moral.
sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
semoga Allah mengasihi kita semua.
amin...
assalamualaikum Wr Wb


NAMA : IIS NURSARI
KELAS :X SSN 2

Anonim mengatakan...

Assalammualaikum.Wr.Wb

menurut pendapat saya:

1.Musibah,dapat kita katakan sebagai ujian/cobaan atau sebagai azab dari tuhan semuanya bergantung kepada barometer tingkat keimanan seseorang ataupun manusia bilamana seorang itu beriman kepada allah swt. dengan memberikan musibah atau bencana,maka seorang itu akan menganggap sebagai ujian atau cobaan,sedangkan orang yang tidak beriman akan menganggap semua itu adalah azab.
"Rancanglah kepalamu karena sungguh samudera itu luas nan dalam perbanyaklah bekal karna sungguh perjalananmu jauh melelahkan,kuatkanlah punggungmu karena sungguh bebanmu berat,ikhlas setiap amal karena sungguh sang pengamat(allah) selalu mengintai"(HR.Imam Hakim)

2.Kiamat 2012 merupakan sebuah fenomena alam abad ke-20 peristiwa tersebut banyak mengundang kontraversi dibelahan dunia.
Sebagai seorang muslim mempercayai akan datangnya hari akhir merupakan iman kita terhadap allah swt.hari akhir pastilah datang setiap ada awal pasti ada akhir begitu pun dengan dunia ini ada awal keciptaan pasti ada akhir kehancuran dipenghujung waktu nanti namun wallahu'alam tak ada yang tahu hari kiamat itu terjadi.
Kiamat 2012 itu hanya rekayasa kaum yahudi saja bgaimana mungkin seorang dapat memprediksi kiamat akan datang tepat tahun 2012 sedangkan rasulullah sendiri tidak tahu kimat akan datang apalagi kita manusia biasa yang tak di beri anugerah lebih oleh tuhan.
misalnya,sekarang,besok,atau yang akan datang apa yang terjadi.

3.Jika dibandingkan dengan tulisan lain oleh prince of jihad dalam bukunya musibah dunia ketika allah murka;sebuah peringatan agar kembali,tulisan bapak lebih mudah dipahami dan mudah dimengerti.Selain itu juga,sangat sistematis disertai dengan pedoman ayat-ayat alqur'an yang populer artinya mudah dikenal oleh pembaca.Pada tulisan yang ditulis oleh prince of jihad dalam bukunya yang hampir sama dengan tulisan bapak mengenai musibah yang terjadi di indonesia namun penulisannya agak kurang dipahami oleh umum.

Wassalammualaikum.Wr.Wb.

Nama :Dian Apriyanti
Kelas:XII IPA 3

Anonim mengatakan...

Assalammualaikum.Wr.Wb.

Caryono XII IPA 1

Asumsi saya mengatakan:
1.musibah bisa terjadi pada siapa saja,bisa sebagai ujian/cobaan,bisa juga sbagai azab atau teguran dari tuhan akan kelakuan atau tingkah laku kita yang selalu bangga akan salah dan dosa.
Tergantung bagaimana kita menyikapinya,apakah kita anggap sebagai cobaan/ujian saja,sehingga kita tidak terbeban oleh penderitaan yang berkepanjangan atau kita anggap itu sebagai gejala alam yang bisa menerpa seisi muka bumi.
Semuanya bergantung kepada kita.
Bagaimana kepekaan kita dalam merasakan masalah dan juga melihat sisi positif hadirnya masalah tersebut.karena dari musibah tersebut kita dapat introspeksi diri kearah yang lebi baiksebab setiap peristiwa selalu ada hikmah dan pelajaran dan dapat kita ambil.

2.Hari demi hari itu berlalu laksana hantu,menghilang seperti awan dan segera tak ada lagi yang tertinggal.Selain berbagai kenangan kehidupan yang penuh dosa dan penyesalan dan segala yang diperbuat insan dengan sembunyi-sembunyi di malam hari,akan menjadi jelas terpampang disiang hari,akan menjadi percakapan umum tingkah laku yang kita sembunyikan hari ini disudut-sudut peraduan akan diteriakan disudut jalan esok hari.
Begitulah ilustrasi hari akhir,hari yang pasti akan datang dipenghujung waktu nanti.Tak ada yang tertinggal dan tak ada rahasia yang kita sembunyikan semuanya akan terpampang jelas diakhir nanti.
"Sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang,tidak ada keraguan padanya dan bahwasanya allah swt. membangkitkan semua orang yang ada dalam kubur".(QS.Al Hajj:7)

hari akhir pasti akan datang diakhir waktu nanti,sudah menjadi sunatullah dalam hidup ini selalu berpasang satu sama lain.Ada malam pasti ada siang,ada yang beriman pasti ada yang kafir dan ada awal kehidupan pasti ada akhir kehidupan.Namun waktu dan kapan hari akhir itu tiba wallahu'alam bis showab,itu rahasia allah yang wajib kita imani karena orang yang paling beriman dimata allah adlah orang yang percaya hari akhir.
kapan pun hari itu tiba tak usah kita takut menghadapinya karena semua orang akan kembali kesisi-Nya,namun bagaimana perjuangan hidup kita untuk beribadah dan menegakkan agama allah.
dari adanya isu kiamat 2012 sebagai seorang muslim kita ambil sisi positifnya dengan adanya isu tersebut dapat menjadikan manusia rajin beribadah,mendorong manusia untuk berperilaku baik serta berusaha untuk menghindari perbuatan buruk sebagai bekal diakhir nanti.
"Hari ini kita akan sama dengan kita diakhir waktu nanti,melainkan dua hal amal shaleh dan alquran yang kita baca dan orang-orang disekeliling kita.

3.jika dibandingkan dengan blog ismadi zainal dalam judul yang sama yaitu MUSIBAH untuk kita renungkan,tulisan bapak lebih konkret dan sistematis dengan mengketerkaitan musibah menurut pandangan islam, disisi lain juga bapak menjelaskan adanya perbedaan yang real mengenai musibah yang dapat digolongkan sebagai ujian/cobaan,sebagai gejala alam ataupun sebagai azab dari tuhan.Ada persamaan dari kedua tulisan yang saya bandingkan dimana secara rinci menerangkan kronologis musibah yang menimpa tanah air kita namun sedikit saran saya untuk tulisan bapak bahwa perlu adanya sedikit improvisasi puisi agar sedikit memperindah tulisan dan lebih memperjelas ilustrasi yang dimaksud.

Wassalammualaikum.Wr.Wb.

Nama :CARYONO
Kelas:XII IPA 1

Anonim mengatakan...

assalaualaikum wr....wb.......
menurut saya pa, kita sebagai manusia yang hidup di di dunia ini tidak lepas dari musibah termasuk ujian dan cobaan. misalkakan musibah yang menimpah negri kta, sangatlah banyak peristiwa" di negrikta dan tak akan bisa kita hitng dan musibah yang menimpah kita atau negeri kita ini adalah kehendak atau kuasa allah tetapi beda pandangan jika musibah tersebut karena ulah tangan manusia tersebut misalkan banyak pembalakan liar, itu bisa menyebabkan banjir itu adalah sala satu ula manusia yang tak perna puas dan itu pun kehendak allah swt. jadi kita sebagai manusia harus selalu bersyukur, kita sebagai manusia harus senantiasa memohon dan berdoa kepada allah karna allah mengasi cobaan ke kita sungguh allah sangat sayang kepada kita karna setip cobaan yang allah berikan kepada kita pasti mengandung hikmah yang sangat banyak, dan ingat satu hal ALLAH TIDAK AKAN MENGASI COBAAN DILUAR BATAS KEMAPUAN MANUSIA

BILA DI BANDINGKAN TULISAN YANG BAPAK BUAT: MEMAHAMI MUSIBAH DALAM PERSEPEKTIF AL_QURAN degan tulisa yang berjudul menyikapi musibah dan takdir buruk ( mengantisipasi terbukanya pintu porsal nomor 91 d surat al_ikhlas ) @ moon blo, perbedaannya sangat jelas sekali terlihat tulisan bapak lebih detail da terperinci dan juga muda di pahami oleh kta semua di bandingkan dgn @moon blog hanya di jelaskan secara sekilas dan kurang detail

kiamat 2012????? ITU HANYA RAMALAN SEMATA , KARNA YANG TAU DUNIA INI KIAMAT HANYALAH ALLAH SWT dan kita sebagai manusia tidak boleh percaya dengan hal tersebut
dan kita harus percaya dengan hari akhir namun kapan waktunya hanya allah yang tau ..... maka berlomba lomba lah dalam hal kebaikan supaya di akherat kelak tidak akan menyesallllll

nama: sudrajat jiwan dono
kelas: 12 ipa 2

Anonim mengatakan...

1.bagi saya musibah bisa di bilang ujian,cobaan dan azab.tapi kita lihat dulu dari segi mana kita memahami musibah itu sendiri, karna dalam alquran juga di jelaskan bahwa allah menimpakan azab pada umatnya yang ingkar dan cobaan bagi umatnya yang taat,dalam arti lain kita bisa tau ukuran musibah itu azab apa cobaan tinggal kita melihat diri kita sendiri,allah telah memperingatkan umatnya sebelum ada musibah tapi kita umatnya kadang mengabaikan peringatan itu. kita hanya bisa terima semua azab,cobaan atau ujian dari allah dengan iklas, karna di balik itu pasti ada maksud lain dari allah.
2.hari kiamt hanya allah yang tau bahkan nabi orang yang di anggap istimewa oleh allah juga belum tau apa lagi kita yang manusia biasa, soal kiamat 2012 itu hanya sebuah perkiraan semata tanpa adanya bukti,mungkin iya 2012 akan ada kiamat tapi cuma kiamat sugro bukan kubro karna di dalam film 2012 juga bukan kiamat kubro. kiamt hanyalah arti dari akhir dunia ini.
3.tulisan bapa kurang begitu mencankup keseluruhan dari arti musibah dan belum menambahkan faktor-faktor luar dari musibah ini saya bandingkan dengan buku "lewati musibah raih kebahagiaan" karangan "Dr. K.H. miftah faridl"
makasih pa telah menulis blog ini saya jadi lebih memehami arti dari musibah, semoga dengan adanya tugas ini kita lebih bertakwa kepada allah

Anonim mengatakan...

1."Apakah manusia itu mengira mereka di biarkan (saja) mengatakan:"kami telah beriman". Sedang mereka tidak di uji lagi? Sesungguhya Allah telah menguji orang-orang yang sebelum mereka. Maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta." (Q.S Al-Ankabut: 2-3)
Bencana yang tengah bangsa kita alami merupakan ujian dari Allah yang berbentuk musibah seperti gempa bumi, banjir, longsor dll. Itu semua untuk mengukur seberapa besar iman kita kepada Allah dan juga menjadi peringatan dari Allah agar kita senantiasa menyadari kesalahan-kesalahan yang telah banyak kita perbuat.
2. Menurutku, kiamat yang terjadi pada tahun 2012, tidak perlu di persoalkan karena semua manusia tidak ada yang tahu bahkan para nabi dan rasulpun tidak mengetahui kapan tepatnya kiamat terjadi, hanya Allah yang tahu. Yang perlu kita lakukan hanyalah menyakini bahwa hari kiamat pasti akan terjadi dan memperbanyak amalan-amalan yang mendatangkan pahala serta menjauhi segala larangannya.
3. Dari bukku yang saya baca yang berjudul " Hubungan Antara dosa dan Bencana" oleh Muhammad Mukhlis
Bahwa kebanyakan orang memandang berbagai macam musibah yang menimpa manusia hanya dengan logika berfikir yang bersifat rasional, terlepas dari tuntutan wahyu Illahi, misalnya terjadi banjir, gempa bumi dll di anggap sebagai fenomena kejadian alam yang bisa di jelaskan secara rasional penyebabnya, sehingga solusi yang di berikan tidak mengarah pada penghilangan sebab-sebab utama yang bersifat transendental yaitu kemaksiatan umat manusia kepada Allah. Padahal, sebenarnya kemaksiatan kepada Allah-lah penyebab utama terjadinya berbagai musibah yang menimpa umat manusia baik itu berupa bencana alam maupun krisis di berbagai bidang kehidupan.


NAMA : UMI MAESYAROH
KELAS : XII IPA 2

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
1.apapun bentuk musibah yg menimpa kita saat ini adalah semuanya atas izin Allah SWT.Dalam kehidupan ini Allah SWT akan terus memberi musibah kepada manusia sebagai bentuk kasih sayangnya pada kita sebab itu wajar,sesungguhnya manusia memang tidak akan lepas dari suatu musibah yg jika digambarkan itu mungkin adalah azab,ujiaan dan cobaan yg Allah brerikan pada setiap umatnya yg memiliki keimanan yg berbeda.
2.bahwasannya manusia akan bertanya "kapan hari kiamat itu akan terjadi?" dalam Al-qur'an Allah SWT sudah menjanjikan hari itu pasti datang walau kapan wkatunya terjadi.Soal rumors/isu tentang kiamat yg akan terjadi ditahun 2012,itu hanyalah secuil prediksi atau ramalan yg datangnya dari bangsa maya di afrika sana.sebagai manusia yg beragama islam kita yakin akan sabda Allah SWt dalam Al-qur'an dan beriman pada rukun iman yg ke-5 bahwa benar dan pasti kiamat akan datang.tidak diragukan.Dan alangkah baiknya manusia bertnya pada dirinya sendiri "apakah kita siap dengan datangnya hari kiamat?"
3.jika dibandingkan tulisan bapak yg berjudul musibah dalam perspektif al-qur'an dgan tulisan Prof.Quraish Shihab tentang musibah;rahmat atau murka Tuhan,menurut saya apa yg bapak lebih terperinci dan detail di dalam tulisan ini, namin setiap tulisan atau makalah tentunya ada kelebihan dan kekurangannya sendiri. begitulah pak.....
Wassalamualaikum wr.wb

NAMA :RAMINIH
KELAS:XII IPA 4

Anonim mengatakan...

ass....
sebenarnya pengertian bencana itu berbeda beda, tergantung dari sudut pandang mana kita memendangnya, tetapi setiap bencana yang terjadi kita diharapkan dapat mengambil hikmah di balik bencana itu sendiri. bencana itu dibagi menjadi dua macam ada yang disebabkan oeh alam dan ada juga yang disebabkan oleh manusia.



bencana menurut seta wiriawan adalah konsekwensi dari alam yang mengakibatkan kerugian keuangan, struktural, bahkan pada kematian...


NAMA : SITI AJENG KASTURI
KELAS : X SSN 2
TUGAS PAI

Figi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb..........
Salam sejahtera untuk kita semua......
1.Ada beberapa pandangan/anggapan mengenai makna dibalik musibah yang menimpa kita,bagi orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,Semua ujian,cobaan,musibah,dan sejenisnya itu merupakan ujian,ujian itu bisa datang kapan saja,terlepas dari apakah kita sudah siap/belum dalam menghadapinya.ujian yang dimaksudkan disini adalah untuk mengukur kadar keimanan seseorang.semakin tinggi/tebal keimanan seseorang maka semakin besar pula ujian yang diberikan ALLAH kepadanya,tetapi tidak sampai diluar kemampuan orang tersebut.dan perlu diketahui bahwa jumhur ulama berpendapat bahwa hikmah dari musibah yang menimpa orang-orang yang selain menggugurkan dosa adalah mengangkat derajatnya,sebagaimana disebutkan oleh an-nawawy(lihat Al-minhaj syarh shahih muslim 16/128).Rasulallah SAW bersabda:"tidaklah menimpa seorang mukmin sebuah musibah,dari/musibah yang lebih besar dari itu kecuali ALLAH akan mengangkat derajatnya/menggugurkan dosanya.(HR,Al-bukhori dan muslim dan lafadznya milik imam muslim),sedangkan bagi orang-orang yang suudzon kepada ALLAH,menganggap bahwa musibah yang terjadi adalah serentetan bentuk kemarahan ALLAH kepada umat manusia yang sudah melalaikan kewajibannya sebagai manusia dan melaksanakan semua yang dilarang ALLAH.Mereka beranggapan bahwa musibah yang terjadi tidak ada manfaatnya.ingatlah saudaraku....
bukankah semua ujian yang diberikan oleh ALLAH SWT pasti ada hikmah dibaliknya.....?????
jadi dapat disimpulkan bahwa musibah adalah ujian yang diberikan oleh ALLAH kepada manusia yang man manusia harus menghadapinya dengan ikhlas dan sabar.
2.Sebagai orang-orang yang beriman kita wajib meyakini bahwa hari kiamat/yaumul akhir itu pasti akan tiba.tidak ada keraguan padanya..akan tetapi kapan datangnya hari kiamat tersebut tidak ada yang mengetahuinya,hanya ALLAH ta'ala yang mengetahui.manusia hanya mengetahui tanda-tandanya..
mengenai rumors yang berkembang bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012,I'm NOT BELIEVE...karena itu hanya ramalan manusia belaka.saran saya,kita jangan pusing-pusinglah mengenai kapan datangnya hari kiamat,sementara persiapan kita untuk menghadap sang illahi belum maksimal...jikalau ALLAH berkehendak kiamat akan terjadi besok maka terjadilah terjadilah...KUN FAYAKUN!!!!
janganlah kita bertanya kapan kiamat akan terjadi..tapi tanyalah dalam hati kita masing-masing sudahkah kita siap menghadapi hari akhir tersebut????????????
3.menurut saya,tulisan yang bapak ketik dilektope bapak agak sedikit berbeda dengan buku yang saya baca diinternet yang berjudul TIADA MUSIBAH TANPA HIKMAH(POWERED BY.www.lintasberita.com)buku ini menganjurkan kepada kita bagaimana cara memaknai musibah,sehingga kita tidak menjadi orang kufur dan berprasangka buruk kepada ALLAH SWT.buku ini juga mendefinisikan lebih jelas mengenai musibah dan sejenisnya,penyebab datangnya musibah dan bagaimana memaknainya.sedangkan tulisan bapak lebih terperinci mengenai musibah,dan dilengkapi dengan ayat-ayat yang ada di AL-QUR'AN.


DEWI YULINDA
Xll IPA 4

Anonim mengatakan...

1. Wallahu a'lam. Semua itu hanya Allah yang tahu maksud sebenarnya. Tetapi, kita juga paling tidak bisa memperkirakan bahwa musibah yang menimpa kita apakah suatu ujian, cobaan, ataukah azab dari Allah. Mungkin, apabila kita tidak melakukan suatu kesalahan yang menyimpang dari agama Allah kemudian kita mendapatkan musibah, bisa kita definisikan musibah tersebut merupakan ujian ataupun cobaan dari Allah yang pada akhirnya tentu akan membawa dampak positif bagi diri kita sendiri, baik selagi masih di dunia, maupun di akhirat kelak. Namun, apabila kita telah melakukan kesalahan yang kemudian kita mendapat musibah, boleh jadi itu merupakan balasan atau azab dari ALlah yang maksudnya merupakan sebuah peringatan. Kita harus ingat bahwa Allah tidak pernah murka walaupun kita sering melakukan kesalahan, karena Allah adalah pemelihara seluruh alam.
2. Ade Sudaryat dalam tulisannya "Musibah Sebagai Nasib" yang mengulas bahwa musibah merupakan sebuah nasihat dari Allah untuk umatnya. Karena kebanyakan dari kita sulit untuk menerima nasihat yang berupa kata-kata, maka Allah menurunkan nasihat dalam bentuk lain, yaitu musibah. Musibah itu sendiri akan memiliki tujuan masing-masing. Contoh, bila seseorang ahli maksiat mendapat musibah, maka tujuan musibah tersebut adalah menjadi sebuah peringatan. Tulisan Bapak dan Ade Sudaryat pun memiliki kesamaan, yakni sama-sama menjelaskan bahwa musibah yang menimpa kita akan senantiasa bertujuan positif bagi diri kita sendiri.
3. Allah telah menegaskan dalam Al-Qur'an bahwa kiamat tidak akan ada yang mengetahui kapan terjadinya kecuali Allah. Mengenai kiamat 2012 ini, hanya merupakan hasil dari penelitian para ilmuan yang menyatakan bahwa pada tahun 2012 bumi akan bertumbukan dengan planet lain. Dan itu bukan merupakan kiamat. Kita tahu bahwa seorang ilmuan hanya manusia biasa, yang artinya mereka bisa melakukan suatu kesalahan, termasuk tentang penelitiannya mengenai kejadian di tahun 2012 tersebut.

Nama : Andi Alamsyah
Kelas : XII IPA 3

Anonim mengatakan...

Nama:Susi susanti
Kelas:XII IPA 4

Assalamu'alaikum....
1.Menurut saya musibah di indonesia dapat di katakan sebagai ujian atau cobaan, itu tergantung dari segi mana kita melihatnya. sebagian orang akan mengatakan semua peristiwa yang melanda indonesia sejak awal tahun 2007 M merupakan cobaan. yang menganggap itu semua adalah orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam memandang suatu masalah dan kurang memahami musibah yang di berikan oleh Allah kepadanya, sementara sebagian orang lagi mengatakan bahwa semua peristiwa di indonesia adalah ujian dari Allah swt, karena mereka percaya apapun yang di ciptakan Allah adalah baik, seperti yang di tegaskan dalam Qs. As-sajdah:7 yang artinya "Dialah yang membuat segala sesuatu dengan sebaik-baiknya." dan semua peristiwa yang terjadi semata-mata untuk menguji seberapa tebal iman kita dan dapat di jadikan sebagai tolak ukur batas kesabaran kita saat Allah menurunkan ujian bagi kita semua, agar kita tetap ingat kepada Allah dan terus mempertebal benteng keimanan kita kepada Allah.

2.Kiamat 2012??!! akhir-akhir ini rumors kiamat 2012 sedang membooming, adalah skenario hari kiamat yang menurut suku maya adalah planer X atau yang di sebut juga nibiru akan menghantam bumi. planet misterius ini di temukan oleh serentetan ilmuan palsu dan paranormal yang tidak bertanggung jawab. dengan beredarnya rumors kiamat 2012 memunculkan dampak negatif dan positif. positifnya orang-orang akan ingat kepada Allah dengan adanya rumors tersebut dan akan kembali ke jalan yang lurus.sementara negatifnya akan menimbulkan ketakutan-ketakutan yang berlebihan bagi masyarakat.sebagai orang yang beriman wajib hukumnya meyakini rukun iman yang ke lima yaitu beriman kepada hari kiamat, sesuai dengan Qs.Al-hajj:7 "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pasti akan datang, tidak ada keraguan padanya dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang dalam kubur."

3.apabila tuisan bapak dibandingkan dengan tulisan yang dimuat dalam artikel rumahmadina.com, tulisan bapak lebih detail dan lebih mengenai sasaran.

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr.wb.
1.musibah termasuk ujian,cobaan,ataukah adzab tergantung dari sudut mana kita memandang,bila musibah merupakan ujian dari Allah SWT maka kita sebagai hambanya harus bersikap sabar dan berusaha untuk lulus dalam ujian tersebut,musibah dapat dikatakan ujian atau cobaan semata-mata agar kita semakin mempertebal iman dan takwa kita terhadap Allah SWT.Allah SWT menurunkan ujian dan cobaan berupa musibah kepada manusia agar manusai kuat dan kokoh tekadnya untuk terus maju dan menganggap musibah sebagai tantangan dan batu sandungan sikap ini dilakukan bagi orang-orang yang menganggap musibah adalah cobaan dan ujian dari Allah yang harus dilalui dan bagi orang-orang yang menganggap musibah adalah adzab dari Allah sikap yang terbaik adalah berintropeksi diri atas kesalahan-lesalahan yang telah kita perbuat.Allah SWT menurunkan adzab berupa musibah yang datang silih berganti agar kita sadar atas apa yang telah kita lakukan karena itu kita sebagai umat manusia merenung dan berkaca diri melihat dosa-dosa yang telah kita perbuat.
2.perbandingan antara blog Bapak dan blog lain yang saya baca yaitu ALEK blog.menurut saya tulisan Bapak jelas dan mudah dimengerti serta tidak berbelit-belit tapi pada ALEK blog terdapat cara menyikapi dan penyebab-penyebab serta diterangkan juga asal kata dari musibah,jenis-jenis adzab dan pendapat dari tokoh-tokoh besar islam terhadap musibah itu sendiri disertai juga surat-surat Al-quran yang menerangkan tentang musibah.
3.menyikapi isu kiamat 2012,menurut saya berdasarkan rukun iman yang kelima yaitu iman kepadahari kiamat,kita harus mempercayai bahwa kiamat pasti akan terjadi tapi tidak ada seorangpun yang mengetahuinya kapan waktu itu terjadi kecuali Allah SWT ,karena itu kita selaku umat muslim anggaplah bahwa isu tersebut hanyalah sebuah promosi untuk memasarkan sebuah film yang berjudul 2012 anggaplah itu hanya sebuah trik para produser film agar filmnya banyak ditonton,kita ambil sisi positifnya saja,karena isu kiamat 2012 banyak orang yang lebih mendekatkan diri kepada Allah tetapi jangan karena takut kiamat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT seharusnya kita mendekatkan diri kepada Allah karena untuk mencari ridhaNya

NAMA ;NUR ISTIQOMAH
KELAS;XII IPA 3

MJ mengatakan...

1.Tentang semua musibah yang telah terjadi beberapa tahun ini, sulit unutk membedakan azab, ujian atau cobaan. Karena semua itu terjadi karena ulah manusia itu sendiri. Azab terjadi untuk memberikan pelajaran bagi mereka yang telah melupakan dan meninggalkan kewajiban sebagai umat beragama. Ujian mencoba kita untuk tetap bertakwa dan selalu meningkatkan ibadah kita kepada Allah swt. Cobaan mengingatkan kita kita agar selalu berbuat baik dan benar, tanpa merusak apa yang telah diberikan oleh Allah swt.

2.Film 2012 yang beredar dan dipertontonkan di seluruh dunia, sebenarnya bukanlah menceritakan tentang Hari Kiamat. Itu hanya gambaran tentang bencana besar yang akan terjadi sesuai dengan ramalan dari Suku Maya. Kemudian menurut saya, 2012 lebih tepat disebut dengan gambaran cerita Nabi Nuh as yang dibuat modern.

3."Memahami Musibah dalam Perspektif Al-Qur'an" berkaitan dengan musibah yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini mengarah pada ayat-ayat yang ditulis dalam Al-Qur'an. "Tanda-Tanda Zaman Akhir"Menurut apa yang dinyatakan dalam hadits, Zaman Akhir adalah suatu masa yang akan datang menjelang terjadinya hari kiamat, dan ketika nilai-nilai Al Qur'an tersebar luas ke masyarakat. Tahap pertama dari Zaman Akhir adalah di kala manusia menjauhkan diri dari nilai-nilai ajaran agama, ketika peperangan semakin meningkat, dan fenomena alam luar biasa terjadi.

Demikianlah, di dalam sejumlah hadits, kota-kota dan bangsa-bangsa yang dilenyapkan dari lembaran sejarah dikabarkan sebagai tanda-tanda Zaman Akhir. Dalam hadits-hadits yang mengupas masalah tersebut Nabi kita menyatakan:

"Saat (Hari Akhir) tidak akan terjadi hingga ... gempa bumi menjadi sering terjadi." (Bukhari)

"Peristiwa-peristiwa besar akan terjadi di masanya [Imam Mahdi]." (Ibnu Hajar Haytahami, Al-Qawl al-Mukhtasar fi'alamat al-Mahdi al-Muntazar, h. 27)

Ada dua peristiwa besar sebelum hari Kiamat ... dan kemudian tahun-tahun gempa bumi. (Diriwayatkan oleh Ummu Salamah (r.a.))

"Banyak peristiwa yang begitu menyedihkan akan terjadi di masanya [Imam Mahdi]." (Imam Rabbani, Letters of Rabbani, 2/258)

(www.harunyahya.com)

MJ mengatakan...

1.Tentang semua musibah yang telah terjadi beberapa tahun ini, sulit unutk membedakan azab, ujian atau cobaan. Karena semua itu terjadi karena ulah manusia itu sendiri. Azab terjadi untuk memberikan pelajaran bagi mereka yang telah melupakan dan meninggalkan kewajiban sebagai umat beragama. Ujian mencoba kita untuk tetap bertakwa dan selalu meningkatkan ibadah kita kepada Allah swt. Cobaan mengingatkan kita kita agar selalu berbuat baik dan benar, tanpa merusak apa yang telah diberikan oleh Allah swt.

2.Film 2012 yang beredar dan dipertontonkan di seluruh dunia, sebenarnya bukanlah menceritakan tentang Hari Kiamat. Itu hanya gambaran tentang bencana besar yang akan terjadi sesuai dengan ramalan dari Suku Maya. Kemudian menurut saya, 2012 lebih tepat disebut dengan gambaran cerita Nabi Nuh as yang dibuat modern.

3."Memahami Musibah dalam Perspektif Al-Qur'an" berkaitan dengan musibah yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini mengarah pada ayat-ayat yang ditulis dalam Al-Qur'an. "Tanda-Tanda Zaman Akhir"Menurut apa yang dinyatakan dalam hadits, Zaman Akhir adalah suatu masa yang akan datang menjelang terjadinya hari kiamat, dan ketika nilai-nilai Al Qur'an tersebar luas ke masyarakat. Tahap pertama dari Zaman Akhir adalah di kala manusia menjauhkan diri dari nilai-nilai ajaran agama, ketika peperangan semakin meningkat, dan fenomena alam luar biasa terjadi.

Demikianlah, di dalam sejumlah hadits, kota-kota dan bangsa-bangsa yang dilenyapkan dari lembaran sejarah dikabarkan sebagai tanda-tanda Zaman Akhir. Dalam hadits-hadits yang mengupas masalah tersebut Nabi kita menyatakan:

"Saat (Hari Akhir) tidak akan terjadi hingga ... gempa bumi menjadi sering terjadi." (Bukhari)

"Peristiwa-peristiwa besar akan terjadi di masanya [Imam Mahdi]." (Ibnu Hajar Haytahami, Al-Qawl al-Mukhtasar fi'alamat al-Mahdi al-Muntazar, h. 27)

Ada dua peristiwa besar sebelum hari Kiamat ... dan kemudian tahun-tahun gempa bumi. (Diriwayatkan oleh Ummu Salamah (r.a.))

"Banyak peristiwa yang begitu menyedihkan akan terjadi di masanya [Imam Mahdi]." (Imam Rabbani, Letters of Rabbani, 2/258)

(www.harunyahya.com)

Feby Dicky Setya Harjanggih
XII IPA 4

Dwiy Chelsea mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb

1.menurut saya musibah yang terjadi ahir2 ini melanda indonesia itu merupakan azab dari Allah. karena manusia sudah lalai menjalankan perintah-Nya.Jadi wajar kalau musibah yang terjadi itu datangnya secara beruntun,dan musibah tersebut waktunya sepeti dalam Al-Qur'an.seperti bencana gempa yang terjadi di padang dan sekitarnya.



2.dibandingkan dengan tulisan Abu Mushlih Ari Wahyudi
Artikel abu0muhslih.wordpress.com tulisan bapak lebih mudah dipahami dan dimengerti.



3.sebenarya kiamat itu pasti akan terjadi dan sudah terdapat dalam rukun iman,kita sebagai umat muslim wajib mempercayainya.Nabi SAW bersabda :
“Kiamat tidak akan terjadi kecuali setelah lenyapnya ilmu, banyak terjadi gempa, waktu berlalu sangat cepat, munculnya berbagai fitnah, dan banyak terjadi pembunuhan. Sebelum terjadinya kiamat akan ada pertempuran yang besar dan setelahnya tahun-tahun yang penuh dengan gempa. (Hadits Shahih)
dan tentang rumor 2012 yang di ramal oleh bangsa maya sebagai ramalan yang ampuh dan manjur itu hanya isu belaka.ya intinya kiamat itu akan terjadi,tapi tidak tau kapan datangnya,hanya Allah yang tau,


nama:dwi anggraeni
kelas:12 1pa 3

Anonim mengatakan...

Ass..
Dalam Mensikapi Musibah atau bencana yang kita alami, banyak sekali pernyataan-pernyataan yang kita ucapkan, antara lain ada yang mengatakan bahwa itu adalah ujian, cobaan dan ada juga yang mengatakan itu adalah azab dari Allah.
Di dunia ini ada 2 Golongan dalam mensikapi musibah atau bencana yaitu Golongan orang Positive Thinking dan Golongan Orang Negative Thinking.
Golongan orang Positive Thinking merupakan Golongan Orang yang selalu Berfikir Positive terhadap apa yang menimpanya, dan selalu berlapang dada atas apa yang menimpanya. Golongan ini selalu berfikir bencana yang kita terima merupakan ujian dan cobaan untuk kita dari sang pencipta dan bagaimana cara kita mensikapi ujian dan cobaan tersebut. Golongan ini juga menyatakan bahwa bencana yang menimpa kita merupakan Azab dari Allah SWT.
Sedangkan Golongan Negative Thinking adalah Golongan yang selalu berfikir Negative terhadap apa yang menimpanya. Golongan ini selalu menjudge atau menghakimi sang Pencipta dari apa yang didapatnya, dan setiap bencana yang menimpanya Golongan ini selalu menyalahkan sang Pencipta yaitu Allah SWT.
InsyaAllah saya termasuk Golongan Orang yang Pertama yaitu Golongan Orang yang selalu Positive Thinking.
Dalam Artikel yang saya baca di Internet yang ditulis oleh Harun Yahya tentang "Pelajaran Bencana Tsunami Bagi Kita" DiArtikel tersebut menceritakan Di Abad 20 ini merupakan Abad Bencana Alam, dan manusia tidak ada yang tahu kapan bencana tersebut akan terjadi. Manusia Juga tidak akan bisa Mencegah terjadinya bencana tersebut walaupun dengan tehnologi yang sangat tinggi.
Isu : 2012 Kiamat...????
Menurut saya kita tidak boleh meyakini bahwa ditahun 2012 akan terjadi Kiamat. Kita umat Manusia tidak akan tahu kapan Kiamatitu akan terjadi, walaupun Manusia yang Oaling Pintar skalipun, karena kehendak Kiamat atau Hari Akhir yang menetukan hanyalah Alllah AWT.
TetApi yang harus kita
lakukan adalah "Self Assesment"yaitu Mengoreksi diri sendiri Apakah Kita Sudah Beriman dan Bertaqwa kepada ALLh. Apakah kita sudah menjlankan seluruh perintah nya danMenjauhi segala Larangannya. Itu yang harus kita lakukan karena untuk bekal kita nanti Diakhirat.

Nama : Siti Jamilah
Kelas : XII IPA 3

Anonim mengatakan...

Ass..
Dalam Mensikapi Musibah atau bencana yang kita alami, banyak sekali pernyataan-pernyataan yang kita ucapkan, antara lain ada yang mengatakan bahwa itu adalah ujian, cobaan dan ada juga yang mengatakan itu adalah azab dari Allah.
Di dunia ini ada 2 Golongan dalam mensikapi musibah atau bencana yaitu Golongan orang Positive Thinking dan Golongan Orang Negative Thinking.
Golongan orang Positive Thinking merupakan Golongan Orang yang selalu Berfikir Positive terhadap apa yang menimpanya, dan selalu berlapang dada atas apa yang menimpanya. Golongan ini selalu berfikir bencana yang kita terima merupakan ujian dan cobaan untuk kita dari sang pencipta dan bagaimana cara kita mensikapi ujian dan cobaan tersebut. Golongan ini juga menyatakan bahwa bencana yang menimpa kita merupakan Azab dari Allah SWT.
Sedangkan Golongan Negative Thinking adalah Golongan yang selalu berfikir Negative terhadap apa yang menimpanya. Golongan ini selalu menjudge atau menghakimi sang Pencipta dari apa yang didapatnya, dan setiap bencana yang menimpanya Golongan ini selalu menyalahkan sang Pencipta yaitu Allah SWT.
InsyaAllah saya termasuk Golongan Orang yang Pertama yaitu Golongan Orang yang selalu Positive Thinking.
Dalam Artikel yang saya baca di Internet yang ditulis oleh Harun Yahya tentang "Pelajaran Bencana Tsunami Bagi Kita" DiArtikel tersebut menceritakan Di Abad 20 ini merupakan Abad Bencana Alam, dan manusia tidak ada yang tahu kapan bencana tersebut akan terjadi. Manusia Juga tidak akan bisa Mencegah terjadinya bencana tersebut walaupun dengan tehnologi yang sangat tinggi.
Isu : 2012 Kiamat...????
Menurut saya kita tidak boleh meyakini bahwa ditahun 2012 akan terjadi Kiamat. Kita umat Manusia tidak akan tahu kapan Kiamatitu akan terjadi, walaupun Manusia yang Oaling Pintar skalipun, karena kehendak Kiamat atau Hari Akhir yang menetukan hanyalah Alllah AWT.
TetApi yang harus kita
lakukan adalah "Self Assesment"yaitu Mengoreksi diri sendiri Apakah Kita Sudah Beriman dan Bertaqwa kepada ALLh. Apakah kita sudah menjlankan seluruh perintah nya danMenjauhi segala Larangannya. Itu yang harus kita lakukan karena untuk bekal kita nanti Diakhirat.

Nama : Siti Jamilah
Kelas : XII IPA 3

Anonim mengatakan...

Assalamu’alaikum wr.wb
1.Akhir-akhir ini banyak sekali musibah yang terjadi.Ini semua adalah kehendak Allah SWT , kita sebagai ummat manusia harus bisa menyikapi dan memahami musibah itu sebagai ujian, cobaan, atau azab dari Allah SWT. Yang pertama adalah memahami musibah sebagai cobaan. Dapat dikatakan bahwa orang-orang baik tidak akan mudah menjalankan kebaikan, ada tantangan, ada hambatan, juga ada rintangan. Musibah dapat dikatakan sebagai ujian/cobaan hanya bagi mereka yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Yang kedua adalah menganggap musibah sebagai suatu azab. Azab diturunkan oleh Allah jika manusia itu sudah tidak lagi memperdulikan teguran-Nya. Jika azab sudah terjadi maka ia tidak akan pilih pilih,semuanya kena bahkan orang yang beriman.. Kita patut bersukur jika musibah itu adalah cobaan karena berarti kita termasuk dalam golongan orang orang yang patut dicoba. Dan jika ternyata musibah itu sebuah azab kita harus sadar bahwa “Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu maka itu dari Allah, dan bila kamu ditimpa musibah, maka hanya kepada Nya lah kamu meminta pertolongan”.
2. Di bandingkan dengan tulisan bapak, artikel yang saya baca yang ditulis oleh Abu Jibriel penjelasan tentang musibah lebih terperinci dan banyak terdapat ayat-ayat al-qur’an dan hadist tentang musibah salah satu hadistnya yaitu Lima Belas Perkara Mendatangkan Musibah & Bala Bencana
Dari Ali bin Abi Thalib Ra berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Apabila umatku telah melakukan lima belas perkara, maka halal baginya (layaklah) ditimpakan kepada mereka bencana.” Ditanyakan, apakah lima belas perkara itu wahai Rasulullah?

Rasulullah Saw bersabda: “Apabila…

Harta rampasan perang (maghnam) dianggap sebagai milik pribadi,
Amanah (barang amanah) dijadikan sebagai harta rampasan,
Zakat dianggap sebagai cukai (denda),
Suami menjadi budak istrinya (sampai dia),
Mendurhakai ibunya,
Mengutamakan sahabatnya (sampai dia),
Berbuat zalim kepada ayahnya,
Terjadi kebisingan (suara kuat) dan keributan di dalam masjid (yang bertentangan dengan syari’ah),
Orang-orang hina, rendah, dan bejat moralnya menjadi pemimpin umat (masyarakat),
Seseorang dihormati karena semata-mata takut dengan kejahatannya,
Minuman keras (khamar) tersebar merata dan menjadi kebiasaan,
Laki-laki telah memakai pakaian sutera,
Penyanyi dan penari wanita bermunculan dan dianjurkan,
Alat-alat musik merajalela dan menjadi kebanggaan atau kesukaan,
Generasi akhir umat ini mencela dan mencerca generasi pendahulunya;
Apabila telah berlaku perkara-perkara tersebut, maka tunggulah datangnya malapetaka berupa; taufan merah (kebakaran), tenggelamnya bumi dan apa yang diatasnya ke dalam bumi (gempa bumi dan tananh longsor), dan perubahan-perubahan atau penjelmaan-penjelmaan dari satu bentuk kepada bentuk yang lain.” (HR. Tirmidzi, 2136).
3. Banyak kalangan masyarakat berasumsi bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Kita sebagai ummat Islam meyakini bahwa kiamat itu akan benar-benar terjadi, tetapi disisi lain kita hanyalah manusia biasa yang tidak tahu kapan akan terjadinya kiamat tsb. Banyak orang mengatakan kalau pada tahun 2012 itu bukan merupakan akhir dari dunia akan tetapi pada tahun itu akan terjadi suatu bencana yang maha dahsyat. Kembali pada diri kita masing-masing, Apakah kita sudah siap jika hari akhir itu akan datang???
Lebih baik kita harus segera memperbaiki diri kita dan membekali diri dengan iman dan taqwa.

Wassalamu’alaikum wr.wb
Nama : Darsinih Meliyanti
Kelas : XII IPA 3

Anonim mengatakan...

assalamualaikum.wr.wb
menurut saya memang di dunia semakin banyak bencana yang terjadi,menimpa kita semua tanpa pandang bulu semuanya pasti akan kena.Takkan terhitung berapa banyak manusia yang meninggal,menderita dan kerugian yang diperoleh.Tak ada yg bisa menghindari,tak ada yang bisa mencegah dan melawan kuasanya semuanya akan terjadi jika Allah sudah berkehendak.Semua musibah yang terjadi itu kembali kepada diri kita masing-masing bagaimana cara kita memandangnya.
1.Bagi orang yang beriman musibah ini mungkin di pandang sebagai suatu cobaan atau ujian,karena menurutnya Allah sedang mengukir tingkat keimanan atau ketaqwaannya.
2.Untuk orang yang tidak beriman atau musyrik musibah bisa saja di katakan sebagai suatu azab.Dengan musibah itu di harapkan mereka bisa sadardan segera bertaubat kembali ke jalannya,jalan yang lurus.
3.Kiamat 2012? itu semua cuma ramalan,sesungguhnya tidak ada yang tahu kapan dunia ini akan berakhir.Kita sebagai manusia ciptaannya sebaiknya hanya beriman dan bertaqwa kepada Allah sebagai bekal untuk di akhirat nanti tanpa harus memikirkan kapan kiamat itu terjadi.Jangan kan 2012 sekarang pun jika Allah sudah berkehendak terjadilah.Memang semuanya akan kembali kepada penciptanya yaitu Allah karena dunia ini tak akan abadi pasti semuanya akan musnah.

terimakasih
wasalamualaikum.wr.wb

Nama:Nur Indah Yani
Kelas:XII IPA 4

Anonim mengatakan...

Nama :Rahayu Indri Lestari
Kelas :XII IPA 4

assalamu'alaikum wr.wb
-apakah musibah yang melaNDA sebagai azab , ujaian ataukah cobaan ?
di indonesia akhir2 ini sering terjadi musibah, bencana yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan di muka bumi.musibah dikatakan sebagai azab dari Allah karena manusia itu sendiri yang membuat kerusakan , tidak taat kepadaNya.sehingga azab Allah menimpa kepada hambaNya.tapi lebih tepatnya lagi hukum alam musibah yuang terjadi kpd kita.namun musibah itu juga datang sebagai cobaan dan ujian yang di berikan oleh Allah terhadap hambaNya.dalam hadits di sebutkan "sesungguhnya Allah jika mencintai suaatu kaum, maka dia akan mendatangkan cobaan kepada mereka., dan barang siapa rela dengan ujian itu maka dia akan memperoleh kerelaanya,dan barang siapa membencinya maka dia akan memeperoleh kebenciannya ". jadi dengan musibah yang di berikan oleh Allah itu agar manusia tahu siapa dirinya,, dan manusia itu kecil di hadapanNya , tidak mempunyai daya upaya jika Allah telah mendatangkan musibah baginya.dan Allah memberikan ujian dan cobaan itu sebagai peringatan,teguran agar hambaNya senantiasa berdoa kepadaNya.
- kiamat 2012 ???
sebenarnya kiamat 2012 itu hanya ramalan saja.tidak ada satupun yang tahu kapan terjadinya hari kiamat kecuali Allah. hanya Dialah yang mengetahui,.kiamat itu pasti terjadi,kita tidak usah bertanya-tanya kapan datangnya hari kiamat, tetapi apakah kita sudah siap dengan datangnya hari kiamat ?? sebaiknya kita mempersiapkan untuk bekal nanti, kiamat pasti terjadi ,lah wong mati juga pasti bakal terjadi , bisa saja itu detik ini. tentang kiamat 2012 itu cuma ramalan,isu, pemikiran manusia.
- tulisan yang bapak tulis itu cukup menarik untuk di baca , banyak pelajaran yang dapat kita ambil, begitupun dengsn tulisan dari dewan asatidz yang berjududul musibah dalam prespektif teologi islam mencakup bagaimana menyikapi cobaan itu.

Anonim mengatakan...

nama : afrian nugraha
kelas : xii IPA 4

ASS...
Menurut saya musibah yang melanda negara kita ini adalah sebuah ujian dan cobaan yang di berikan ALlah. karena musibah itu datang bukan pada orang2 yang berdosa tetapi kepada orang yang beriman karena Allah akan menguji kita dengan musibah itu agar kita bersabar dan selalu ingat kepadanya,musibah sebagai azab terhadap o\hambaya yang durhaka.
2 kiamat 2012 ,saya tidak percaya, karena kiamat itu hanya Allah yang tahu kapan datangnya.
3 . tulisan bapak lebih terperici dengan ayat2 juga.sedangkan tulisan m. faridu asri judul menyikapi bencana alam , cara kita menyikapinya.

Anonim mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
-Menurut saya musibah yang menimpah negara kita akhir-akhir ini dapat dikatakan ujian,cobaan,bahkan azab.hal itu tergantung pada kita dalam menyikapinya,musibah dapat dikatakan ujian dan cobaan apabila datang pada orang-orang mukmin.Allah akan mnrunkan ujian untuk memgetahui apakah umatnya masih tetap beriman atau tidak.musibah dikatakan azab apabila diturunkan kepada mereka yang betul-betul tidak mengikuti ajaran Allah swt. dan rasul-Nya.azab datang kepada mereka yang menyekutukan Allah
-menurut pendapat saya,rumor yang berkembang saat ini tentang kiamat 2012 hanya omongan-omongan semata yang berhubungan dengan adanya film dari amerika tentang kiamat 2012.karena yang kita ketahui bersama pada Al-Qur`an bahwa tak ada satupun yang mengetahui kapan kiamat itu datang kecuali Allah.
-Artikel rumahmadina.com bila di bandingkan dengan artikel yang bapak tulis lebih merinci dan mudah di pahami


nama:rasimpen
kelas:X11 A 4

Anonim mengatakan...

Nama : Suci N. Apriyanti
Kelas : XII IPA2
1. Musibah yang menimpa orang yang beriman yang tidak lalai dari keimanannya sifatnya adalah ujian dan cobaan. Allah ingin melihat bukti keimanan dan kesabaran kita. Baga orang-orang yang bergelimang dosa dan kemaksiatan, bencana atau musibah yang menimpa itu adalah siksa atau azab dari Allah atas dosa-dosa mereka. Apabila kita termasuk orang yang lalai, maka jawaban atas musibah yang menimpa adalah sebagai azab. Dan jika kita bukan hamba Nya yang lalai, maka musibah yang menimpa adalah sebagai suatu ujian.
2. Tulisan yang Bpk buat dengan tulisan yang saya baca pada blog yang menceritakan tentang musibah, keduanya sangat menarik. Hanya saja tulisan yang Bpk buat lebih rinci, karena mengutip ayat-ayat dari AlQuran dan dikaitkan dengan fenomena alam.
3. Menurut saya segala hal mungkin terjadi jika itu sudah kehendak Allah. Tetapi jika manusia mengatakan kiamat akan terjadi tahun 2012 itu mustahil. Karena manusia hanya bisa meramalkan dan menebak saja tanpa ada fakta yang jelas. Apalagi sekarang ada filmnya yang sudah tersebar luas di internet. Kiamat 2012 sengaja diciptakan semata-mata untuk tujuan bisnis, supaya film itu laku. sama-sama kita buktikan saja nanti di tahun 2012. Orang bijak tidak akan mudah terpengaruh oleh hal semacam itu.

Anonim mengatakan...

asalammualaikum, menurut, saya semua bencana yg kita alami adalah sebuah ujian dari allah.apakah kita sabar dalam menghadapi ujian yg allah berikan kepada kita.bisa juga sebuah teguran terhadap kita semua karena kita lupa akan kebesaran tuhan... by; agus dermawan Xll IPA 4

Anonim mengatakan...

AGUS DERMAWAN IPA 4 asalammualaikum, menurut, saya semua bencana yg kita alami adalah sebuah ujian dari allah.apakah kita sabar dalam menghadapi ujian yg allah berikan kepada kita.bisa juga sebuah teguran terhadap kita semua karena kita lupa akan kebesaran tuhan... by; agus dermawan Xll IPA 4

Anonim mengatakan...

musibah bisa dikatakan sebagai ujian hidup bagi para makhluk yang bernyawa,adapun kuat atau tidaknya dalam menjalani ujian hidup tergantung pada kekuatan iman kita.
banyak sekali musibah yang melanda negri kita,di antara bencana itu ada yang karena ulah manusia dan ada pula yang karena kodrat alam.

Mengenai 2012.............????
Menurut saya hal itu hanya prediksi manusia,tidak ada salahnya apabila kita mempercayainya,Menurut para ahli berdasarkan perhitungan dan tekhnologi hal itu akan terjadi,tapi berdasarkan hadist kiamat itu terjadi tanpa ada satu orangpun yang tau.apabila allah telah berkata KUN FAYAKUN maka tiada keraguan padanya.kita tidak akan pernah tau kapan hari kiamat itu kan datang.Manusia hanya mampu memprediksikan tapi allah yang menentukan karena segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini berdasarkan kehendak allah.


SELLA DWI
XII A 2

Anonim mengatakan...

ass..
menurut saya bencana di bumi ini semua direncana kan oleh ALLAH SWT semata, untuk menguji umatnya apakah, umatnya bisa melewati ujian yang diberikannya. dan apabila umatnya bisa melewati semua itu, maka kita sebagai umatnya harus bisa mensiasatinya dengan cara mengambil hikmahnya dari setip cobaan yang terjadi...
misalnya, tsunami, gempa bumi, lumpur lapindo.. etc.
kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena itu semua menjadi kehendak dari ALLAH SWT. tetapi apabila kita sebagai manusia bisa berusaha mensikapinya..
wasalam...

NAMA: NURLAELI
KELAS: X SSN 2

Anonim mengatakan...

NAMA;SUGINO KELAS;Xll IPA 4 1) Ujian,supaya umat manusia berbuat kebaikan,allah bukannya benci pada umat manusia tetapi untuk memberikan peringatan kepada umat manusia supaya melakukan perintahnya dan menjauhi larangannya.musibah tersebut bukannya allah ma orang kafir tapi supaya orang kafir tu sadar dan cepat-cepat lah bertobat kepada allah. kiamat 2012 2) tidak mungkin,karena kiamat tidak ada yg tauh selai allah.belum tuntuh 2012 kan jadi kiamat,nabi muhammad ja ga tau kapan datangnya hari kiamat.kita jangan lah takut ma meninggal,kalau da waktunya kita juga kan meninggal........

Anonim mengatakan...

AGUS DERMAWAN IPA 4 asalammualaikum, menurut, saya semua bencana yg kita alami adalah sebuah ujian dari allah.apakah kita sabar dalam menghadapi ujian yg allah berikan kepada kita.bisa juga sebuah teguran terhadap kita semua karena kita lupa akan kebesaran tuhan... by; agus dermawan Xll IPA 4

KIAMAT/. Tidak ada yg mengetahui kapan akan terjadi kiamat,hanya allah yg mengetahui. jadi musthil kalo ada orang yg bilang kalo kiamat akan terjadi tahun 2012,so mustahil ntu semua hanya untuk mendobrak pasar perfilman.

Anonim mengatakan...

1. menurut saya musibah yang terjadi saat ini merupakan azab,ujian,sekaligus cobaan dari allah karena setiap manusia tk lepas dari musibah tersebut.sesungguhna di balik semua musiah pasti ada hikmahny,dan allah mmberi musibah itu untuk mengukur seberapa besar keimanan kita kepadanya dan mrnguji kesabaran kta .
2. kiamat tahun 2012 !!!!!
ga percaya tuchh ,,, kit tidak pernah tau akan datangna hari itu , kita hanya wjib mempercayainya sebagimana yang di sebutkan dalam rukun iman yng ke lima .. kita tidak perlu memperdebatkan masalah itu yang terpenting kita menungkatkan keimanan kita kepada allah .
3.saya rasa jika membandingkan tulisan bapak ang berjudul musibah dalam perspekyif al-qur'an dengan tulisan prof.quraish shihab ng berjudul mussibah;rahmat atau murka tuhan , saa rasa tulisan bpak lebih mudah di pahami dan lebih rinci ....
ulfah nurmayu
XII IPA 4

Anonim mengatakan...

1. Ass...
Menurut pandangan saya,bahwa musibah yang terjadi di tanah air saat ini bisa dibilang ujian,cobaan dan azab.
tergantung darimana kita memandang suatu kejadian tersebut.
dibilang ujian,jika musibah itu menimpa kepada kaum muslimin.dibilang cobaan,jikalau musibah tersebut menimpa kepada hamba Allah yang beriman.dan ada juga yang bisa dibilang adzab,yaitu hanya untuk mereka-mereka yang tidak beriman kepada Allah SWT.
Jadi kesimpulannya,Allah swt hanya menurunkan adzabnya kepada mereka yang ingkar kepada-Nya.
dan Allah swt menurunkan ujian dan cobaan hanya bagi mereka yang tidak ingkar kepada-Nya.

2.
ass..
kiamat 2012???
kata "kiamat" terbagi menjadi 2 yaitu:kiamat sugra dan kiamat kubro,,,,,
menurut pendapat saya itu hanya ulah orang-orang yang tidak bertanggungjawab jd kitajangan pikirkan dulu soal kiamat 2012 itu,yang terpenting kita siap tidak menghadapi kiamat itu.
3.
Bila dibandingkan dengan tulisan yg bapak buat ,"memahami musibah dalam perspektif al-quran"menurut saya tulisan bapak lebih terperinci dan dilengkapi oleh ayat-ayat yang ada didalam al-quran.

ANHAR SETIAWAN
XII IPA 4.

Klinik_cinta mengatakan...

ass.......
1. musibah berasal dari kata ashaaba,yushiibu atau mushiibatan yang berarti segala yang menimpa pada sesuatu baik berupa kesenangan maupun kesusahan. Namun umumnya
musibah selalu identik dengan kesusahan. Padahal kesenangan yang dirasakan adalah musibah. Oleh karena itu musibah yang terjadi pada dewasa ini dapat dikatakan sebagai ujian cobaan atuakah azab tergantung pada siapa musibah itu terjadi apabila musibah itu menimpa pada seorang muslim dapat dikatakan sebagai ujian atau cobaan agar umat muslim lebih peduli pada lingkungannya. Allah SWT berfirman "Dan apapun musibah yang menimpa kaum maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri(QS.Asyuara'a : 30)
2. menurut saya tulisan bapak pada blog ini sangat baik jika dibandingkan dengan tulisan dari blog lain. Dalam tulisan lain hanya menjelaskan tentang secara garis besarnya saja akan tetapi dalam tulisan bapak ini lebih terperinci dan banyak sekali penjelasannya dalam tulisan yang saya baca yang berjudul Musibah dalam perspektif teologi islam ditulis oleh Dewan asatidz bahwa musibah itu terjadi karena ulah manusia yang usil akan lingkungannya
3. kiamat 2012 ??
kita sebagai umat muslim janganlah percaya akan hal itu karena nabi muhammad saja seorang yang paling di percaya allah tidak diberi tahu kapan kiamat terjadi. Dalam al-qur'an pun hanya disebutkan harinya saja akan tetapi kapan terjadinya tidak disebutkan dalam al-qur'an. Oleh karena itu kita sebagai kaum muslim yang beriman jangan percaya akan hal itu.



Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang komentar saya kurang lebihnya saya minta maaf pa

wassalam....

komentar by Luthfan atiqi H.A
X SSN 1

Anonim mengatakan...

SISKA NOVIYANTI
X11 A_4

ass.........

1)Menurut saya itu adalah azab.
Karena indonesia banyak yang menyekutukn ALLAH dan banyak pula yang lupa akan adanya ALLAH.sEHINGGA ALLAH mengazab meraka dengan Azab tersebut,Semoga semua manusia itu sadar akan kekuasaan ALLAH.

2)2012......????
Yang mengetahui akan terjadinya kiamat hanyalah ALLAH semata,
Qt sebagai manusia hanya bisa berdo'A dan pasrAH karena Qt didunia ini hanya sebagai tokoh titipan yang sewaktu-waktu akan diambil kembali oleh-NYA.
Musibah tersebut terjadi karwna ulah manusia itu senndiri yang tidak bisa memanfaatkan,merawat dan menjaga alam sekitarnya.

3)Tulisan bapa kurang lebih sama seperti dalam kitab AL-TIBYAN fi Tafsir Gharib Al-qur'an dinyatakan bahwa"Musibah itu memiliki tiga bentuk 1)Nikmat(keniknmatan) 2)Ikhtibar(cobaan atau ujisan) 3)Makruh(sesuatu yang dibenci)

WSS.......

Anonim mengatakan...

ass...


1. musibah dikatakan cobaan, ujian atau azab itu tergantung dari sudut orang yang memandangnya.
misalkan musibah yang sering terjadi di tanah air kita itu bisa termasuk ketiganya. karena ini bisa dianggap sebuah ujian dan cobaan untuk orang-orang yang bertakwa agar kita bisa untuk lebih bersabar, tawakal dan bertakwa pada Allah.
sedangkan musibah yang terjadi bisa disebut azab bagi manusia yang tidak beriman.


2. menurut pendapat saya, tulisan yang bapak buat dan tulisan yang saya baca di www.pesantrenvirual.com, itu lebih terperinci karena bapak disini menjelaskan tentang musibah secaara lebih real. sedangkan yang saya baca di tulisan orang lain itu hanya bagaimana kita menyikapi musibah yang menimpa kita.


3. kiamat 2012????
gag banget dech. itu kan cuma ramalan dari suku Maya yang berada di Amerika dan itu bukan dari orang-orang muslim.

kiamat emang pasti ada tapi kan gag ada yang tau kiamat datengnya kapan. sekalipun orang itu cerdas, jenius atau paranormal yang emang pikirannya diatas normal.

katanya kan kiamat pasti dateng hari jumat, hrinya umat muslim, kenapa pada tanggal 12122012 itu jatuh pada hari rabu??


buat orang muslim, itu hanya rumor yang dibuat oleh orang yang gag bertanggung jawab dan gag percaya sama allah.

itu adjjah dech, pak


Charoline Foriz C
XII IPA I

Anonim mengatakan...

ass
menurut pendapat saya,musibah yang menimpah kita adalah asbuah ujian/cobaan.karna allah msmperingatkan kita akan kskuasaan'y n kewajiban kita terhadap allaha apakah selama ini kita melupakan allah?????


2.menurut saya sama Z,tapi agak brbeda kalo tulisan bapak lebih jelas n lebih mudah di mengerti.kalo tulisan yang saya baca dari artikel DENYY RAHMAN YANG BERJUDUL MAKNA MUSIBAH.bahasa'y masih rancuh n susah di pahami........


3.2012!!!!!
banyak orang yang mengatakan bahwa thn2012 akan terjadi kiamat....
saya TDK PRCYA DNG ADA'Y KIAMAT!!!!!!!!!
karna gag ada satu orang pun yang tau tntg trjdi'y kiamat....
mugkin pada thn 2012 trjdi kiamat sugro.....
lagian juga pd tnggl 12 des 2012 jth pd hr rabu bkn hr jumat...
krna kiamat psti trjdi pd hari jumat.......





yoyoyi

semanggat .....


lanjutkan


Nama:Mia waty
kelas:X11 IPA 1

Anonim mengatakan...

Ass . . . .
1)Menurut pendapat saya musibah yang menimpa kita merupakan ujian atau cobaan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita sebagai makhluk ciptaan Allah.SWT......
tapi bisa juga di bilang sebagai azab karna memang tidak sedikit manusia yang lalai menjalankn perintah-perintah Allah.



2)Menurut saya artkel Bapak dengan artikel lain yang saya baca jelas berbeda,ertikel bapak lebih mudah di pahami dan dimengerti sedangkan arikel dari FARID ANUS yang berjudul KETIKA MUSIBAH MENIMPA sangat rancu dan sulit di pahami...........


3)Tentang kiamat 2012 saya pribadi sangat tidak percaya,karna baik kiamat sugra maupun kubra hanya Allah yang tau.....

YOYOIIIIIIIII....................

Wssss........


Nama:Darmi
Kelas:XII IPA 1

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum..
Menurut saya bencana itu sering terjadi di dunia ini...karena faktor fenomena alam yang disebabkan manusia ittu sendiri..azab utk org" kafir dan cobaan utk org" shaleh...
Smw musibah terjadi karena kehendak Allah...
apalagi sekarang banyak sekali musibah yang menelan banyak korban...menyebabkan berjuta-juta makhluk hidup didunia ini..
Sekarang ini utk mengatasi global warming butuh kerjasama semua manusia di dunia...
Kita sebagai umat islam harus lebih meningkatkan iman dan taqwa kpd Allh SWT.
Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari semua bencana yang telah menimpa kita.
Mengenai rumors kiamat 2012 fenomena ini cukup menggemparkan dunia..sebaiknya kita ambil sisi positif'y saja dari fenomena ini...kita jg tidak boleh mempercayai'y... karena sesungguhnya kiamat pasti akan terjadi...toh sudah tercantum dalam rukun iman...sebaiknya qt meningkatkan keimanan agar siap menghadapi apapun yang terjadi..
saya juga membaca tulisan lain tentang musibah yang berjudul"RAHASIA MUSIBAH' DI SITUS www.dakwatuna.com...intinya mah sama...cuma pnya bapa lebih jelas dan lebih terperinci...Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dari tulisan bapak ini...!

Nama: Julia Krias D
Kelas : XII IPA 4

Anonim mengatakan...

Nama : Rani Heri Mulyana
Kelas :X11 IPA 2

1.Menurut saya pak,musibah yg menimpa kita termasuk ujian/cobaan,bagi orang-orang yang beriman musibah adlh suatu ujian kepada kita dari Allah karena Allah sayang pd kita dan maka Allah memberikan suatu peringatan kpd kita agar kita tidak ingkar kepada-Nya,agar kita juga tidak melupakan kenikmatan yg telah diberikan oleh Allah.Supaya kita selalu bersyukur kepada Allah atas segala sesuatu yg diberikan-Nya kpd kita.Tetapi bagi orang-orang yg kafir musibah yg menimpa mereka itu suatu azab,karena dia tdk pernah tau bahwa Allah lah yg menurunkan peringatan itu.

2.tulisan yg bapak buat jika di bandingkan dgn buku yg saya baca sangat menarik,dan udah di pahami.
3.Menurut saya tanggapan itu kurang benar, karena apabila itu akan terjadi kiamat maka akan datang bencana badai matahari dan akn turun dazal,dan setelah turunya dazal maka akan turun nabi Isa ke bumi itu jaraknya antara turunnya dazal dan nabi Isa sekitar 40 tahunnan.Tapi kita tdk pernah tau akan datangnya hari kiamat, tapi kita harus percaya bahwa kiamat itu akan datang.Mungkin tahun 2012 nanti itu adlh perubahan zaman atau penanggalan dan tahun yg baru lagi.Jadi itu menurut saya bukan hari kiamat.

Anonim mengatakan...

Assalam....

Menurut pandangan saya, bahwa musibah yang terjadi di tanah air, bisa disebut ujian, cobaan,dan azab. Bisa di sebut ujian, karena apabila musibah itu menimpa pada kaum muslimin dan musliman. Sedangkan cobaan, karen apabila musibah tersebut menimpa pada hamba ALLAH SWT, yang beriman. Sedangkan azab, hanya untuk mereka-mereka yang tidak beriman kepada ALLAH SWT.

Jadi kesimpulanya bahwa ALLah swt memberikan musibah itu bukan untuk kebencian kepada makhluknya, tetapi ALLAH swt masih sayang kepada makhluknya. Hingga ALLAH swt memberikan peringatan pada makhluknya yang telah melakukan kesalahan-kesalahan terhadap perintah ALLAH swt. Agar makhluk tersebut menjadi sadar dan lebih baik lagi atas perbuatan yang telah dia lakukan.



2. Menurut pendapat saya,tidak setuju karena bahwa kiamat ditahun 2012 mustahil, cuma rekayasa orang-orang barat. sebaiknya kita sebagai umat islam hendaknya jangan takut terhadap rekayasa terhadap orang-orang barat. Bahwa kiamat tersebut hanya ALLAH yang mengetahui dan menghendaki terjadinya kiamat, bahkan malaikat dan nabi Muhammad saw sendiripun tidak mengetahuinya.

Nama : M. Tasrifiin
Kelas: XII A 4

Anonim mengatakan...

1. Menurut pendapat saya, yang mengetahui itu adzab, ujian atau cobaan yaitu Allah dan diri sendiri. Karena yang mengetahui perbuatan manusia (baik atau buruk) itu adalah Allah dan manusia itu sendiri.

2. Sudah jelas bahwa tidak ada yang mengetahui kapan terjadi kiamat, bahkan malaikat dan nabi Muhammad sendiripun tidak mengetahuinya.Hanya Allah lah yang mengetahui dan menghendaki kapan kiamat akan terjadi.
Kalau tidak salah salah satu tanda-tanda kiamat itu, tidak terdengar suara adzan di mana-mana, sedangkan kita masih mendengar adzan di mana-mana. Jadi kita tidak bisa menebak kapan kiamat akan terjadi. Mungkin itu pendapat seseorang atau sekelompok orang, yang mana dengan rumor yang berkembang bahwa kiamat akan terjadi di tahun 2012 itu bisa menguntungkan bagi seseorang atau sekelompok orang tersebut.

Nama : David Yafisham
Kelas : XII A 4

Anonim mengatakan...

mershindy astrafida
XII IPA 4.

1. menurut saya, musibah yang sering terjadi di indonesia ini merupakan azab juga ujian. azab bagi orang orang yang mungkin selama ini jauh dari Allah, maka allah memberi azab pada mereka, agar mereka sadar dengan perbuatan mereka, ujian bagi orang orangyang dekat dengan allah, agar iman mereka lebih kuat. dan Allah juga tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan umat-Nya.
2. kiamat 2012?? saya tidak percaya itu. karena tidak ada seorang pun di muka bumi ini yang bisa mengetahiu kapan kiamat itu terjadi. mungkin ini hanya opini saja. toh jika Allah menghendaki kiamat bisa terjadi kapan saja, tidak perlu menunggu 2012. tapi rumors ini ada hikmahnya juga, kita bisa lebih memperbaiki dan memperdalam keimanan kita kepada-Nya.
3. menurut saya artikel bapak tentang musibah ini tidak jauh berbeda dengan blog yang telah saya baca yaitu www.pusdai.com
bahkan artikel bapak bisa lebih mudah dipahami.

makasii ia pak, udah baca ..


mershindy astrafida
xii ipa 4

Anonim mengatakan...

ass..........
1.bencana ini bisa saja sebagai teguran bagi kita para umat manusia,karena sabagian dari musibah yang terjadi di muka bumi ini karna tangan manusia.contohnya bencana bajir bandang yang terjadi di JAKARTA,itu semua karna campur tangan manusia,mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita yang selalu membuat keonaran di muka bumi ini.
2.KIAMAT 2012???????????????
pusing juga sich,tapi kita memeng harus yakin dengan adanya HARI KIAMAT tersebut,tapi kita juga jangan terlalu percaya kalau KIAMAT akan terjadi pada tahun 2012,menurut saya tahun 2012 itu mungkin hanyalah isu belaka,mungkin tahun 2012 hanya terjadi bencana alam saja,karena yang bisa menentukan kapan KIAMAT akan datang hanyalah ALLH SWT.
3.kalau tulisan bapak di bandingkan dengan pendapat HIZBUT TAHRIR memang ada kamiripan,bencana yang terjadi di muka bumi ini bisa termasuk musibah atau bisa juga sebagai azab.
terima kasih bapak.............
PISS DAMAI !!!!!!!

Nama : Poppy Faradina
Kelas : XII IPA 4

Anonim mengatakan...

micome bpa . . .

1) Musibah mnrut saya adalah cobaan untuk hambanya yang beriman,menjadikan manusia itu lebih baik dari sebelumnya,dan sesungguhnya allah swt tidak memberikan cobaan di luar kemampuan hambanya.sebagian orang ada yang berpendapat bahwa musibah adalah azab dari allah swt,itu adalah pemahaman bagi orang" yang dzolim kepada allah swt,pemahaman seperti ini menunjukan bahwa orang tersebut tidak bersukur atas apa yang telah di berikan allah swt terhadap kita sebagai ciptaannya.
semua cobaan,ujian yang telah allah berikan kepada kita semua selama ini sudah menjadi kehendak yang telah allah tentukan.dari cobaan tersebut kita dapat mengambil hikmahnya agar kita selalu berserah diri kepada allah swt dan lebih berhati-hati dalam pengambil suatu tindakan.

2)kIAMAT 2012????????????????????
OH . .no!!!!
itu cuma sekedar isu dari oknum yang tidak bertanggung jawab,bahkan sudah banyak kaset" tentang kiamat 2012. . .duh aya-aya wae ...sebenarnya kita semua wajib percaya dan mengakui bahwa akan terjadi hari akhir,dalam al_quran surat al_a'raf:187 menjelaskan,sesungguhnya tiada yang mengetahui kapan hari akhir itu akan terjadi.Bahkan Nabi Muhammad saw pun tidak mengetahui kapan hari akhir itu akan terjadi.
Tetapi dari kabar yang menyebutkan bahwa akan terjadi kiamat oada tahun 2012,kita dapat mengambil hikmahnya bahwa kita hidup di dunia ini hanya sementara dan untuk mengingatkan kita agar selalu berada dalam jalan yang allah ridhoi . .sudah kah kita siap untuk menghadapi hari akhir ini ,,,?????mari kita tanya kepada diri kita masing"....sudahkah menjalani perintah" yang telah allah swt berikan

3) Saya sudah membandingkan artikel yang bapa buat dengan artikel yang telah di buat oleh Ali Fatkhan yang menyebutkan: Tuhan berkata bahwa orang" baik tidak akan mudah menjalankan kebaikan,ada rintangan,ada cobaan, dan tuhan melakukan demikian adalah uji kelayakan,utuk menuju pintu surga....amien. . . .



Nama : Jelita rj
Kelas :X11 ipa 4

Anonim mengatakan...

ass...........
1. sebenar musibah yang menimpa kita ini bisa merupakan azab,ujian dan cobaan.saya bisa berbicara kaya gitu karena:
# azab, bisa merupakan azab karena sesungguhnya manusia yang di ciptakan oleh ALLAH SWT tidak mensyukuri nikmat allah,yang telah di berikan kepada kita semua,kita pun murka terhadap allah swt,sehingga allah menimpakan musibah apabila kita sendiri bisa memanfaatkan semua nikmat yang allah berikan dengan tidak sia-sia.
# ujian, bisa merupakan ujian karena sesungguhny sekarang allah sedang menguji kita dengan menimpakanmusibah, namun sesungguhnya di balik allah sedang menguji kita (manusia) hanya untuk menyadarkan kita kejalan yang lurus.
# cobaan, bisa merupakan cobaan karena banyak yang bilang allah tidak akan memberikan cobaan kepada orang-orang yang tidak beriman, sedangkan orang-orang tidak beriman dapat cobaan sesungguh nya allah tidak akan memberi cobaan kalau kita tidak kuat.
2. menurut pendapat saya tentang rumors yang berkembang,saat ini tentang kiamat akan terjadi 2012.
itu sangat tidak baik buat umat islam,hiraukan sajah,sesungguhnya yang maha mengetahuikapan terjadinya kiamat hanyalah allah semata. dan kita sebagai manusia hendak nya lebih mendekatkan lagi kepada allah, sesungguh nya apbila kita beriman kepada allah lebih dekat kita tidak akan takut akan datangnya kiamat.namun kalau iman kita lemah sebaiknya kita lebih mendekatkan dan lebih banyak amal lagi.
3. menurut pendapat saya, yang telah membandingkan tulisan bapak dan tulisan mama lorent sangat bertolak belakang karena mama lorent sangatlah yakin akan terjadi musibah di beberapa kota akan terjadi lagi, seperti di jakarta akan terjadinya banjir yang sangat tinggi.

Nama: RINA HERMINAH
Kelas: XII IPA4

Anonim mengatakan...

1.menurut pendapat saya musibah adalah suatu cobaan atau ujian untuk kita sebagai hamba allah,ujian atau cobaan tersebut adalah menandakan bahwa allah sayang kepada umatnya,maka dari itu kita harus mensyukuri setiap cobaan atau musibah apa pun yang di berikan kepada kita.
2.hanya allah yang tahu.....
kiamat 2012???? itu hanyalah isu,kiamat mungkin bisa saja terjadi besok,lusa atau kapan pun allah mau tanpa memandang jam,menit maupun detik....
3.artikel yang bapa buat dangan artikel abu ishak "SAAT MUSIBAH MENIMPA" yang saya baca hampir sama musibah itu bisa saja di jadikan sebagai ujian tuhan terhadap keimananya,seberapa kuatkah iman kita




NAMA:YOSI AYU O
KELAS:XII IPA_4

Anonim mengatakan...

ass....
1.menurut saya musibah itu merupakan ujian bagi kaum muslimin di mana di setiap ujian pasti ada hikmahnya ,di maksudkan agar kita kaum muslimin lebih bersabar dalam menghadapi ujian hidup yg kita hadapi
kalau cobaan itu hanya di berikan untuk orang yang kafir
yang penting kita sbgai kaum muslimin menyadari smua itu baik untuk kita aga kita slalu sadar atas tindakan yg kita lakukan
2.menurut sumber lain:
bencana tu di sebabkan karna manusia tu sudah benar2 kufur kpd allah..........
jadi memberikan musibah itu
agar mereka cepat2 sadar ..
terima ksh pak....

comentar from
ANNISA ATHFIANI
Xssn2........

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum........

1.Menurut pendapat saia bisa dikatakan ujian bila yang di timpanya kaum muslimin agar lebih sabar dalam menghadapi ujian tersebut dan bertawakal segala sesuatu adalah kehendak allah swt yang perlu kita lakukan adalah berusaha memperbaiki sikap perilaku kita..
Dan bisa dikatakan azab bila yang ditimpanya kaum kafi, karena itu semua teguran atau balasan dari allah swt.atas apa yang dilakukanya
2.Menurut saia tulisan bapa lebih baik yang lainya karena penjelasanya terperinci dengan ayat-ayat al-quran....
3.Kiamat 2012 ??????????????
hahahaiiii saia baru lulus SMA Lah
saia sih ga 100% percaya kalau kiamat 2012 bakal terjadi... memamg kita sebagai umat muslim wajib percaya bahwa kiamat itu pasti akan terjadi tapi kalau kapan waktunya tidak ada yang tahu,,nabi,malaikat sekalipun tidak ada yang tahu....
yang tepenting sih,bagaimana sikap kita untuk menghadapi kiamat.
dan berserah diri, berusaha supaya kita lebih dekat dengan allah swt.

terima kasih
wasss..

INNE WULAN SARI
X_ssn 1

Anonim mengatakan...

asallamuallikum wr.wb
menurut saya peristiwa itu terjadi kapan saja dan dimana saja jadi kita harus siap menghadapi apapun musibah dari allah SWT

wassalamuallaikum wr.wB

Anonim mengatakan...

1. Menurut saya musibah yangt menimpa saat ini adalah peringatan dari Allah karena belakangan ini manusia sering ingkar, bukanlah cobaan atau azab tapi bisa dikatakan azab karena musibah yang terjadi karena umumnya akibat ulah tangan manusia itu sendiri.
2. menurut saya tulisan bapak cukup menarik karena diabndingkan dengan buku yang berjudul " Membuka Pintu Langit " karya A. Mustofa Bisri yang menjelaskan tentang arti musibah blog bapak lebih mencakup keseluruhan arti musibah.
3. Tentang kiamat 2012 hanyalah sebuah opini umum yang belum tentu faktanya karena sesungguhnya hanya Allah yang tau kapan kiamat itu datang. Dan kiamat menurut Al-Qur'an serta hadist, Allah merahasiakan kapan datangnya hari kiamat.



Iyan Suseno
XII Ipa 1

Anonim mengatakan...

1. Menurut saya musibah itu azab, karena terjadi akibat ulah manuia itu sendiri terhadap alam.
2. tulisan bapak menurut saya cukup bagus dibandingkan blog-blog yang memuat tentang musibah.
3. menurut saya kiamat 2012 adalah gosip umum, karena belum dipastikan bahwa tahun 2012 akan terjadinya kiamat.









RUDIMAN
XII IPA 3

Anonim mengatakan...

3. Apabila dibandingkan dengan tulisan yang bapak buat," memahami musibah dalam perspektif Al-qur'an," menurut saya tulisan bapak lebih terperinci dan dilengkapi oleh ayat-ayat yang ada didalam al-qur'an dan dikaitkan dengan fenomena alam.

Sedangkan menurut pendapat faridu asri hanya menyikapi bencana alam,dan cara menyikapinya.

Nama : M.Tasrifin
Kelas: X11-A4

Anonim mengatakan...

1.pada dasarnya setiap manusia pasti diberikan ujian atau cobaan dari Tuhan. misalnya saja kecelakaan atau sakit, tapi melihat musibah yg kita lihat beberapa bulan lalu atau beberapa tahun silam, mungkin itu bisa disebut musibah, bisa juga disebut dg azab. tergantung bagaimana manusianya. apakah mereka mengerti bahwa musibah yg dialami mereka cobaan atau azab. mungkin dg musibah itu Tuhan bermaksud memperingatkan kita bahwa apa yg telah kita lakukan akan kembali pada kita sendiri.
2.tahun 2012 kita tdk tahu apa yang akan terjadi pada tahun itu, kiamat ? mungkin.bencana?mungkin, kesenangan?juga mungkin.adapun tentang issue kiamat 2012 mungkin itu hanya isapan jempol yah namanya jugs isu,mungkin juga itu hanya untuk menakut-nakuti orang saja. karena manusia tidak bisa memprediksikan kiamat itu terjadi.Jadi biarlah kiamat menjadi rahasia tuhan,toh kita telah mendapat petunjuk tentang tanda-tanda hari kiamat.jadi kita hanya perlu memperbaiki diri kita untuk terus berjalan ke depan.
3.setelah saya bandingkan tulisan bapak dengan blog lain "MUSIBAH DALAM PANDANGAN ISLAM" oleh Dewan Asatidz,tulisan bapak lebih mudah di mengerti dan lebih jelas karena di sertai dengan hadis.


NAMA:Fatahul jannah
kls:XII IPA 3

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
1.Ujian dan cobaan merupakan sunnatullah terhadap hambanya.Ujian yang diberikan Allah kepada manusia tidak mesti dalam bentuk musibah seperti kefakiran,kelaparan,ketakutan,kezhaliman,bencana alam,dan tragedi-tragedi lain yang menyedihkan,namun dapat juga berbentuk limpahan karunia dan nikmat seperti ilmu,harta,kedudukan jabatan,kesejahteraan dan kemakmuran,sehingga dapat diketahui siapa saja hamba-nya yang pandai bersyukur di aat menerima kenikmatan,dan siapa yang sabar di saat menerima musibah dan cobaan.
Musibah dan bencana tidak hanya menimpa kepada orang-orang yang lalai sertajauh dari nilai-nilai agama,namun jugs menimpa kepada orang-orang mukmin dan orang-orang yang tak berdosa,bahkan semakin tinggi derajat dan kedudukan seseorang di sisi Allah,maka semakin berat ujian dan cobaan yang diberikan.karena Allah akan menguji keimanan dan ketabahan hamba yang dicintai-nya.Seperti firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 214,yang artinya:
"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga,padahal belum datang kepadamu(cobaan) sebagai mana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu??mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan,serta digoncangkan(dengan berbagai macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya:"Bilakah datangnya pertolongan Allah?"Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu sangat dekat".
2.Bila dilihat tulisan Bapak dengan buku yang saya baca yang berjudul"Hikmah Di Balik Musibah" yang ditulis oleh Fariq bin Gasim Anuz,saya menemukan ada kesamaan,yaitu sama-sama membahas musibah dalam perspektif Al-Quran,terlebih juga dalam hadits atau surat-surat yang membahas musibah tersebut.Buku yang saya baca mengupas tentang masalah ujian dan cobaan dalam perspektif Al-Quran dan As-Sunnah,bagaimana sikap yang benar bagi seorang mukmin sehingga musibah yang menimpanya menjadi rahmat,adanya perintah untuk bermuhasabah,serta penjelasan dampak maksiat terhadap pribadi dan masyarakat.Semoga apa yang Bapak tulis dapat menjadi obat penawar hati bagi orang yang sedang tertimpa musibah dan dirundung duka,sehingga mereka mampu untuk mensikapi semuanya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.Amien.......
3.Menurut saya itu hanya gosip murahan belaka.toh memang siapa yang tau kalau kiamat datang pada tahun 2012,,sedangkan seperti yang sudah dijelaskan dalam Al-Quran bahwa hanya Allah sendirilah yang tau kapan terjadinya hari itu,tidak ada yang tahu selain dia,bahkan para malaikatpun tidak tahu akan hal tersebut apalagi kita yang hanya sebagai manusia biasa.Tapi hari itu memang ada dan kita juga wajib meyakininya,sebagaimana dalam rukun iman yang ke-5 yaitu iman kepada hari akhir(kiamat).Tapi kita tidak perlu takut akan hal tersebut karena sebagai makhluk yang bernyawa cepat ataupun lambat pasti kita semua akan mati,yang perlu kita lakukan hanya membekali diri kita dengan keimanan kita terhadap Allah dan amal ibadah kita yang akan menjauhkan kita dari siksa Allah SWT.



Akbar Nafis
XII IPA 1

Anonim mengatakan...

Asss... pa!!! baiklah saya akan menjawab pertanyaan bapa
1.menurut saya musibah yang terjadi sekarang adalah ujian,cobaan dan adzab dari Allah SWT.
2.Menurut saya tulisan bapa lebih terperinci dibandingkan tulisan yang saya baca yang berjudul"RAHASIA MUSIBAH"Tulisan tsb hanya menjelaskan definisi musibahnya saja,sedangkan tulisan bapa disertai contoh-contohnya.
3.Menurut saya tentang kiamat 2012 hanyalah isu belaka.Kiamat itu tidak ada yang tahu selain Allah semata.Janganlah kita terpengaruh dg isu-isu tsb,lebih baik kita ambil yang positifnya saja bahwa kita harus lebih memperbaiki tingkah laku kita... wassalam...

Nama :Iyul Yul Yana
kelas: XII IPA 1

Anonim mengatakan...

ass .......
1. menurut saya,musibah yang sekarang terjadi bisa di anggap ujian dan cobaan bagi orang-orang muslim,agar Allah bisa mengetahui seberapa kuat dan sabarnya kita menjalani ujian dan cobaan itu.
dan azab bagi orang-orang yang selalu melanggar perintah Allah.supaya sadar dan cepat bertobat.
2. menurut saya tulisan bapa lebih jelas dan lebih detail dari pada tulisan yang saya cari dari alamat arramah.com .
3. menurut saya tentang issu kiamat akan terjadi 2012 . saya tidak percaya tentang kiamat itu. itu hanya ramalan dari orang biasa.memang benar kiamat akan terjadi, tetapi kita sebagai manusia biasa tidak akan mengetahui kapan kiamat akan terjadi. karena Nabi Muhammad saja tidak mengetahuinya.apalagi kita hanya sebagai manusia biasa .
yang terpenting sekarang ini kita harus menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya.
trima kasih.
wass...
MERISAH X SSN 1.SMAN 1 KANDANGHAUR.

Anonim mengatakan...

1.pada dasarnya seluruh isi bumi ini adalah miliknya tugas kita adalah menjaga dan memeliharanya jika tidak Allah akan murka,Allah akan melakukan sesuatu yang di kehendakinya karena sesungguhnya yang demikian itu mudah baginya.Musibah yang di berikan oleh Allah kepada hambanya boleh di katakan sebagai ujian,cobaan,dan azab karena untuk mendidik dan membangkitkan manusia dari kelalaiannya.Seperti yang telah kita ketahui tujuan Allah memberikan ujian dan cobaan adalah untik menguji keimanan kita,seberapa kuat iman kita.jika iman kita kuat Allah akan meningkatkan derajat kita.
2.setelah saya bandingkan antara blog bapak dengan blog lain yang saya baca "Rahasia musibah"oleh Dewan Asatidz,ternyata pada dasarnya sama,tetapi blog yang bapak tulis lebih terperinci dan di mengerti.
3.Menurut saya isu tentang kiamat 2012 itu tidak benar,memang sebagai umat islam kita wajib mempercayai kalau kiamat itupasti terjadi tapi itu hanya isu yang datangnya dari manusia yang tidak bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya.karena sesungguhnya kebenaran itu datangnya dari Allah swt dan yang mengatahui kapan terjadinya hari kiamat hanya Allah lah yang tahu.

Anonim mengatakan...

Ass.... baiklah saya akan menjawab pertanyaan dari bapa
1.Musibah bisa termasuk ujian,cobaan, dan adzab dari Tuhan,tergantung bagaimana kita memandangnya,tetapi... denga musibah yang terjadi sekarang2 sering terjadi,dapat kita renungkan bagaimana perilaku manusia skg
2.menurut tulisan lain yang saya baca,musibah yang akhir2 ini sering terjai krn ulah manusia yang semakin lupa dg TuhanNya.Patut direnungkan,arti dari stp pembaca yang ada dgn perkembangan zaman skg ini yang nilai keagamaanya mulai menurun.
3.Isu kiamat 2012 hanyalah isu belaka yang disebarkan oleh umat kristen,dan kita tidak boleh mempercayainya... memang kiamat itu pasti terjadi,tapi hsnya Allah yang mengetahui kapan terjadinya,kita sebagai umat islam haru percaya hal itu. wassalam...

NAMA : INGSARI
KELAS :XII IPA 1

Anonim mengatakan...

1.Menurut saya musibah yang terjadi sekarang seperti longsor,tsunami,banjir bandang,dan banyak kejadian aneh merupakan kehendak Allah.Dan AZAB untuk makhluknya yang di bumi yang sudah melupakan perintahnya namun ada pandangan lain musibah itu cobaan bagi umatnya yang mendustainya.
Ada kata lain selain peringatan Allah adalah bergeraknya lempengan bumi sehingga terjadinya banyak bencana dan keadaan alam yang sudah tua.Tapi kita harus bisa menjaga dan melestarikan alam ini seperti dulu lagi dan berpegang teguh pada pedoman agama islam.
2.Penulisan novel bapa bagus juga dibandingkan dengan yang lainnya karena setiap orang memiliki karakter masing" dan teruskan pa karya"nya
Dan sama inti dalam novelnya yang berceritakan spekulasi alam yang berjudul"alam menangis"
3.Kiamat 2012 ah itu musyik masa orang bisa mengetahui akan terjadinya kiamat karena kiamat tidak ada 1 orangpun yang tahu kecuali Allah.namun kita harus selalu siap akan adanya hari itu walau entah kapan itu akan terjadi..............

sekian dan mohon maaf sedikit

nama:yunita
kelas:xii ipa 3

Anonim mengatakan...

ass...
menurut saya musibah yang terjadi dimana-mana merupakan suatu ujian/cobaan,karena maanusia terlalu terlena dengan duniawi,contohnya terjadinya gempa bumi,tsunami,longsor,mencari kekayaan dengan berbagai cara,hilangnya suatu agama,dan melupakan keagungan allah,dan banyak maksiat dimana-
mana,sehingga manusia tersebut tidak pernah bisa menyadari apa yang sedang terjadi dengan berbagai macam cobaan.
dengan cobaan yang allah berikan itulah allah menguji seberapa besar iman dan ketabahan kita dalam menghadapi suatu masalah yang terjadi sekarang ini,maka dari itu kita sebagai manusia harus menyadari bahwa cobaan yang allah berikan itu suatu peringatan dan bertanda bahwa allah itu murkah,karena apakah manusia sadar akan semua itu...????
dan menurut saya tentang issu kiamat 2012 itu ..
jika memang kiamat itu terjadi semua itu kehendak allah,kita sebagai manusia hanya bisa menerima dan tidak ada satu orang pun yang bisa lari dari semua itu.kapan pun kiamat itu terjadi hanya allah yang tahu.masalah kiamat 2012,kita sebagai manusia yang beragama islam jangan terlalu percaya akan semua itu,karena dengan kita percaya semua itu kita sama saja termasuk orang musyrik yang mendahului kehendak allah.

From : Sielvi alvionitha
class : X ssn_1

Anonim mengatakan...

1.semua yg terjadi di dunia ini adalah kehendak Allah. tergantung bagaimana cara pandang kita sendari. semua berbaik pada diri kita sendiri, bagaimana kita berperilaku di dunia ini. semua yg terjadi bisa dikatakan sbg kebetulan, musibah, cobaan ataupun murka. tinggal kita introspeksi diri saja. apakah hal yg terjadi di Indonesia akhir2 ini musibah, cobaan atau murka.
2.saya bandingkn dg blog yg berjudul "musibah dlm pandangan islam" oleh Dewan Asatidz, isinya sama saja, labih cenderung ke musibah. namun lebih banyak pembahasannya.
3.kiamat 2012 bisa dikatakan hanya issu. tapi hal itu bisa menjadi teguran untuk kita agar berperilaku lebih baik lagi. karna kiamat bisa terjadi kapan saja. hanya Allah lah yg tahu.

nama : arie aminatus s.
kelas : XII IPA 3

Anonim mengatakan...

1.pada dasarnya seluruh isi bumi ini adalah miliknya tugas kita adalah memelihara dan menjaganya,jika tidak Allah akan murka,Allah akan melakukan sesuatu yang di kehendakinya.karena sesungguhnya yang demikian itu mudah baginya,musibah yang di berikan oleh Allah kepada hambanya boleh dikatakan sebagai ujian,cobaan,dan adzab karena untuk mendidik dan membangkitkan manusia dari kelalaian .separti yang telah kita ketahui tujuan Allah memberikan ujian dan cobaan adalah untuk menguji keimanan kita seberapa kuat iman kita.jika kita kuat AllaH akan meningkatkan derajat kita.
2setelah saya bandingkan antara blog bapak dengan blog yang saya baca"Rahasia musibah"oleh Dewan Asatidz tenyata pada dasarnya sama tetapi blog yang bapak tulis lebah terperinci dan mudah di mengerti.
3.mnurut saya isu tentang kiamat 2012 itu tidak benar,memang sebagai umat islam kita wajib mempercayai kalau kiamat itu pasti terjadi tapi itu hanya isu yang datang dari perkiraan manusua yang tidak bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya,karena sesungguhnya kebeneran itu datangnya dari Allah swt,dan yang mengetahui terjadinya kiamat hanya Dia lah yang tau


NAMA:WIWIN WINTARSIH
KELAS:XII IPA3

Anonim mengatakan...

nama: Lilis suryani
kls : Xll ipa 2


1. menurut pendapat saya musibah yang terjadi adalah ujian,cobaan,dan azab,yaitu tergantung apa yang sudah kita lakukan di dunia ini.
musibah datang tidak melihat dari segi manapun musibah yang datang di negara kita adalah teguran dari yang di atas,agar umat manusia mengintropeksi diri menjadi dan bertaqwa kepada Allah SWT.
kalau kita nerasa orang baik saleh dan tidak berbuat maksiat,maka musibah itu di sebut ujian dan cobaan untuk mengukur keimanan dalam diri kita masing2.bila kita beriman akan rela dengan sepenuh hati menerima musibah itu meskipun sampai nyawa kita melayang karena kematian.
lain halnya bila kita selalu berbuat maksiat bersifat egois,tamak,tak pernah bersyukur atas nikmat Allah dan tidak pernah menjalani perintahnya,mungkin musibah itu merupakan azab bagi orang2 musyrik.

2. jika saya bandingkan tulisan bapak dengan prof.quraish yang berjudul "Rahmat Atau Murka Tuhan" yang sebelumnya sudah saya baca keduanya sanngatlah bagus dan membuat kita lebih memahami tentang musibah yang terjadi.

3. saya percaya kiamat akan terjadi namun kapan akan terjadinya hari kiamat kita tidak pernah tahu tak ada seorangpun yang tahu dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya.tentang kiamat 2012 itu hanya pendapat orang2 yang tidak tahu pastu dari mana sumbernya.

Anonim mengatakan...

ass...
1. menurut sayA ini adalah suatu coba'an yang ALLAH SWT berikan kepadaa kita agar kita bisa bersabar dan lebih pandai bursyukur kepadanYA.
2.kiamat 2012???? saya cie ga percaya, soalnya itu kan kata peramal dan kita sebagai umat muslim ga boleh mempercayainya, khan itu musrik..
3. setelah saya baca dari situs(www.kiva.org) menurut saya sama-sama lengkap tapi tulisan bapak lebih terperinci karena tulisan bapak disertai dengan kata dr al-qur'an,.. demikian dari saya dan mohon ma'af yaw pa klo kata" saya ada yg menyinggung hti bapak.
wass...


SHINTA IASTIANa
XSSN1

Anonim mengatakan...

Assalam'mualaikum...........
-Dari tulisan diatas dan tanggapan saya mengenai musibah yang menimpa kita selama ini adalah sebuah cobaan,untk mengingatkan kita bahwa apapun yang ada didunia ini adalah titipan allah yang harus cijaga dan di pelihara.Sedangkan kita semua menyia-nyiakan titipa allah itu,sehingga allah murka terhadap kita dan memberikan cobaan dlm bentuk bencana-bencana alam yang terjadi di bumi kita salah satunya adalah tsunami.
-Karna saya tdk menemukan buku atau makalah yang bertemakan tentang musibah dari sumber lain ,sehingga saya tdak bisa membandingka tulisan Drs.Masduki Duryat dengan tulisan yang ditulis oleh orang lain.Tapi yang jelas apa yang di tulis oleh Drs.Masduki Duryat memberikan pengetahuan baru untuk saya,sehingga saya tau musibah dalam perspektif al-quran menurut Drs.Masduki Duryat itu seperti apa.
-Kapan terjadinya kiamat itu tidak ada yang tau,kecuali allah.Karna hanya dialah yang menghendaki kapan akan terjadinya kiamat.Maka dari itu apabila ada yang mengataka bahwa pada tahun 2012 akan terjadi kiamat itu hanyalah sebuah isu belaka,meskipun aku sendiri tidak tau kapan akan terjadinya kiamat dan seharusnya isu tersebut tidak harus disebarluaskan.Sehingga kita tidak harus takut atau merasa resah dengan berita tersebut.
Demikian yang bisa saya sampaikan,terimakasih..............wassalammualaikum

Anonim mengatakan...

1.Dari tulisan di atas saya menyimpulkan bahwa musibah yang menimpa kita selama ini adalah sebuah cobaan/ujian dari Allah,untuk mengingatkan kita bahwa apapun yang ada di dunia ini adalah titipan Allah yang harus di jaga dan di pelihara.Apabila titipan ini tidak di pelihara,Allah pun akan marah terhadap hambanya sehingga ALLah memberikan cobaan /ujian kepada kita dalam bentuk bencana alam
2.setelah saya baca blog bapak dan di bandingkan dengan yang lain yang berjudul "musibah" rahmat/murka Tuhan.pada hakikatnya sama.
3.Kiamat itu tidak ada yang tau kecuali Allah karena dialah yang menghendaki kapan akan terjadinya kiamat 2012.
Nama:Ruminih
Kelas:XIIA3

Anonim mengatakan...

bapak yang tadi ga ada namnya itu punya Rusyati kelas:X11 IPA 2.Maaf pa tadinya kelupaan kasih nama.

Anonim mengatakan...

1.Musiah pada dasarnya adalah sebuah peringatan dari Allah untuk umatnya yang telah melanggar larangan dari allah dan musibah yang kita alami menurut saya adalah suatu cobaan dari allah untuk umatnya apakah kita bisa sabar /mungkin malah sebaliknya .karena sesungguhnya di balik cobaan tersebut ada hikmah dan allah pun akan memberi yang terbaik untuk umatnya.Mustahil Allah akan a kan memberi cobaan yang melebihi kemampuan daripada umatnya harusnya dengan cobaan tersebut kita bisa menyadari apa saja yang mungkin kita lakukan yang melanggar larangannya.
2.Setelah saya baca blog bapak dan saya bandingkan dengan blog lain yang berjudul "musibah " rahmat/murka allah pada hakikatnya sama.
3.Tentang isu"2012"menurut saya hanya isu belaka yang bertujuan untuk menggoyahkan imman kita dan cenderung mengarah kepada kemusyrikan karena allahu'alam hanya allah yang mengetahui kapan hari akhir terjadi.kita hanya manusia biasa dan tugas kita hanya beribadah dan menjalankan perintah allah.Dan jika itu terjadi mau tidak mau harus siap menerima kehendak dan janji allah tersebut.
Nama:Dewi.f
Kelas:X11A3

BOLEVERS mengatakan...

Ass wr wb…
Menurut saya jika di bandingkan dengan buku yang saya baca yaitu buku MUSIBAH penerbit HIKMAH penulisnya Dr.k.hmifta faridli : Tiap detik pasti ada saja musibah dan masalah yang di terima oleh penduduk bumi.musiba dan masalah itu bias bersifat individual(skalnya kecil) maupun sifatnya masal (skalanya besar)
Setiap orang pasti pernah mengalami musibah contohnya: Kehilangan,Kematian,Sakit,Penggusuran,Kekurang financial,Kekalahan dan lain-lain.
Orang yang arif pasti menyikapi musibah dan masalah sebagai penempa kemanusiaanya dan pematang kedewasaannya. Musibah dan masalah justru mempercepat proses dirinya menjadi insan kamil (manusia sempurna), meskipun tetap saja no body is perfect, tidak ada manusia yang sempurna. Juga seperti dalam pepatah arab , manusia itu imahallul khatha’ wannisyan (tempatnya salah dan lupa).sebaliknya, orang yang tidak arif akan menganggap musibah dan masalah sebagai akhir hidupnya dan menjadi titik balik yang sama sekali tidak bermakna. Bunuh diri sering menjadi pilihan untuk mengakhiri musibah dan masalah. Padahal, andai saja ia mau menahan diri dengan terus mencari solusi atas masalah yang menimpanya, musibah dan masalah itu lama-kelamaan pasti berlalu. Bukankah setiap badai pasti berlalu?Bukankah banjir seberapa pun besarnya pasti akn surut juga?Bukankah macet separah apapun pasti akan legang juga?
Takan heran, bila Al-Qur’an menyebut musibah dan masalahsebagai ujian bagi kita.Siapa orang yang diantanra kita yang termasuk dalam kategori ayyukun ahsanu amalan (yang terbaikdalam menyikapi musibah dan masalah ) akan terlihat saat tertimpa musibah dan masalah.Kata orang, teman yang baik akan terlihat jelas di kala susah. Allah pun juga melihat hambanya yang baik pada saat dia sedang teruji, salah satunya dengan musibah dan masalah.
Musibah dan masalah tidak perlu di sesali atau dirutuki. Ia memang dikirimkan Allah untuk mengisi lembaran hidup kita.Jangan kita yang belum jelas posisi di sisi Allah, Para nabi,para rosul dan makhluk terpilih lainnya juga mendapati musibah dan masalah yang takalah pedihnya. Jadi, musibah dan masalah tidak pernah memandang siapa kita dan siapa status kita.
Kita patut menyimak pesan Nabi Muhammad SAW. Berikut: ”Segala musibah dan masalah yang menimpa orang yang beriman, mulai dari lelah, sakit, duka, kesulitan, disakiti, sedih, hingga duri yang diinjak olehnya, semua itu akan menjadi sarana Allah untuk melebur semua kesalahannya.” Allah pun fairdengan menberi kompensasi atas musibah dan masalah yang di berikan nYa yaitu berupapenghapusan semua kesalahan kita.

Musibah dan masalah merupan kekuasaan Allah yang memaksa hmbanya supaya segera kembali ke jalanNya, karena perinta-perintah tobat dan memohon ampun atas segala kesalahan yang disampaikan Allah melalui kitab suciNya dan para pembawa misiNya sering kali kita abaikan begitu saja. Kita sering kali secara tidak sadar merasa lebih dari Tuhan. Nah, ketika musibah dan masalah datang, Allah ingin menunjukan betapa besar kukuasaanNya.dan, kita pun tidak bias apa-apa, Apalagi,jika Dia mau untuk melenyapkan semua milik kita, hanya butuh waktu sekejap mata untuk membuat kita merasa terlalu kecil melawan kekuasanya.



Nama : Moh Imam S F
Kelas : X SSN II
No Abs : 18

Anonim mengatakan...

ass...
tolong dibaca ya pa...menurut saya musibah di'dunia ini kalau dihitung gak akan pernah bisa dihitung, musibah terjadi bisa karena ulah manusia sendiri yang tidak care dengan lingkungan nya,contoh nya manusia selalu buang sampah sembarangan sehingga bencana banjir selalu melanda apalagi dinegara kita indonesia tepatnya dijakarta yang setiap tahun didatangi bencana banjir,tapi bisa juga musibah didatangkan dari allah dan sesungguhnya allah memberikan musibah gempa di sumut itu karena allah masih sayang dengan makhluknya supaya makhluknya itu segera taubat kejalan yang benar/ jalan yang diridhoi oleh allah,dan itu juga sebagai ujian untuk para maklhuknya, allah sedang menguji makhluknya apakah dia trmasuk orang-orang yang sabar dalam menghadapi segala cobaan yang telah diberikan oleh allah,mungkin manusia yang diberi ujian dari allah yang berfikir secara negatif akan menganggap allah itu ga sayang sama kita tetapi kalau berfikir secara positif sebenarnya allah itu sayang sama kita karena allah sudah memberikan peringatan kepada kita supaya kita segera taubat, allah maha penyayang dan maha pengasih jadi allah itu memberikan musibah kepada makhluknya itu karena dia sayang banget sama makhluknya, allah itu maha esa jadi allah itu ga da dua'nya dan allah itu maha segalanya,dan manusia didunia ini semuanya akan kembali kepada allah jadi seharusnya kita terima semua apa yang telah allah berikan kepada kita. syukuri apa yang telah allah berikan kepada kita yang baik ataupun buruk karena sesungguhnya allah suka pada makhluk nya yang sabar dan ikhlas dalam menghadapi segala cobaan darinya.
sekian komentar dari saya kurang lebihnya saya minta maaf. terima kasih sudah membacanya.

MUNAWAROH
X SSN 2

Anonim mengatakan...

1.bencana merupakan ujian kesabaran dan kepercayaan kita terhadap allah dan azab sebagai hukuman atas perilakukita yang semakin melenceng dari koridor keomanan dan ketaqwaan ,sekaligus cobaan untuk mencapai keimanan dalam tingkat yang lebih tinggi
2.tulisan bapak lebih terperinci dan dilengkapi dengan ayat-ayat dengan masalah yang dibicarakan dibandingkan dengan tulisan dari PM>AL-JAHAR yang berjudul musibah dalam perspektif teologi islam
3.banyak sekali peramal yang memprediksikan bahwa akan terjadi bencana besar di tahun 2012,sehingga sebagian besar masyarakat percaya akan hal itu sampai-sampai filmnyapun sudah terbit,kita tidak usah terlalu percaya karena cuma tuhan yang tahu kapan hari kiamat itu datang

Nama: Winda A.s
kelas : XII IPA 3

Anonim mengatakan...

1). Menurut saya,musibah yang terjadi saat ini adalah atas ijin Allah SWT.Mungkin musibah yang terjadi pada bumi ini akibat ulah manusia itu sendiri,atau mungkin Allah memberikan musibah itu untuk menguhi keimanan kita kepadaNya.
2).Kiamat 2012 ? Ga percaya Tuch.. Itu cuma ramalan paranormal ( Dari kata Pra dan Normal,Pra=sebelum,Normal=Normal.Jadi,orang2 yang ngomong itu bukan orang normal..
3).Jika dibandingkan Blog Ismadi Zainal judulnya Musibah untuk kita renungkan dengan tulisan bapak yang berjudul Memahami Musibah dalam Perspektif Al-Quran.Menurut saya tulisan bapak lebih terperinci dan mudah dipahami..



Nama : Firman Rian Triyanto
Kelas : XII IPa 4

Anonim mengatakan...

1. Musibah yang menimpa kita adalah ujian bagi umat manusia, supaya manusia bisa bersabar dan tegar menghadapi segala musibah di dunia ini. tetapi ada juga yang adzab bagi manusia, karena tidak ada kepedulian terhadap di sekitarnya itu kenapa dibilang adzab.
2. Pendapat saya tentang rumors 2012 itu hanya tipuan belaka saja untuk mengunjang film kiamat 2012. kita semua tidak tahu kiamat akan datang. semua itu kehendak allah swt, dan kita sebagai umat muslim kembali kepada diri sendiri untuk berserah diri kepada allah swt dan banyak berbuat kebaikan.
3. Tulisan bapak dengan yang saya baca www.f@j@r.tk lebih terperinci tulisan bapak, saya lebih memahami tulisan bapak tentang kiamat 2012.

NURYANA
XII IPA 4

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr wb
1)menurut saya suatu musibah dikatakan sebagai azab, ujian ataukah cobaan tergantung pada sudut pandang kita terhadap hal tersebut. dalam hal ini saya berpendapat kalau musibah yang menimpa baru-baru ini merupakan suatu ujian bagi kita semua dikarenakan kita sudah melalaikan kewajiban kita sebagai khalifah di bumi. manusia sebagai khalifatullah diamanati oleh Allah SWT untuk melakukan usaha-usaha agar alam semesta beserta isinya tetap lestari. firman Allah SWT "telah tampak kerusakan didarat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka,agar mereka kembali (kejalan yang benar). katakanlah (Muhamad), "bepergianlah dibumi lalu lihtlah bagaimana kesudahan orang-orang terdahulu. kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)" (Q.S Ar Rum: 41-42)
dari kutipan ayat ditas terkandung makna bahwa Allah SWt menegaskan bahwa berbagai kerusakan yang terjadi adalah akibat ulah manusia. hal tersebut hendaknya disadari oleh kita semua dan menggantinya dengan berbuat baik dan melestarikan alam. perintah untuk mempelajari umat2 terdahulu karena berbagai bencana yang menimpa umat2 terdahulu adalah disebabkan kemusrikan mereka, mereka tidak mau menghambakan diri kepada Allah SWt, mereka justru menghambakan dirinya kepada selain Allah. ayat lain yang menegaskan bahwa musibah adalah suatu ujian adalah kutipan dari Q.S Sad:27 yang artinya "yang mencipatak mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia maha perkasa, maha pengampun".
dalam kutipan ayat ini dijelaskan bahwa penciptaan hidup dan mati dalam hal ini musibah termasuk didalamnya merupakan suatau ujian yang diberikan Allah SWT kepada umatnya semata-mata untuk menguji seberapa tebal iman kita terhadapNya.
2)pendapat saya tentang rumors kiamat akan terjadi 2012 merupakan hal yang wajar dikarenakan ketakutan manusia akan datangnya hari kiamat tetapi semuya kita kembalikan kepada Allah katena hanya Allah SWT yang mengetahui akan adanya hari tersebut firman Allah SWT "dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang tak ada keraguan dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang didalam kubur" (Q.S Al-Hajj:22)
dengan berpedoman pada ayat tersebut kita sebagai manusia hendaknya jangan menebak-nebak apa yang telah direncanakan Allah SWT karena jika Allah sudah berkehendak apapun akan terjadi, kita sebagai makhluknya hendaknya mempersiapkan diri akan hal2 yang akan terjadi dimasa yang akan datang dengan mempertebal iman kita.
3)tulisan tentang musibah yang bapak tulis tidak beda jauh dengan buku yang saya baca karya jabber Boullushi pada tahun 2006 yang berjudul Kedatangan Imam Mahdi pada oktober 2015, bedanya hanya pada buku tersebut di jelaskan tentang kejadian-kejadian yang sebelumnya.
NAMA: RENIYAH
KELAS:XII IPA 4

Anonim mengatakan...

ass..............
1.menurut saya itu merupakan ujian allah untuk menyadarkan
umat manusia di muka bumi ini
agar meraka menyadari kesalahan2
yang telah mereka lakukan
dan itu juga merupakan azab,
karena tingkah laku
yang mereka perbuat
dan allah ingin mengigatkan
pada mereka semua dengan cara ini
agar iman kita kuat
kita harus berserah diri saja
dan allah melakukun ini karena menyayangi kita
agar kita tidak tersesat .........

Anonim mengatakan...

komentar di atas punya
FERANSISDAYANTI FERNANDES......
XSSN2

Anonim mengatakan...

Assalamu'laikum wr wb ya....Ustadz
1.musibah yg slama ini menimpa kita menurut saya adalah sebuah cobaan/ujian yang di berikan Allah kpd umat manusia untuk menguji seberapa tebal iman mereka dan seberapa sabar mereka dalam menghadapi ujian tsb.Namun,di sisi lain musibah yg slama ini kita hadapi juga dapat di katakan sebagai azab.karna azab itu sendiri di berikan sebagai akibat dari perbuatan mereka sendiri. sehingga Allah murka kepada mereka dan menurunkan azab yg berupa musibah tsb.
2.tulisan bapa memang bagus.mudah di pahami dan di mengerti.Tetapi saya tdk tahu harus membandingkan dgn artikel siapa?
3.2012 ????????????
saya sama sekali tidak percaya,karna itu hanya ramalan yg tidak tentu kebenaran nya.karna kiamat itu hannnya Allah yg tau.

Nama:Sri Diana Wati
Kelas:XII IPA 3

Anonim mengatakan...

ass.........
1. menurut saya musibah yang terjadi pada dewasa ini terjadi akibat ulah tangan manusia yang jail akan lingkungannya dan tidak mau peduli akan daerah sekitarnya.oleh karena itu tidak heran apabila akhir-akhir
sering terjadi musibah dimana-mana ditambah pula dengan efek rumah kaca yang semakin meluas disudut-sudut dunia.
musibah yang terjadi sekarang ini dapat dikatakan sebagai paringatan dari tuhan,supaya manusia sadar akan akibat yang ditambulkan dari apa yang mereka perbuat,dan dapat dikatakan sebagai ujian,cobaan,atau azab tergantunng kepada siapa musibah itu menimpa.contohnya pabila musibah itu datang pada orang-orabg kafir,maka musibah itu dikatan azab kalau musibah itu menimpa pada kaum muslim,maka dikatakan sebagai ujian.
2. kiamat 2012???????????
kalau menurut saya kita sebagai umat muslim janganlah percaya akan hal itu,apabila kita percaya akan hal itu berarti iman kita sudah luntur atau tipis.
al-qur'an pun berkata hanya ditentukan harinya saja tetapi tidak ditentukan kapan kiamat itu terjadi.Bahkan nabi muhammad pun seorang yang dipercaya tidak dikasih tahu kappan kimat itu terjadi.Jadi kita sebagai umat muslim yang beriman jangan percaya akan kiamat 2012 tetapi jadikanlah sebagai penyemangat hidup agar lebih baik.
3. apabila saya bandingkan dengan tulisan lain tulisan bapak jauh lebih bagus karena lebih terperinci dan diperjelas dengan ayat-ayat al-qur'an jadi kita sebagai pembaca lebih jelas.
dan pada tulisan yang baca dalam halaman web www.pesantrenvirtual.com/php


komentar by MUSDZALIFAH x-ssn 1

Anonim mengatakan...

Assalamu'laikum wr wb
1.menurut saya,musibah yg slama ini menimpa kita slama ini merupakan ujian yg di oleh Allah kepada Umat manusia agar mereka bersabar dan lebih mendekat kan diri kepada-Nya. musibah ini juga di berikan untuk menguji iman mereka,seberapa tebal iman mereka.Namun musibah juga dapat di katakan sebagai azab atas perbuatan yg mereka kerjakan selama ini,agar mereka sadar atas apa yg mereka perbuat selama ini.karna setiap perbuatan pasti ada balasannya.
2.menurut saya tulisan bapak lebih mudah di mengerti dan di pahami dari pada buku lain yg saya baca. yg menceritakan tentang musibah pula.
3.Saya tidak percaya akan adanya kiamat 2012.Karna tidak seorang pun yg mengetahui kapan kimat itu terjadi.Hanya Allah yg tau kaqpan kiamat itu datang.

Nama:Dian Ratnasari
Kelas:XIIIPA 3

Anonim mengatakan...

Assalamu'laikum wr wb
1.menurut saya,musibah yg slama ini menimpa kita slama ini merupakan ujian yg di oleh Allah kepada Umat manusia agar mereka bersabar dan lebih mendekat kan diri kepada-Nya. musibah ini juga di berikan untuk menguji iman mereka,seberapa tebal iman mereka.Namun musibah juga dapat di katakan sebagai azab atas perbuatan yg mereka kerjakan selama ini,agar mereka sadar atas apa yg mereka perbuat selama ini.karna setiap perbuatan pasti ada balasannya.
2.menurut saya tulisan bapak lebih mudah di mengerti dan di pahami dari pada buku lain yg saya baca. yg menceritakan tentang musibah pula.
3.Saya tidak percaya akan adanya kiamat 2012.Karna tidak seorang pun yg mengetahui kapan kimat itu terjadi.Hanya Allah yg tau kaqpan kiamat itu datang.

Nama:Dian Ratnasari
Kelas:XIIIPA 3

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wr wb.
1.menurut saya,musibah yg menimpa kita selama ini adalah ujian dari Allah swt.Ujian itu bermaksut menguji kita sebagai umat manusia.Dengan datang nya ujian itu apakah kita dapat memperkuat iman kita ataupun sebaliknya kita lemah. akan Murka dan musibah dari Allah swt. Cobaan yg di berikan oleh allah swt tidak mungkin melebihi batas kemampuan manusia.
2.menurut saya tiulisan bapak lebih rinci dari pada tulisan yg perneh saya baca.
3.Isu kiamat 2012 Percaya,tidak percaya karna hari kiamat yg tau hanya Allah swt,seluluh umat manusia tidak akan tau.Hari Kiamat pasti terjadi dan harus kita yakini.dan kita sebagai umatnya harus tau bagaimana menyikapinya.

Nama:Silvia Aanastasya
Kelas: XII IPA 3

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum paak..
wallahu a'lam..smw itu hnya Allah yg tau,tetapi kita tidak bisa memperkirakan bahwa musibah yang menimpa kita semua adalah suatu ujian,cobaan,ataukah azab dari Allah. Mungkin apabila kita tidak melakukan kesalahan yang menyimpang dari ajaran agama islam,kemudian kita mendapatkan musibah,bisa kita definisikan musibah tersebut merupakan ujian ataupun cobaan dari Allah yang pada akhirnya jg musibah itu akan membawa dampak positif pada diri kita sendiri..namun apabila kita telah melakukan kesalahan yg kemudian kita mendapatkan musibah,boleh jadi kita katakan sebagai azab dr Allah,yg maksudnya untuk mengingatkan kita agar selalu ingat denganNya..maka dari itu musibah yg menimpa kita merupakan teguran Tuhan agar kita tidak melakukan perbuatan yg dilarang oleh Tuhan..
mengenai rumor 2012...Allah menegaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Hajj ayat 7..."bahwa tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya kiamat kecuali Allah SWT..."
Mengenai kiamat yg jatuh pada tahun 2012,itu hanya merupakan hasil penelitian para ilmuwan yang tidak dapat kita percaya..kita ambil sisi positifnya saja..karena dengan adanya issu tersebut kita sebagai manusia berlomba-lomba dalam kebaikan dan semakin mendekatkan diri dengan Allah..
Saya juga telah membaca tulisan lain tentang musibah yg berjudul.."Hikmah Musibah dan Bencana ygditulis oleh febri dan say bacadi jilbab.or.id..."
Menurut saya disitu hanya dibahas menykapi musibahnya saja...sedangkan tulisan bapak mencakup semuanya..terdapat ayat-ayat,sebab musabab dan cara memandang musibah tersebut...
terima kasih paak..! Wassalam..

Nama : Dedy Murdiono
Kelas : XII IPA 3

putri wahyu lestari mengatakan...

teyus bertafakur demi ketinggian pendidikan

Anonim mengatakan...

as
1.musibah itu terjadi karena ulah manusia sendiri,dan sudah di jelaskan dalam al-quran,Qs ar-rum ayat 41-42.yang artinya:"telah tampak kerusakan di darat dan di laut di sebabkan oleh tangan manusia,supaya,allah merasakan kepada mereka sebagian dari perbuatan mereka agar mereka kembali ke jalan yang benar.terus,menurut saya,musibah yang selama ini menimpa kita semua itu adalah suatu ujian,cobaan,bahkan azab bagi kita..karena sebagai mahluk allah SWT kita senantiasa di beri ujian oleh allah swt supaya kita bisa meningkatkan iman kita dan lebih mendekatkan diri kita kepada allah swt,dengan adanya cobaan atau ujian ini,berarti kita lg di uji iman dan ketakwaan seberapa dekatkah kita kepadanya..

2.kiamat 2012...?itu hanyalah sebuah isu atau ramalan,yang belum tentu kebenarannya ...kiamat itu hanya allah swt yang tau,,tak seorangpun yang dapat mengetahuinya,tapi dengan adanya isu seperti itu,ada manfaatnya bagi kita,kita lebih mendekatkan diri kepada allah swt..

3.maalah yang bapak buat dengan makalah yang saya baca dari republika online,menurut saya makalah bapa lebih lengkap dan terperinci...
makasihh...wassalam

NAMA: DARYUNI
KELAS:XII IPA 2

Anonim mengatakan...

1.bagi saya musibah bisa di bilang ujian,cobaan dan azab.tapi kita lihat dulu dari segi mana kita memahami musibah itu sendiri, karna dalam alquran juga di jelaskan bahwa allah menimpakan azab pada umatnya yang ingkar dan cobaan bagi umatnya yang taat,dalam arti lain kita bisa tau ukuran musibah itu azab apa cobaan tinggal kita melihat diri kita sendiri,allah telah memperingatkan umatnya sebelum ada musibah tapi kita umatnya kadang mengabaikan peringatan itu. kita hanya bisa terima semua azab,cobaan atau ujian dari allah dengan iklas, karna di balik itu pasti ada maksud lain dari allah.
2.hari kiamat hanya allah yang tau bahkan nabi orang yang di anggap istimewa oleh allah juga belum tau kaoan terjadi kiamat apa lagi kita yang manusia biasa, soal kiamat 2012 itu hanya sebuah perkiraan semata tanpa adanya bukti,mungkin iya 2012 akan ada kiamat tapi cuma kiamat sugro bukan kubro karna di dalam film 2012 juga bukan kiamat kubro melainkan kiamat sugro. kiamat hanyalah arti dari akhir dunia ini.
3.tulisan bapa kurang begitu mencankup keseluruhan dari arti musibah dan belum menambahkan faktor-faktor luar dari musibah ini saya bandingkan dengan buku "lewati musibah raih kebahagiaan" karangan "Dr. K.H. miftah faridl"
makasih pa telah menulis blog ini saya jadi lebih memehami arti dari musibah, semoga dengan adanya tugas ini kita lebih bertakwa kepada allah
Nama : ferly setyawan
Kls : XII ipa 2

Anonim mengatakan...

1.bagi saya musibah bisa di bilang ujian,cobaan dan azab.tapi kita lihat dulu dari segi mana kita memahami musibah itu sendiri, karna dalam alquran juga di jelaskan bahwa allah menimpakan azab pada umatnya yang ingkar dan cobaan bagi umatnya yang taat,dalam arti lain kita bisa tau ukuran musibah itu azab apa cobaan tinggal kita melihat diri kita sendiri,allah telah memperingatkan umatnya sebelum ada musibah tapi kita umatnya kadang mengabaikan peringatan itu. kita hanya bisa terima semua azab,cobaan atau ujian dari allah dengan iklas, karna di balik itu pasti ada maksud lain dari allah.
2.hari kiamat hanya allah yang tau bahkan nabi orang yang di anggap istimewa oleh allah juga belum tau kaoan terjadi kiamat apa lagi kita yang manusia biasa, soal kiamat 2012 itu hanya sebuah perkiraan semata tanpa adanya bukti,mungkin iya 2012 akan ada kiamat tapi cuma kiamat sugro bukan kubro karna di dalam film 2012 juga bukan kiamat kubro melainkan kiamat sugro. kiamat hanyalah arti dari akhir dunia ini.
3.tulisan bapa kurang begitu mencankup keseluruhan dari arti musibah dan belum menambahkan faktor-faktor luar dari musibah ini saya bandingkan dengan buku "lewati musibah raih kebahagiaan" karangan "Dr. K.H. miftah faridl"
makasih pa telah menulis blog ini saya jadi lebih memehami arti dari musibah, semoga dengan adanya tugas ini kita lebih bertakwa kepada allah.

Nama : ferly setyawan
Kls : XII ipa 2

Anonim mengatakan...

ass....
1.menurut saya cobaab dan ujian karena cobaan tidak terlepas dari ujian.Sebab akibat dari perbuatan manusia itu sendiri allah bisa murka apa yang manusia perbuat terutama melakukan:kerusakan,kejahatan,berjinah yang ada di mana_mana dan sebagainya
Oleh karena itu manusia selalu di berikan cobaan ataupun ujian yang sangat pedih supya manusia sadar bahwasanya yang mereka perbuat itu tidak wajar dan tidak di inginkan oleh allh
2.perbandingan tulisan bapak dengan memahami musibah prediksi yang ada di al_Quran memanglebih bagusan di al_Quran tapi lebih jelasan tulisan bapak
3.kiamat 2012??????? ya percaya sih percaya tapi jangan terlalu mempercayai adanya kiamat itu akan terjadi di tahun 2012 bahwasanya allah yang tahu kapan kiamat itu akan terjadi.Sering terjadi musibah saat ini,itu semua karna perbuatan manusia sendiri dan itu juga seperti jawaban saya yang nomor satu. terimakasih

wass...
Nama:Nur alfiyah
Kelas:xssn 1
Sekolah:smsn 1 kandanghaur.

derynurfian.blogspot.com mengatakan...

Assalamualaikum WR.WB



1.Musibah sebagai ujian
Musibah ini adalah tanda kecintaan Allah SWT pada seseorang hamba. Semakin tinggi derajat keimanan dan kekuatan agama seseorang justru ujian (musibah) yang menimpanya akan semakin berat. Perhatikan sabda Nabi SAW berikut ini : Dari Mush'ab bin Sa'd dari ayahnya. Ayahnya berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah SAW," Manusia manakah yang paling berat ujiannya?" Rasulullah SAW menjawab," Para Nabi, kemudian disusul yang derajatnya seperti mereka, lalu yang di bawahnya lagi. Seseorang diuji sesuai keadaan agamanya. Jika agamanya itu kokoh maka diperberatlah ujiannya. Jika agamanya itu lemah maka ujiannya pun disesuaikan dengan agamanya. Senantiasa ujian menimpa seorang hamba hingga ia berjalan di muka bumi tanpa dosa sedikit pun." (HR. al-Ahmad, al-Tirmidzi dan Ibn Majah,berkata al-Tirmidzi: hadits hasan shahih)
Sedangkan bala atau cobaan maupun ujian juga telah disebutkan didalam Al Qur’an seperti tertulis dalam firman Allah SWT : “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS. Al Anbiya [21] : 35)
Cobaan atau ujian yang menimpa setiap orang dan ini bisa berupa keburukan atau kebaikan, kesenangan atau kesengsaraan, sebagaimana disebutkan pula didalam firman-Nya yang lain yaitu :
“ Dan Kami bagi-bagi mereka di dunia ini menjadi beberapa golongan; di antaranya ada orang-orang yang saleh dan di antaranya ada yang tidak demikian. Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran) (QS. Al A’raf [7] : 168).
Sekarang coba tanyakan dengan jujur pada diri sendiri, bagaimana keimanan kita terhadap Allah SWT ? Apabila kita termasuk orang yang lalai, maka jawaban atas musibah yang menimpa, adalah sebagai azab dan peringatan atas kelalaian kita, agar kita sadar dari kelalain kita selama ini. Dan segeralah bertobat.
Dan kalau kita bukan hamba-Nya yang lalai, maka segala ujian yang terjadi menimpa kita, adalah sebagai suatu ujian, dimana dengan ujian itu, Allah telah menyiapkan tingkat keimanan yang lebih tinggi untuk kita. Seperti menjadikan kita hamba pilihan-Nya yang sabar. Dan pahala orang yang sabar sungguh tanpa batas. Seperti tertulis dalam firman-Nya : “…..Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas (Az Zumar [39] : 10) Dengan kesabaran, akan bisa meraih ridha Allah, dan ridha Allah adalah segalanya.


2. menurut saya blog bapak mempunyai kelemahan yaitu tidak bisa menampilkan bahasa arab, sedangkan blog Fariq Anuz, “Ketika Musibah Menimpa” mempunyai bahasa arab.
Tapi blog bapak keren kok….hehehe
Trz, kenapa bapak tidak menjelaskan cara menghadapi musibah yang menimpa kita……

3. sebagai orang islam memang seharusnya mempercayai adanya hari kiamat. Namun, untuk kepastian terjadinya merupakan kuasa dari yang maha kuasa.
Menurut saya orang di dunia terlalu terbawa isu, dan dengan adanya film 2012 seluruh dunia merasa kiamat itu akan tepat yaitu tahun 2012.
Menurut saya “kapan pun waktunya, kiamat pasti akan terjadi di dunia ini”.

Anonim mengatakan...

1)Menurut saya,bencana di negeri kita adalah kehendak Allah,semata hanya untuk menguji ketaatan kita semua kepada-Nya. Munkin bencana yang terus - menerus melanda kita berawal dari kita semua yang jauh akan ketaatan kepada-Nya. Maka dari itu ,dengan adanya cobaan dari Allah kita semua harus membenahi diri dan lebih mendekatkan diri kepada Allah.

2) 2012???????? Saya sama sekali tidak percaya!! karena tidak ada satu makhluk pun didunia ini yang mengetahui dan menggambarkan tentang kiamat, bahkan malaikatpun tidak tahu kiamat itu seperti apa dan kapan terjadi. Kita ambil hikmahnya saja dari isu yang menyebutkan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012, dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3) The mail archive " Ketika Musibah Menimpa ", Oleh Abu Ishak.

Menurut saya tidak jauh beda dengan tulisan bapa karena sama - sama membahas tentang musibah dalam al-Quran namun tulisan bapa lebih jelas dan mudan dipahami.

Anonim mengatakan...

pa, jawaban diatas punya GALIH Nurpermadi Kelas XII ipa 4

Anonim mengatakan...

1. menurut saya, musibah yang menimpa kita adalah ujian ataukah azab dari tuhan itu tergantung di ukur dari keimanan kita dan cara pandang kita sendiri, sebab:
Musibah atau bencana yang menimpa orang yang beriman yang tidak lalai dari keimanannya, sifatnya adalah ujian dan cobaan. Allah ingin melihat bukti keimanan dan kesabaran kita. Jika kita bisa menyikapi dengan benar, dan mengembalikan semuanya kepada Allah, maka Allah akan memberikan pertolongan dan rahmat sesudah musibah atau bencana tersebut.

Sebaliknya bagi orang-orang yang bergelimang dosa dan kemaksiatan, bencana atau musibah yang menimpa, itu adalah siksa atau azab dari Allah atas dosa-dosa mereka. Apabila ada orang yang hidupnya bergelimang kejahatan dan kemaksiatan, tetapi lolos dari bencana/musibah, maka Allah sedang menyiapkan bencana yang lebih dahsyat untuknya, atau bisa jadi ini merupakan siksa atau azab yang ditangguhkan, yang kelak di akhirat-lah balasan atas segala dosa dan kejahatan serta maksiat yang dilakukannya.
2.saya telah melihat tulisan bapa dan tulisan yang di Tulis di Blog Dewi yana (http://jalandakwahbersama.wordpress.com).
menurut saya tulisan bapa dan tulisan Dewi sama-sama membahas musibah dengan terperinci, akan tetapi mungkin tulisan bapa lebih mendalami arti musibah tersebut.
3. saya sama sekali tidak percaya hari kiamat itu terjadi pada tahun 2012, karena kita tidak tau kapan terjadinya kiamat tersebut dan hanya Allah yang tau.. akan tetapi ada sisi positifnya dari film tsb, ya setidaknya ada bayangan lah bagaimana hari kiamat nanti.. jadi kita bisa sesegera mungkin kembali kejalan yang benar.

Nama : YOULA AYUKRESNA BP
Kelas : XII IPA 1

Anonim mengatakan...

ass.....


1. musibah yang menimpa Indonesia merupakan ujian dan cobaan karena allah ingin mengetahui seberapa besar umat-Nya bersabar dalam menghadapi ujian dan cobaan yang di berikan ALLAH dengan tidak terduga itu. Kita sebagai manusia harus mengambil hikmah dibalik musiba yang di berikan oleh ALLAH. dan menurut saya yang menipa Indonesia juga merupakan azab bagi manusia yang tidak bertanggung jawab atas perbuatannya,azab itu semata-mata hanya ingin menyadarkan umat-NYA agar lebih mendekatkan diri kepada ALLAH dengan cara beriman dan bertaqwa kepada-NYA.
2. Saya tidak [ercaya dengan adanya berita tentang kiamat 2012 yang sering dibicarakan dari mulut kemulut lainnya karena bagi saya yang mengetahui terjadinya kiamat hanyalah ALLAH semata. Nabi Muhammad kekasih ALLAH saja hanya mengetahui ciri-cirinya saja,Beliau tidak berani mengucapkan tahun... dan bulan... akan terjadi kiamat,yang penting kita sebagai umat-NYA jita harus lebih mendekatkan diri kepada ALLAH,supaya kita sebagai umat-NYA siap menghadapi kelak terjadinya kiamat.
3. menurut perbandingan artikel bapak dengan artikel yang dibuat oleh Ali Fatkhan. artikel bapak lah yang lebih jelas tentang menerangkan masalah musibah.


Nama: Siti nurhayanah
Kelas: XII IPA4

Anonim mengatakan...

Nama : Reza maulana
kelas :XII Ipa 3

1.Bencana yang melanda kita adalah semata-mata Allah ingin maenguji kita seberapa besar iman kita kepada Allah,menurut teologis bahwa tidak ada suatu bencana yang menimpa umat manusia kecuali karena ada kezaliman yang tumbuh subur di sekitar kita.sehingga Allah menurunkan azab untuk menyadarkan kita.bencana alam,gempa bumi,maupun bencana lainya boleh jadi untuk mendidik manusia dan membangkitkan manusia dari kelalaian,akibat dari kelalaian itu azab Allah tidak hanya kepada mereka yang berbuat zalim,tetapi orang baik yang disekitanya merasakan dahsyatnya musibah tersebut.contohnya padang pariaman dan berbagai daerah gempa umumnya penduduk yang mayoritas muslim.

2.kalau membandingkan tulisan bapak dengan yang sya baca pada artikel pada artikel yang saya baca yangn berjudul bencana persepektif teologis,artikel bapak jauh lebih baik karena pada tulisan bapak mencantumkan ayat-ayat alquran yang mendukung tulisan tersebut dan disertai dengan adanya pendapat ilmuan.

3.kalau bicara tentang kiamat,kiamat itu pasti terjadi, ntah kapan terjadinya bisa sekarang,besok,atau lusa.
tetapi kalau kiamat terjadi pada tahun 2012 WAALLAHUA'LAM (hanya Allah yang tau)kapan terjadinya kiamat itu terjadi.

Anonim mengatakan...

Nama :Nurul Samrotul Kh
Kelas:XII IPA 1

1.musibah atau bencana yang menimpa kita adalah suatu teguran atau peringatan dari Allah kepada kita semua yang diakibatkan oleh perbuatan tangan manusia serta perilaku manusia yang lalai kepada perintah Allah.Karena Allah tidak akan menurunkan azabnya berupa bencana Alam terhadap sebuah negeri yang penduduknya tidak menyalahi kontrak hidupnya dengan Allah SWT.
2.jika membandingkan tulisan bapak dengan tulisan pendapat orang lain yang saya baca dari artikel yang berjudul bencana dalam Perspektif teologis.karena tulisan bapak jauh lebih lengkap dari pada artikel yang saya baca tadi.
3.kiamat memang nyata tetapi hanya Allah yang mengetahui kapan kiamat terjadi.tapi tentang isu kimat 2012 hanya fiktif belaka dan belum tentu akan terjadi pada tahun itu,

Anonim mengatakan...

Nama : Nuridah
kelas: XII IPA 2

1.Bencana alam yang melanda kita semata-mata Allah ingin menguji keimanan kita terhadap-NYA,menurut rumusan teologis bahwa tidak ada suatu bencanapun yang menimpa umat manusia kecuali ada kezaliman yang tumbuh disekitarnya,dalam kaitan itu dipahami bencana hanya turun sebagai akibat dari perlakuan manusia yang sudah menyimpang dari kebenaran, Allah menegaskan dalam alqur'an bahwa tidak ada sebuah bencana dan musibah yang terjadi diluar kodratnya.
selain itu Allah juga menegaskan bahwa bencana dan musibah merupakan peringatan akibat dari orang-orang yang berdosa kerena itu bencana dan musibah pada dasarnya adalah respon Tuhan terhadap perilaku manusia yang lalai pada perintah-Nya.
2.jika kita bandingkan artikel bapa dengan artikel yang berjudul bencana terhadap persepektif teologis artikel bapa lebih lugas,dan terperinci dibandingkan dengan tulisan yang sudah saya baca diatas,
3.kiamat pasti akan terjadi tetapi kedatangan kiamat tersebut tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya.cuma hanya Allah yang tahu dan maha mengetahui,tetapi sekarang banyak isue yang beredar bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012.kalau memang akan terjadinya kiamat kenapa harus menunggu tahun 2012 kenapa tidak sekarang, besok,atau lusa.bisa saja Allah menurunkan kiamat sekarang juga,semua itu rahasia Allah.

keong mengatakan...

1.musibah yang terjadi saat ini tumenurut saya adalah sebuah ujian,cobaan,dan azab.Karena peristiwa-peristiwa yang terjadi saat ini adalah sebuah cobaan dan ujian bagi umat manusia untuk menjadi manusia yang lebih baik dan lebih bertakwa kepada Allah SWT.
2.Sebagai orang Islam saya percaya kalau hari akhir itu akan datang & hanya Allah yg tahu kapan hari itu akan datang.Oleh karena itu saya tidak percaya dengan rumors bahwa Kiamat itu akan terjadi pada tahun 2012 karena itu hanya ramalan paranormal yg ingin mencari sensasi.
3.kita sebagai seorang muslim harus yakin dan percaya bahwa kiamat itu akan tiba.masalah kapan tibanya,hanya allah lah yang tahu.
tapi kita patut mempersiapkan diri memperbanyak amal,menjalankan perintahNya,menjauhi laranganNya,
untuk bekal kehidupan kedua di akherat nanti.



Agustiawan adi prastyo
XII ipa 3

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
1.manurut saya,musibah yang terjadi merupakan UJIAN dari ALLAH swt kepada umat manusia.agar mereka sadar akan perbuatan yang mereka perbuat.mana yang baik dan mana yang buruk.....
2.menurur saya tulisan bapak lebih lengkap dan mudah di mengerti oleh pembacanya......
3.kaimat 2012 hahahaaaaaaaaaaa saya belum nikah ney???masa udah mau kiamat adza...dan manurut saya iyu hanya sekedar gosip belaka{gosip=di gosok makin ssiip}
saya percaya kiamat itu datang,tapi kita tidak pernah tahu kapan waktunya,,,,
masa sih malaikat aja tidak tahu kapan kiamat akan datang,terus kita sebagai makhluk biasa bisa tahu.
hebat banget tuw manusia....

wassalam

WAHYUNI T O
X SSN 1

Anonim mengatakan...

Astri Kharismawati
XII IPA 3

1. Musibah adalah sebuah ujian, cobaan, atau azab itu semua tergantung kepada siapa yang menerima musibah tersebut. Musibah dapat menjadi sebuah ujian dan cobaan jika yang menerimanya adalah orang-orang yang ingkar kepada allah sebagai suatu balasan atas semua perbuatan dosa yang telah dilakukan.

2. Berdasarkan artikel yang saya baca, yang berjudul "Musibah Dalam Perspektif Teologi Islam" bahwa musibah bukan hanya berupa fisik, tetapi juga berupa mental dan keimanan. Seperti penghargaan dan kenaikan jabatan. Itu semua merupakan suatu musibah bagi yang menerimanya.

3. Menanggapi isu kiamat tahun 2012, yang sekarang sedang gencar-gencarnya beredar saya tidak mempercayainya. Karena dalam Al-Qur'an telah diterangkan bahwa kiamat pasti terjadi. Manusia bisa memperkirakan. Tapi Allah Maha Berkehendak. Jadi, kapanpun kiamat bisa terjadi.

Anonim mengatakan...

1. musibah adalah ujian yang diberikan tuhan kepada makhluknya yang bernama manusia untuk senantiasa bersyukur atas nikmatnya karena sesungguhnya hidup itu adalah anugrah, itu bagi orang-orang yang beriman dan bersabar.... makanya pak ada lagu neh,miliknya d'masiv... lagunya kaya gini " tak ada manusia yang terlahir sempurna... harus ku pahami hidup adalah anugrah.... jangan menyerah...jangan menyerah " artinya kita harus bersikap positif terhadap apa yang terjadi di dunia. karena, semua itu adalah akibat dari tangan-tangan manusia.
2. yups.... memang benar pak... tuhan tidak pernah menciptakan seuatu itu tanpa ada manfa'atnya... tapi kita juga tidak menafikan bahwa kita sebagai manusia banyak sekali kekurangan sehingga kita tidka bisa melihat manfa'atnya dari ciptaan tuhan.
3.Apa pendapat bapak tentang takdir dan nasib. saya pernah membaca dalam sebuah buku bahwa sesuatu yang terjadi didunia ini adalah takdir tuhan yang mana takdir itu sesuatu yang tidak dapat kita rubah. seperti musibah itu sudah tercatat dalam laufulmahfud. sedangkan nasib sesuatu yang perlu kita rubah... nah jika semua sudah tercatat kenapa kita harus merubah yang sudah tercatat....? tolong jelasin ya pak....

Anonim mengatakan...

1. musibah adalah ujian yang diberikan tuhan kepada makhluknya yang bernama manusia untuk senantiasa bersyukur atas nikmatnya karena sesungguhnya hidup itu adalah anugrah, itu bagi orang-orang yang beriman dan bersabar.... makanya pak ada lagu neh,miliknya d'masiv... lagunya kaya gini " tak ada manusia yang terlahir sempurna... harus ku pahami hidup adalah anugrah.... jangan menyerah...jangan menyerah " artinya kita harus bersikap positif terhadap apa yang terjadi di dunia. karena, semua itu adalah akibat dari tangan-tangan manusia.
2. yups.... memang benar pak... tuhan tidak pernah menciptakan seuatu itu tanpa ada manfa'atnya... tapi kita juga tidak menafikan bahwa kita sebagai manusia banyak sekali kekurangan sehingga kita tidka bisa melihat manfa'atnya dari ciptaan tuhan.
3.Apa pendapat bapak tentang takdir dan nasib. saya pernah membaca dalam sebuah buku bahwa sesuatu yang terjadi didunia ini adalah takdir tuhan yang mana takdir itu sesuatu yang tidak dapat kita rubah. seperti musibah itu sudah tercatat dalam laufulmahfud. sedangkan nasib sesuatu yang perlu kita rubah... nah jika semua sudah tercatat kenapa kita harus merubah yang sudah tercatat....? tolong jelasin ya pak....

lenih
kelas : X SSn 2

Anonim mengatakan...

mikum pak...............
1. menurut saya ,, bencana yang melanda negara kita selama ini adalah cobaan yang allah berikan kepada kita ,,itu dilakukan Allah untuk menguji kesabaran kita, serta seberapa tebal keimanan kita selama tinggal di dunia,,,,namun, bencana yang selama ini menimpa kita juga dapat di katakan sebagai azab, karena musibah itu terjadi tak lain karna perbuatan manusia itu sendiri....Dan bila dilihat dari sisi kita yang beriman maka kita menganggap semua bencana yang di beri Allah merupakan suatu ujian karna Allah sayang pada kita....Intinya semua bencana itu memberikan hikmah tersendiri, bagi kita yang menyadarinya...sehingga kita harus lebih berhati-hati lagi dalam setiap prilaku kita selama ini...
2. tulisan yang ada dalam blog bapa lebihlengkap,coz lebih terperinci dibandingkan dari tulisan yang saya baca yg berjudul Menyikapi Musibah Dan Takdir Buruk (Mengantisipasi Terbukanya Pintu Portal Nomor 91/2 dengan at-Taubah and al-Ikhlas)@moon blog, ....namun sama-sama mengingatkan kita tentang musibah yang ada dalam al-quran..
3. saya setuju dengan adanya kiamat, namun menurut saya kiamat 2012 itu hanya sekedar isu, karna kiamat itu terjadi nanti ketika tak terdengar lagi suara azan,dan ketika manusia melakukan kerusakan yang sebesar-besarnya,,,lagipula hanya Allah yang mengetahui kapan kiamat itu akan datang..isu kiamat 2012 ,adalah perantara yang mendorong manusia untuk menyadari atau bertoubat pada nya..

makasieh ea pa dengan bapa menuliskan hal ini kita dapat memahami musibah yang ada,,,

sankyu pak...

nama: agustin awandari
kls : XII ipa 2



wss.....

Anonim mengatakan...

1.menurut saya musibah yang selama ini selalu menimpa kita,merupakan sebuah ujian dan cobaan dari allah supaya kita selalu mengingatnya dan menguji betapa besar keimanan kita padanya.
tapi mungkin juga musibah ini adalah sebuah azab untuk orang2 yang telah melalaikan perintahnya...
2.kita sebagai umat muslim memang harus mempercayai adanya kiamat/hari akhir..tapi entah kapan hari itu datang,karna semuanya rahasia ilahi.
Dan tentang isu hari kiamat di tahun 2012,menurut saya itu hanyalah sebuah ramalan semata.
karna tak ada seorangpun yang tau pasti kapan kiamat terjadi.
tapi dengan adanya isu seperti itu membawa dampak negatif dan positif juga bagi kita..dampak negatifnya,dapat meresahkan masyarakat yang mudah percaya dengan hal2 seperti itu.
dan dampak positifnya,agar kita lebih bertakwa kpd tuhan yang maha esa.
3.Menurut saya tulisan bapa,karna tulisan bapa lebih terperinci dan mudah dipahami bila dibandingkan dengan tulisan yang lain...

Anonim mengatakan...

1.menurut saya musibah yg selama ini menimpa kita merupakan sebuah ujian dan cobaan dari allah spaya kita selalu mengingatnya,dan menguji betapa besar keimanan kita padanya.
dan mungkin juga musibah ini adalah sebuah azab untuk orang2 yang telah melalaikan perintahnya.
2.Kita sebagai umat muslim memang harus mempercayai adanya kiamat/hari akhir..tapi entah kpn hari itu datang ,karna ssemuanya rahasia ilahi.
dan tentang isu hari kiamat di tahun 2012,menurut saya itu hanyalah ramalan semata.
karna tak ada seorangpun yg tau pasti kapan kiamat terjadi.
tapi dengan adanya isu eperti itu membawa dampak negatif dan positifnya juga bagi kita...dampak negatifnya,dapat neresahkan masyarakat yang mudah percaya dengan hal2 seperti itu.
dan positifnya,agar kita lebih bertakwa kpd tuhan yang maha esa.
3.menurut saya tulisan bapa,karna tulisan bapa lebih terperinci dan mudah dipahami dibandingkan dengan tulisan yang lain.

SISKA.A
X11 IPA 1

Anonim mengatakan...

1.Menurut saya musibah yang terjadi belakangan ini, bisa di kategorikan kedalam tiga hal tersebut (cobaan/ujian,teguran,dan azab),itu semua tergantung siapa yang menerimanya. musibah bisa dikatakan sebagai cobaan/ujian apabila orang tersebut ialah orang yang sebenarnya sedang diuji keimanannya oleh Allah SWT. musibah juga bisa dikatakan teguran apabila orang tersebut lalai dalam menjalankan kewajiban yang seharusnya dikerjakan,dan hampir menuju kedzaliman, sedangkan musibah bisa dikatakan sebagai azab apabila orang tersebut telah melakukan sesuatu yang tak seharusnya di lakukan.
jadi menurut saya musibah itu terjadi tergantung pada kitanya sendiri.
2.perbandingan antara makalah Bapak dan dari sumber yang saya baca yaitu karangan dari Fariq bin Gasim Anuz yang berjudul Hikmah di balik musibah,menurut saya perbedaaya cuma pada perinciannya saja,makalah Bapak lebih mudah di pahami dan terperinci,sedangkan menurut Fariq hanya garis besarnya saja.
3."kiamat 2012...??"
emang sih sebagai umat muslim kita harus percaya ama yang namanya kiamat,tapi klo kiamat menurut prediksi manusia sih perlu diragukan,karena sebagai mana yang kita ketahui kiamat kapan datang hanya Allah SWT. lah yang tahu,Nabi SAW. saja tidak tahu kapan kiamat itu datang..apa lagi kita yang cuma umat biasa.


Ade Riwanti Rahman
XII IPA 1

Anonim mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr wb
1musabah yang menimpa kita,saya tdk tahu pasti apakah itu cobaan,ujian atau azab, yang pasti apa pun itu kita harusterus mempergaiki sikap,masalh ujian cobaan atau azab tergantung kita memandangnya,harusnya dgn itu kita semakin tunduk dan taat pada allh.karena musibah itu bukan selalu azab bisa jadi itu adalah kenaikan derajat,pangkat atau sejenisnya sepeti pra nabi.
2 tilisan bapakdangan sumber lain sama2 memiliki kelebihan dan kelemahan masang2,blog bapak bagus ,rinci sangat berguna unuk menambah wawasan tentang kiamat.blog bapak dan sumber lain yang saya baca intinyamah sama.
3 manurut saya 2012itu bukan kiamat karena dalam isu itu sedikit yang hidup, sedangkan kiamat itu sudah di pastikan tdk ada yang hidu satupun dan kiamat itu anya allahyg tau, tetapi 2012 itujika ada asteroid yg akan menabrak bumi mungkin kehancuran bumi mirip dengan kiamat, tetapi kita tidk boleh mempercayi 100% bhwa 2012 itu kiamat.

AYU WINDARI XII IPA 1

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr wb
1musabah yang menimpa kita,saya tdk tahu pasti apakah itu cobaan,ujian atau azab, yang pasti apa pun itu kita harusterus mempergaiki sikap,masalh ujian cobaan atau azab tergantung kita memandangnya,harusnya dgn itu kita semakin tunduk dan taat pada allh.karena musibah itu bukan selalu azab bisa jadi itu adalah kenaikan derajat,pangkat atau sejenisnya sepeti pra nabi.
2 tilisan bapakdangan sumber lain sama2 memiliki kelebihan dan kelemahan masang2,blog bapak bagus ,rinci sangat berguna unuk menambah wawasan tentang kiamat.blog bapak dan sumber lain yang saya baca intinyamah sama.
3 manurut saya 2012itu bukan kiamat karena dalam isu itu sedikit yang hidup, sedangkan kiamat itu sudah di pastikan tdk ada yang hidu satupun dan kiamat itu anya allahyg tau, tetapi 2012 itujika ada asteroid yg akan menabrak bumi mungkin kehancuran bumi mirip dengan kiamat, tetapi kita tidk boleh mempercayi 100% bhwa 2012 itu kiamat.

AYU WINDARI XII IPA 1

Anonim mengatakan...

Ass..
1. menurut saya musibh yg terjadi tidak menutup kmungkuinan tiga2nya..yaitu azab,cobaan ataupun ujian,,itu tergantung bagaimana kita memandangnya.tapi menurut saya musibh ini lebih kepada bersifat ujian,kita sebagai umat muslim harus prcaya bahwa akan ada hikmah dibali smua ini. ini akan menjadi bahan renungan untuk kita.Dengan musibah yg tejadi apakah akan menjadikan diri kita lebih beriman kpda NYA/justru membuat kita larut/putus asa.
dalam peristiwa ni banyak pelajaran yg dpt kita petik.Ujian dari tuhan bkan semta-mata trjadi tanpa sebab&akibat,akan tetapi hal tersebut lebih kpda pesan dan tujuan agar kita bisa bercermin apa yg telah kiya perbuat selama inikpd kita.atau apakah kara ulah tangan kita yg gemar merusak alam demi rupiah.jadikan ujian ini sbgai tingkatan hidup yg harus kita jalani,untk menuju tingkat berikutnya.
2. Percaya pada hari kiamat itu rukun iman yg ke5,akan tetapi bukan berarti kita percaya kalaukiamat terjadi di thun 2012,kapan datangnya hari kiamat hanya Allah yg tahu,& itu bisa terjadi kapanpun.Rumours kiamat 2012 itu sih hanya pekiraan pihak2 tertentu saja yg bsa jd salah,katanya sih ada planet X yg tiba2 muncul di orbit bumi yg akan menghantam bumi.jika memang iya terjadi,,bukan nerarti dunia berahir khaaann?kalau Allah tidak menghendaki.seprti yg dtampilkan d video,bahawa kita hidup di zaman g mendekati kiamat,bisa jadi.karena tanda2 munculnya imam mahdi yg dsubut al-Quran mulai muncul.kapanpun kiamat itu trjadi yg penting kita tetap beriman kpda Allah
3.berdasarkan dri beberapa tulisan yg saya baca d web tentang musibah..tidak sedikit y mengacu pada ayat suciAl-Quran /hadist..
salah satuyg saya baca.hikmah terjadinya musibah tsunami 2005.tenyata musibah tdak hanya berdampak buruk.tapi d bali semua itu ada nilai tersendiri..kurang lebih mksud tulisan itu sama dengan apa yg bapak tulis.
wass..
DEDE FARIDAH
XII IPA 4

Anonim mengatakan...

ass....
Menurutsaya itu adalah sebuah ujian dan teguran allah terhadap umat-nya,mungkin allah ingin menguji seberapa besar ketabahan dan ke imanan umat-nya dalam menghadapi cobaan yg diberikanya,dan allah juga ingin menegur umat yg telah lalai kepada-nya.
tapi semua yang allah berikan terhadap kita wajib kita syukuri walaupun pemberian itu berupa bencana.

2.kalau di bandingkan tulisan bapa dg tulisan yg saya baca di blog windeed.com tulisan bp lebih jelas dan menarik untk di baca.

3.nah kalau tentang 20012 seh cuman ramalan manusia aja,yang mengetahui kan cuma allah.
y kita sbg umat yg beragama c jangan smpe percaya lah ama yg kya gituan,kiamat kan udah pasti makin dekat bukan makin jauh...
ne smua kan rahasia allah'nabi muhammad z g tau..tapi kta ambil hikmah nya z..tingkatkan ibadah kta,biar klau kiamat dtang kta udah siap...




intan nuri
x ssn 2

Anonim mengatakan...

ass..........

1. menurit saya dikatakan cobaan atau ujian bila kita melihat dari sudut pandang kita. Allah memberikan ujian agar kita lebih beriman dan bertaqwa kepada-NYA. Dan dia memberikan ujian kepada kita, tidak melebihi batas kemampuan umatnya.

2. Menurut saya tentang issu kiamat 2012, itu hanya akal-akalan para peramal saja untuk eksisdi dunia entertaiment, dan hanya ingin mencari sensasi saja dari masyarakat kalangan awam. Memang saat ini gencar-gencarnya musibah yang dialami indonesia sangatlah bertubi-tubi tapi itu mungkin hanyalah cobaan atau ujian supaya kita lebih mendekatkan diri pada-NYA dan kiamat dijelaskan dalam QS:al a`raf:187-188:

187. mereka menyakan kepadamu tentng kimat: "bilakah terjadinya? " katakanlah : "sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku;tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kimat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk ) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-banar mengetahuinya. Katakanlah: sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu ada di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya.
188. Katakanlah "Aku tidak berkuasa menarik kemanfa`atan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib Tentulah aku membuat kebijakan yang sebanyak-banyaknya dan aku tidak ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman."

DAN JUGA DIJELASKAN TANDA-TANDA HARI KIAMAT DALAM QS. AL QIYYAMAH.

3. Menurut saya tentang blog bapak dengan blog Alex lebih lengkap makalah bapak, karena apa? makalah bapak lebih mendetail mengulas topik tersebut.

Wasss........
NAMA: Tiara Sari
KELAS: X SSN 1

Anonim mengatakan...

ass..........

1. menurit saya dikatakan cobaan atau ujian bila kita melihat dari sudut pandang kita. Allah memberikan ujian agar kita lebih beriman dan bertaqwa kepada-NYA. Dan dia memberikan ujian kepada kita, tidak melebihi batas kemampuan umatnya.

2. Menurut saya tentang issu kiamat 2012, itu hanya akal-akalan para peramal saja untuk eksisdi dunia entertaiment, dan hanya ingin mencari sensasi saja dari masyarakat kalangan awam. Memang saat ini gencar-gencarnya musibah yang dialami indonesia sangatlah bertubi-tubi tapi itu mungkin hanyalah cobaan atau ujian supaya kita lebih mendekatkan diri pada-NYA dan kiamat dijelaskan dalam QS:al a`raf:187-188:

187. mereka menyakan kepadamu tentng kimat: "bilakah terjadinya? " katakanlah : "sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku;tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kimat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk ) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-banar mengetahuinya. Katakanlah: sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu ada di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya.
188. Katakanlah "Aku tidak berkuasa menarik kemanfa`atan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib Tentulah aku membuat kebijakan yang sebanyak-banyaknya dan aku tidak ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman."

DAN JUGA DIJELASKAN TANDA-TANDA HARI KIAMAT DALAM QS. AL QIYYAMAH.

3. Menurut saya tentang blog bapak dengan blog Alex lebih lengkap makalah bapak, karena apa? makalah bapak lebih mendetail mengulas topik tersebut.

Wasss........
NAMA: Tiara Sari
KELAS: X SSN 1

Anonim mengatakan...

assalamuaalaikum....
menurut saya pak musibah itu adalah sebuah coba'an buat kita. musibah tidak akan berhenti. musibah akan datang silih berganti. contohnya seperti bencana alam, kecelaka'an, derita kesakitan tubuh, dll. musibah terjadi karena akibat kesalahan kita sendiri. seperti contohnya, adanya musibah banjir karena manusia menebang banyak pohon se'enaknya. tsunami terjadi karena pencairan kutub, air laut akan naik semakiun naik, dan bisa terjadinya tsunami. kecelaka'an, karena seseorang kelalaian mengemudi. contohnya banyak sekali, dan intinya musibah terjadi akibat kesalahan kita sendiri.
Tuhan memberikan musibah, itu berarti tuhan mengingatkan kita supaya jangan berbuat hal yang negatif. seperti yang pernah bapak katakan. tuhan memberi musibah contohnya seseorang yang sakit.. tuhan ingin agar manusia mengetahui nikmatnya sehat, dan harus ada yang menakutkan agar di ketahui nilai keberanian, harus ada petaka agar di rasakan makna kesabaran. tuhan sedang menguji kita.seberapa sabarnya kita di beri ujian olehNYA. jadi kita harus mengambil positifnya dr berbagai musibah itu. tuhan sedang menguji kita. dengan datangnya musibah, kita lebih meningkatkan ibadah kita terhadap TUHAN YME.
Dan kita sadar memandang, bahwa di depan tuhan kita semua sama. tidak ada yang miskin, dan tidak ada yang kaya, dst.
kita juga harus mensyukuri nikmat yang di berikan TUHAN.
Terima kasih pak...
komentar dari dian lestari. kelas X SSN 2. SMANKA.

Anonim mengatakan...

Ass.........
1.Menurut saya ujian,cobaan,ataupun azab sama saja tapi dalam bentuk musibah,maksudnya ujian yg kita hadapi semata-mata tuhan ingin menguji keimanan kita sebagai umatnya,begitupun cobaan merupakan musibah yg di berikan tuhan agar kita slalu beriman kpd-Nya dan azab adalah suatu musibah yg di berikan bagi umatnya yg melakukan perbuatan melampaui batas,sehingga tuhan murka dan mengazab mereka,azab juga bisa diartikan kutukan.
2.Tulisan yg bpk buat menurut saya lebih rinci dgn diberinya tambahan penjelasan dari ayat-ayat suci Al-Quran.
3.MEnurut saya pa,issu itu belum tentu benar karena pembuktiannya masih meragukan,jika memang benar rotasi bumi akan berbalik arah dan banyak lempengan bumi yg bergeser ,kenapa ga sekarang saja semua itu terjadi?kenapa juga tuhan membiarkan manusia mengetahui dan menganalisis bahwa kiamat akan terjadi di tahun 2012?tapi pak bukan berarti saya mengharapkan kiamat itu segera datang,itukan menurut saya,
pendapat saya pak,sesungguhnya kapan akan terjadinya kiamat itu hanya tuhan yg tahu ,tak ada seorangpun yg mengetahui,bahkan rasulpun tidak mengetahui kapan kiamat itu terjadi.bisa jadi itu hanyalah sebuah peringatan dari tuhan,jika memang ada kebenarannya.

KESIMPULAN
-ujian akan datang bagi semua makhluk tuhan begitupun dengan cobaan dan azab
-kiamat itu akan terjadi jika saatnya tiba dan kiamat itu akan datang,sesungguhnya hanya tuhan yg mengetahuinya
-jangan mudah terpengaruh dengan suatu hal yg belum tentu terjadi
-jadilah manusia yg slalu optimis

Anonim mengatakan...

Asskum.....!!!
1.Menurut saya, musibah yang terjadi di negara kita ialah tergantung dari kita masing-masing dalam memaknainya. cobaan dan ujian adalah sunatullah yang Allah berlakukan terhadap hamba-hamba-Nya dimuka bumi ataupun sarana untuk mengungkap keimanan seseorang; apakah ia bener-bener beriman atau tidak?
seperti yang diterangkan dalam HR.Turmudzi dan Ibnu majah: Dari Anas bin Malik bahwa Rasullallah SAW bersabda: "Besarnya suatu pahala adalah tergantung dari besarnya ujian dari Allah. Dan sesungguhnya Allah SWT. apabila mencintai suatu kaum, Allah menguji mereka. Jika (dengan ujian tersebut) mereka ridho, maka Allah pun memberikan keridhoannya. Dan siapa yang marah (tidak ridho), maka Allah pun marah terhadapnya... Ketika bencana datang dan menimbulkan kerugian yang besar:
-seperti gempa dan tsunami di Aceh, banjir yang melumpuhkan Jakarta sering muncul pertanyaan: Musibah ini apakah merupakan ujian, cobaan, ataukah azab?.. Sebenarnya kita telah punya jawabannya dari ayat-ayat Al-qur'an. Ketika Allah membinasakan suatu kaum, disatu sisi hal tersebut adalah azab yang Allah timpakan kepada mereka lantaran kekufuran mereka kepada Allah SWT. Namun, disisi lain itu merupakan ujian bagi kaum yang beriman, supaya mereka lebih dapat meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT.


2.Bila dibandingkan tulisan yang bapak buat "Memahami musibah dalam perspektif Al-Quran" dengan tulisan yang saya baca di blog Arief Maulana.com yang berjudul "Dibalik semua Musibah Di Negeri kita" memang jelas sekali perbedaanya. Tulisan yang Bapak buat lebih terperinci bahkan telah dilengkapi dengan Ayat-ayat yang ada dalam Al-Quran yang ada kaitannya dengan tulisan yang Bapak buat. sedangkan tulisan Arief Maulana.com yang ditulis hanya sekedar pengetahuan umumnya saja.


3.Issu mengenai Kiamat 2012 ternyata menarik perhatian banyak orang hingga ada sebuah film dengan judul 2012 yang telah kita tonton , kita bisa melihat kedasyatan sebuah hari kiamat yang menurut ramalan akan terjadi pada tahun 2012. Hingga kini memang belum ada
penjelasan ilmiah yang bisa memuaskan banyak orang akan adanya kiamat pada tahun 2012 nanti. Namun, kita sebagai umat muslim jangan terlalu percaya terhadap issu tersebut. Karena terjadinya hari kiamat ialah rahasia allah dan hanyalah Allah yang tau . Rahasia Allah tak mungkin akan bocor.
Demikian uraian saya mengenai pertanyaan Bapak. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf...



Nama : Ratni

Kelas: XII IPA 1


Wasskum............!!!!

Anonim mengatakan...

AsS.

1.Menurut saya,Musibah di katakan sebagai ujian,azab atau cobaan??itu bagaimana kita menilainya, Musibah juga bisa di katakan sebagai Teguran untuk kita' contohnya banjir,banjir bisa terjadi karena ulah manusia sendiri yang selalu melakukan hal yang kita inginkan,contohnya membuang sampah sembarangan. Lain halnya dengan `gempa bumi dan gunung meletus itu terjadi karena kehendak Allah SWT. agar kita selalu sabar dengan apa yang terjadi di sekeliling kita.

2.Kiamat 2012??
itu kan hanya sebuah ramalan,kita tidak perlu khawatir dengan hal itu' Tapi kita harus percaya bahwa kiamat itu pasti akan terjadi tetapi kita tidak tahu kapan kiamat itu akan terjadi,hanya Allah SWT. yang tahu dan yang mrnentukan. Yang terpenting untuk kita jangan berfikir "Kapan kiamat akan terjadi" tapi berfikirlah "Siapkah kita menghadapi hari akhir".

3.Perbandingan tulisan Bapak dengan tulisan HIZBUT TAHRIR ada kemiripan bahwa Musibah itu bisa terjadi karena ujian atau cobaan.

WsS.



NaMa : ShAhNaz AdELLiA
keLas : XII IPA 4

Anonim mengatakan...

ass_
1.memurut saya tergantung rang yang menyikapi nya saja,
bisa azab,ujian ataupun musibah,,sekarangkan banyak orang2 yang berbuat maksiat,musyrik

allah sedang menguji kita semua sebesar apa kita sabar dan berserah diri pada allah,kalau ujian yang allah berikan kepada kita adakah ujian dari allah,spaya kita tidak lupa pada nya

2.menurut artikel yang saya baca, tidak sesuai dengan kenyataan yang ada,
kiamat ataupun semacam nya cuman allah yang tau,lkita cuman memprediksinya saja
terjadi atau tidak nya itu urusan allah

3.kimat 201.........
sama sekali saya tidak percaya,
cuman allah yang tau kapan kiamat datang,kita sebagai makhluk allah yang baik cuman terima kapanpun kiamat datang ....




nama:iswanti aryani
kelas:XII IPA 2

Anonim mengatakan...

ass.........
1.menurut saya segala sesuatu bentuk musibah yang kita sekarang ini adalah bisa juga ujian,cobaab,atau azab.karena setiap musibah memiliki hikmah tersendiri di balik semua itu contohnya orang yang sedang di uji keiamanya berupa bentuk kemiskinan orang yang jatuh miskin.jika keimananya rendah atau kurang dan jauh dari allah swt,bisa saja orang tersebut nekad mencuri,merampok dan sebagainya, demi harta dan kedunaiwian semata,dan orang seperti itu sedang di uji berupa keimanya terhadap allah swt.
ketika kita mendapat musibah berupa kecelakaan dan akhirnya kita jatuh sakit,dan itupun berupa cobaab dari allah swt supaya kita lebih kuat dan tabah apabila kita mendapatkan musibah dalam bentuk cobaan lain.
sedangkan azab itu bisa berupa kutukan atau allah murka terhadap hambanya atas segala sesuatu yang pernah di lakukan di masa lalu jadi,kesimpulannya menurut saya musibah yang sekarang menimpah kita itu tergantung kehendak allah swt dan akibat perbuatan kita terkadang kita tidak tau musibah yang terjadi pada kita berupa ujian,cobaan,ataupun azab.
kita tinggal menyikapi,bagaimana kita menghadapi segala musibah tersebut ,apakah kita akan semakin mendekat kepadanya atau sebaliknya
2.tulisan bapak yang di buat itu lebih lengkap di bandingkan blog_blog lain karena tulisan bapak lebih jelas dan lengkap
3.menurut saya isi_isu yang tersebarluas tentang "hari kiamat akan terjadi di tahun 2012"tersebut adalah tidak benar. karena,kita tidak tau,hari kiamat itu datangnya kapan dan hannya allah yang tahu tentang kejadian tersebut.Terimakasih

was...

komentar
Nama:Lia ameliana
Kelas:xssn 1
Sekolah:sman 1 kandanghaur.

Anonim mengatakan...

ass.....
1.menurut pendapat saya,tentang musibah yang terjadi di indonesia,merupakan ujian atau cobaan,bagi kita sebagai makhluk tuhan,agar kita selalu ingat kepada-Nya.mungkin juga tuhan menguji keimanan kita,seberapa besar iman dan ketabahan kita menghadapi ujian atau cobaan itu atau merupakan peringatan bagi kita.
2.kalau di bandingkan dengan tulisan lain,menurut saya hanya tulisan bapak yang lebih jelas dan detil.
3.tentang issu yang berkembang saat ini"BAHWA KIAMAT AKAN TERJADI TAHUN 2012"Menurut saya itu hanyalah sebuah gossip atau issu yang tidak bermutu,yang membuat issu kiamat akan terjadi tahun 2012,orang yang hanya ingin mencari sensasi dan ingin medapatkan perhatian dari orang banyak.malaikat yang selalu memuji-Nya,menyembah-Nya,bertasbih dan menyucikan nama-Nya tidak diberi tahu kapan kiamat akan datang,bahkan Rasulullah yang kekasih ALLAH pun tidak di beri tahu,apalagi kita yang hanya manusia biasa mana mungkin memprediksikan bahwa kiamat akan terjadi tahun 2012.Mustahil kiamat itu kan terjadi tahun sekian bulan sekian dan hari sekian,hanya orang-orang bodoh yang percaya dengan issu tersebut.Intinya kita sebagai manusia yang beradab jangan mudah terpengaruh dengan gossip yang ada.


By:
NINU AFNAN
KLS:X_sSn1

pak komentar yang gak di kasih nama itu punya,....
RIFKA ARZIKNI NURKHOLIK
KLS:X_ssn1

Anonim mengatakan...

ass...
1. menurut saya peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang ini bisa dikatakan azab atau bisa juga ujian.
musibah pada mulanya berarti "sesuatu yang menimpah atau mengenai, sebenarnya sesutu yang menimpah itu tidak selalu buruk".
adanya musibah karena ulah perbuatan yang dilakukan manusia. sekarang ini banyak orang yang lengah dan lupa kepada Allah. memang rutinitas sering menjadikan kita lupa pada Allah, karena itu kita perlu di ingatkan. ada orang-orang yang tidak menyadari adanya Allah karena melihat segala sesuatu berjalan harmonis. Allah ingin mengingatkan orang-orang tersebut, bahwa jangan duga Allah telah lepas tangan. di ingatkannya manusia melalui bencana. kalau dulu sekian banyak orang yang lupa Allah, sekarang dia mengingatkannya kita melalui rahmatnya.
Allah berfirman "Dan tidaklah mereka memperhatikan bahwa mereka di uji sekali atau dua kali setiap tahun, mereka tidak (juga) bertaubat dan tidak mengambil pengajaran" (QS At-taubah (9);126).
jadi, di balik musibah itu ada hikmahnya, Allah memberi musibah pada manusia bertujuan agar mereka kembali ke jalan yang benar yaitu dengan memperbanyak beribadah,tawakal dan berikhtiar, serta menaati perintahnya dan menjauhi larangannya.
2. setelah saya baca dan bandingkan dengan tulisan lain di (www.Alif magazige.com) menurut saya kedua tulisan tersebut sama-sama bagus terperinci dan mudah dipahami disertai contoh-contoh peristiwanya tapi tulisan bapak banyak argumen ayat Al-Qur'an dan haditsnya.
3. kiamat 2012???
menurut saya tentang kiamat 2012 itu hanya issu karena sumber berita tersebut dari peramal suku maya yang tidak diketahui kebanarannya. walaupun dlam rukun Iman kita harus mempercaya adanya hari kiamat, tapi sebaiknya kita tidak harus percaya kalau kiamat itu diramalkan pada 2012. sesunguhnya hari kiamat tidak dapat ditentukan oleh manusia, karena hanya Allah yang maha mengetahui kapan hari kiamat itu datang?
(QS thata ayat:15)"sesungguhnya hari kiamat itu akan datang, aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan".
bahwasannya meraka yang meramalkan adanya kiamat 2012 dalam sisi negatif mereka ingin merusak keimanan umat manusia. tapi kita bisa mengambil sisi positifnya yaitu denga memperdekat diri kepada Allah, memperbanyak ibadah dan beramal.
wass...

Iin Minati
X SSN-I

Anonim mengatakan...

mikummmm . . ..

1)menurut saya musibah adalah.suatu cobaan atau ujian yg telah d berikan oleh allah untuk menguji hambanya agar mau kembali ke jln yg benar.karna setiap cobaan pasti ada hikmahnya.
2) menurut saya isu adanya kiamat 2012 hanya isu semata,kita sebagai makhluk yang beriman dan bertakwa harus meyakini bahwa adanya hari akhir itu pasti akan ada . . .
yah kita harus percaya dan yakin sama kehendak allah swt.
3) saya sudah membaca artikel bapa dan membedakan dengan artikel dari deni rahman bahwa segala yang menimpa pada sesuatu baik berupa kesenangan maupun kesusahan.


Nama : isviozella f
kelas : x11 ipa 4

Anonim mengatakan...

ass...
1.menurut saya,yang terjadi saat ini merupakan bentuk perhatian ALLAH terhadap umatnya.apapun bentuk perhatian itu kita harus yakin dan percaya bahwa itu adalah yang terbaik buat kita,karena tidak semua musibah berakibat buruk,ada pula musibah yang berakibat baik.contohnya adalah gunung meletus.
adapula azab itu merupakan bentuk peringatan ALLAH kepada makhluk-Nya, azab diberikan pada orang yang kerap kali melakukan larangan ALLAH.
2.saya pernah membacabeberapa artikel tentang musibah dari beberapa artikel itu banyak kata yang tidak saya pahami,tapi setelah saya melihat tulisan bapak saya rasa,tulisan bapak lebih mudah dipahami.
3.issu kiamat 2012 jadi sebuah tanda tanya bagi kita tentang sebuah isi kebenarannya.mungkin benar di tahuun 2012 es di kutub utara akan meleleh dan lempeng-lempeng akan bertabrakan itu tidak menjamin bahwa kiamat akan terjadi tahun itu.ALLAH lah yang maha mengetahui kebenarannya


KESIMPULAN
+ Jadikanlah ujian itu sebagai cermin introspeksi pada diri kita dan optimislah pada setiap kejadian yang kita alami.

Nama:RUNI AGUSTIN
Kelas:X_ssN1.

Wa'alaikum salam.......

Anonim mengatakan...

ass......
1. menurut saya peristiwa yang terjadi sekarang-sekarang ini bisa di bilang cobaan,ujian, atau ajab. karena peristiwa yang terjadi disebabkan oleh kita sendiri contohnya saja musibah di situ gintung,dilarang bikin rumah di dekat sungai situ gintung tapi tetap aja masih banyak orang yang tinggal di dekat sungai situ gintung. dan yang menanggung'nya kita sendiri kalau sudah begitu kita harus bilang apa lagi.
2. di banding kan dengan situs yang saya baca (musibah.com) tulisan bapa lebih jelas dan detail.karena tulisan bapa ada ayat al quran nya.
3. kiamat 2012?????ah.....ini kan cuma ramalan suku maya aja.
masalah percaya/tidak nya mah tergantung kepercayaan kita aja.
emang sih dunia ini tuh pasti akan kiamat tapi kita ga tau kapan hari kiamat terjadi.haya allah lah yang tau.makasih pa!!!!.........
wasalam................
liyah
X SSN 1

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
1)menurut saya musibah yang terjadi pada akhir-akhir ini merupakan suatu cobaan karena pada dasarnya Allah mengingatkan kita sebagai khalifah dibumi agar tidak lalai dalam menjaga alam semesta bukan malah merusaknya yang sering terjadi pada akhir-akhir ini,seharusnya kita sebagai khalifah bisa mengmbil hikmah dari semua itu bukan malah berprasangka buruk pada Allah dengan mengatakan kalau Allah tidak sayang pada kita.justru dengan banyaknya musibah yang terjadai pada kita sebagai tanda kalau Allah sayang pada kita dan membuat kita agar selalu ingat pda Allah.namun musibah2 yang terjadi pada kita bisa juga dikatakan ujian karena banyaknya nyawa saudara2 kita yang melayang akibat dari musibah tersebut.
2)mungkin itu cuma sekedar ramalan orang2, namun kita sebagai muslim hendaknya tidak percaya pada hal2 tersebut karena kiamat bisa datang kapan saja,dimana saja sesuai dengan kehendak Allah.kita hanya mempersiapkan diri untuk menghadapi kiamat tersebut karena datangnya kiamat cuma Allah yang tahu. kalaupun pada tahun 2012 terjadi mungkin hanya sekedar kiamat kecil karena manusia hanya bisa memperediksi semua itu tanpa tahu pasti dengan pengetahuan yang berkembang saat ini.tapi dengan beredarnya rumor tentang kiamat 2012 bisa menjadikan kita supaya kembali ke jalan Allah dan lebih mendekatkan diri pada Allah.
3)menurut saya tulisan bapak dengan tulisan Buya Masoed Abidin di blog grups.google.co.id tidak beda jauh namun tulisan bapak lebih mudah dimengerti di tambah juga dilengkapi dengan ayat2 al-quran menjadaikan tulisan bapak lebih meyakinkan.
wassalam....
NAMA : NINDRI LARASSARI
KELAS:XII IPA 2

Anonim mengatakan...

menurut saya segala sesuatunya tentang musibah itu tidak ada yang tahu kecuali allah, di dalam ayat alqur'an di jelaskan bahwa musibah, bencana, dan kiamat hanya allah yang tahu. contohnya saja di indonesia, di akhir- akhir ini banyak di setiap kota di indonesia terjadi bencana, seperti tsunami di aceh, gempa di tasik, itu semua adalah takdir allah dan tidak ada seorang pun yang tahu.

untuk isu kiamat pada tahun 2012, menurut saya itu hanya semacam isu biasa yang di buat- buat oleh orang non muslim dan tidak tahu tujuan dan maksudnya apa.
kalau kita percaya allah dan alqur'an,kiamat itu hanya allah yang menentukan dan sebelum kiamat juga ada tanda- tandanya.
yang terpenting kita selalu berdo'a dan menjalankan perintahnya dan juga menjahui larangannya insyaallah hidup kita akan lebih baik.

kalau membandingkan tulisan bpk dengan orang lain, tulisan bpk lebih lengkap dan jelas, karena di situ di tuliskan ayat- ayat alqur'an sehingga lebih menguatkan pembacanya.
tapi kalau dengan karangan syeikh husain bin audah al- awayisyah yang bejudul "musibah terbesar umat islam" kurang jelas dan terperinci.


NAMA : RENDI ADE S.
KELAS : XII IPA 3

Anonim mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM
1 musibah yg kita almi sekarang ini menurut saya cobaan
mengapa cobaan?
karena di balik cobaan pzti ada hikmah'a
kaya sekarang ini di negara kita serink bgt terjadi musibah itu semua se bagai pengingat qta untuk selalu ingat kepadan Allah Mungkin kita sudah jauh dr Allah SWT sehingga Allah mengingtakan
sebagiab musibah bisa membawakan manfaat yg bermanfaat separti longsor itu khn bisa menjadi tanah menjadi subur lagi
jangan berfikir kakau musibah itu sebagai murka Allah karena musibah nto sndri yg mengingtkan kita untuk selalu beriman kepada Allah

2 menurut saya yg d tlz bapak sudah lengkap tetapi saya mau nambahin kalau musibah itu bentuk'a bukan dalam bencana aja tetapi kenikmatan juga termasuk musibah
karena kita jgn terlalu bangga dgn harta benda.kesenangan kita karena itu cmua hanya titipan dari Allah dan nanti'a akan kembali semua kepada Allah SWT dan kita punya beban untk menjaga harta qta itu

3 kalau isu tentang kiamat tahun 2012 nto cmua'a sensasi doang karena kiamat nto ga da yg tau kpn akn terjadi
mka'a kalau qta tkt akan ky gto kita harus mempergunakan hidup dengan beribadah kepada Allah SWT Karena kita hidup di dunia ini cuma satu kali

ni pa yg bsa gna sampein
wasalamualaikum

Gina maulidah
X-SSN 1

Anonim mengatakan...

musibah,ready or no ready tapi haruz ready...?!
hehe,,
hdup tnpa musibah bgaikn sayur tnpa garam.Allah SWT mmberikn musibah bagi umatnya agar hdup mrk jdi bih brwarna...,


Happy.Indra.Wijaya
XII IPA 2

Anonim mengatakan...

1. yang telah terjadi slama ini dan yang menimpa bangsa Indonesia adalah sebuah bencana, karena apa, karena manusia telah berbuat sewenag2 terhadap alam ini......, sehingga Allah menjadi murka.., Allah memberikan sebuah bencana ke pada kita, ketika Allah sudah murka apa saja bisa di lakukan termasuk untuk melenyapkan bumi ini besrta dengan isinya......
2. mengenai tulisan bapa, saya juga pernah membaca sebuah artikel yang berisi menyikapi musibah dan bencana dengan ALquran.., yaitu di majalah AL kisah edisi november
3. 2012.... itu adalah sebuah tahun yang sanggat di takuti oleh sebagian umat manusia karena di kabarkan pada tahun itU akan terjadi KIAMAT.......
padahal Allah SWT telah berkata bahwa tak ada satu orang yang mengetahui kapn kiamat akan terjadi?????? nabi,rasul juga tidak tau dan tidak diberitau kapan kiamat akan terjadi.., gosip atau rumor yang slama ini sedang beredar bahwa tahun 2012 akan terjadi kiamat itu berawal dari perkataan suku maya yang dalam kalendernya mengatakan bumi lenyap eart game over..., bahkan semenjak rumor hingga ada film yang menceritakan tahun 2012, NASA dalam menyikapi permasalahan ini mengatakan bahwa tahun 2012 tidak akan terjadi kiamat melainkan akan terjadi bencana yang sangat besar,dimana matahari akan mengeluakan panas yang sangat oanas dengan di ikuti lapisan ozon yang di miliki oleh bumi telah bolong.. sehingga memgakibatkan lapisan es yang ada di kutub utara mencair dan volume air laut menjadi semakin bertambah...
kiamat adalah rukun iman yang ke 5 kita sebagai umat muslim wajib mengimani dan meyakininya.., tahun 2012 BOHONG GOSIP AKAN TERJADI KIAMAT..........
"pertanyaan saya sudah siapkah kita mempersiapkan untuk menghadapi kematian yang sewaktu2 akan datang menghampiri kita??????"

NURKHOLIDIN
X-SSN 1

Anonim mengatakan...

asalamualaikum......
pa maaf tadi yang ada di atas tidak ada salamnya
.he.e.ee...., maaf ya pak....

asalamualaikum


nurkholidin
X-SSN 1

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
1.tergantung siapa yang mendapatkan musibah.Bagi orang-orang yang mukmin dan beriman mereka anggap musibah itu sebagai ujian yang patut disyukuri.Memang musibah konotasinya buruk,tetapi boleh jadi apa yang angap kita baik itu adalah buruk bagi kita.Siapa yang mengira kekayaan dan kesehatan adalah tanda cinta ALLAH kepada kita maka dia telah keliru .Dan siapa yang menduga suatu hal yang terasa negatif adalah tanda benci ALLAH kepada kita itupun keliru'.tujuan ALLAH TURUNKANKAN BENCANA ADALAH supaya ALLAH mengetahui saiapa orang2yang beriman atau tidak karena itu jangan menggerutu karena allah akan memberikan tempat yang sebaik-baiknya...dan kita juga harus ingat sebesar apapun ujian itu tapi masih diambang batas kemampuan manusia .jalani kehidupan ini dengan datar dan lurus .kekuatan tawakal dan ikhlas akan memberikan power dan keajaiban didalam diri kita......
2.tulisan BAPAK memang beda dengan buku yang saya baca berjudul TERSENYUMLAH KETIKA MENGHADAPI MUSIBAH DR.KHOLID ADDASUKI..TULISAN BAPAK LEBIH FAHAM TUK DIMENGERTI.sedangkan buku yang saya baca hanya berupa gambaran musibah yang dialami oleh para sahabat Nabi'miSalnya Nabi NUH.bUKU ITU MENGGUNAKAN bahasa Firman Firman ALLAH yang bagi orang awam seperti saya sulit untuk dimengerti....banyak kosakata kosakata arab yang saya tidak tahu artinya...kenapa PAK MASDUKI TIDAK MENCOBA MEMBUAT DEBUAH KARANGAN BUKU?
3.KIAMAT AKAN TERJADI TAHUN 2012?WALLAHU ALAM
Tapi satu hal yang penting yaitu tetap konsissten atau istikomah terhadap syariat agama yang menginformasikan kiamat terjadi atas kehendak allah yang tidak seorang pun mengetahui bahkan nabi tapi hanya tanda tandanya saja.dan sebagai hamba allah yang beriman dan bertakwa kita wajib mengimani Hari kiamat.jangan pernah merasa takut sedikitpun mengenai hari kiamat .malah kita kita jadikan ini sebagai motivasi kita untuk mulai beramal dengan menjalankan perintah walaupun benar isu itu benar kita telah siap menerima SESUNGGUHNYA SEMUA MAKHLUK HIDUP AKAN MATI DAN KEMBALI KEPADA-nya

Anonim mengatakan...

assalamualaikum
kalo menurut saya mah pak,kejadian-kejadian yang belakangan ini menimpa kita bisa dikatakan musibah,azab,dan cobaan tergantung pada siapa di timpakan atau siapa yang mendapat musibah.kalaulah ala menimpakan suatu musibah pada orang-orang yang senang dengan maksiat itu berarti allah memberi azab agar mereka bisa bertaubat tapi jika yang di timpa orang-orang soleh itu berarti musibah ata ujian agar kita bisa bertafakur merenungi apa yang menyebabkan musibah itu datang ke kita .
saya tidak membandingkan tulisan siapapun karena suatu pendapat itu semuanya bagus selagi tulisan itu tidak keluar dari pembahasan tersebut.ketika saya melihat atau membaca dari karangan lain tentang musibah beliau mengatakan musibah juga bisa jadi suatu rahmat jika kita:
1.ucapkan innalillahi wainnailaihi
rojiun
2.roslullah bersabda:tidaklah seorang hamba ditimpa musibah lalu beristirjaa'niscaya allah akan memberi ganjaran pada musibahnya dan akan mengantinya dengan yang lebih baik(HR.MUSLIM)beristija disini adalah eyakini bahwa yang dimiliki kita adalah milik allah dan sepantasnya akan diambil kembali olehNYA
3.yakin dengan qada dan qadar nabi bersabda:"anugrahkaanlah pada kami keyakinan yang menjadikan musibah terasa ringan(HR.tirmidzi dan hakm)
4.bersyukur
5.tidak berkeluh kesah
6.yakin dan sabar serta ridho(Q.S albaqarah:157)
sumbar:hikmah di balik
balik musibah
oleh:fariq bin gazim
anuz


..............film 2012???????????????
duh soal film ?seru euy!pendapat darliyah sih,film 2012 mungkin maksud dari pembuat fil hanya ingin menggambarkan bagaimana kiamat itu terjadi dengan melihat sumber-sumber tentang kiamat tapi,yang jelas kapan kejadian itu datang kita sebagai manusiabiasa belum tau dan teknologi pun belum bisa memastikan kapan adanya kiamat .ya........kita positif tinking aja pada sang penulis mungkin dia ingin menydarkan kita bahwa dunia ini hanyalah tempat yng fana dan semuanya akan hancur dan kita akan menemukan khidupan baru yang kekal yaitu akhirat..
tapi,kita jangan terlarut dalam dunia film biar gak setrezz!
wallahua'lam bishawab terimakasih pak
wassalamualaikum......
DARLIYAH X_SSN 1

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum..
1.menurut pendpat meli peristiwa2 yg terjadi di indonesia saat ini merupakan suatu akibat dari kecerobohan manusia dalam memanfaatkan alam yang telah dianugrahkan oleh Allah SWT.
kejadian tersebut bisa dikatakan cobaan apbila musibah itu datang dan mnimpa pada suatu kaum yang beriman.
kejadian tersebut bisa dikatakan azab apabila menimpa pada seseorang atau kaum yang selalu bergelimang akan dosa2 yang sering mereka perbuat dikehidupan sehari2nya
2.KIAMAT 2012???
Sebenarnya semua orang juga wajib mempercayai akan adanya hari akhir / kiamat karena sudh menjadi kewajiban kita mempercayai rukun iman yang ke5 itu.tetapi misal kiamt itu sudah diramalkan akan terjadi pda 2012 oh NO,IM DON'T BELIEVE!!!
Trus juga mua alam semesta ini kan yang menciptakan allah SWT dan juga hanya Allah yang tau akan hal itu bakal terjadi so.... yua kita sebagai mnusia harus NERIMO ja dweh mizal Allh SWT udah "KUN FA YA KUN" Sih yua mo gimana lgi nda bisa ngelak akan kiamat itu.
lebih baik kita perbnyk beribadh dan banyk2 mendekatkn dri kepada Allah SWT ja.trus jngan mudah percaya dengan rmalan2 paranormal yang kebenaranny tidak bisa dipercaya.
3.Tulisan bapak dan tulisan diblog yang saya baca sama-sama mengaitkan musibah dengan apa yang ada di Al-Quran.namun di blog bapak lebih terperinci dan mudah dipahami. Di blog Bapa juga musibah tidak hanya dikaitkan dengan Al-Quran tapi juga dengan fenomena-fenomena alam. sehingga semakin memperkuat ayat-yat al-Quran tersebut. (blog yang saya baca The Mail Archive judul "Ketika musibah menimpa" penulis Abu ishaq.
Nama : Melia Leliyani Sondhari
Kelas : X SSN 1

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum..
1.menurut pendpat meli peristiwa2 yg terjadi di indonesia saat ini merupakan suatu akibat dari kecerobohan manusia dalam memanfaatkan alam yang telah dianugrahkan oleh Allah SWT.
kejadian tersebut bisa dikatakan cobaan apbila musibah itu datang dan mnimpa pada suatu kaum yang beriman.
kejadian tersebut bisa dikatakan azab apabila menimpa pada seseorang atau kaum yang selalu bergelimang akan dosa2 yang sering mereka perbuat dikehidupan sehari2nya
2.KIAMAT 2012???
Sebenarnya semua orang juga wajib mempercayai akan adanya hari akhir / kiamat karena sudh menjadi kewajiban kita mempercayai rukun iman yang ke5 itu.tetapi misal kiamt itu sudah diramalkan akan terjadi pda 2012 oh NO,IM DON'T BELIEVE!!!
Trus juga mua alam semesta ini kan yang menciptakan allah SWT dan juga hanya Allah yang tau akan hal itu bakal terjadi so.... yua kita sebagai mnusia harus NERIMO ja dweh mizal Allh SWT udah "KUN FA YA KUN" Sih yua mo gimana lgi nda bisa ngelak akan kiamat itu.
lebih baik kita perbnyk beribadh dan banyk2 mendekatkn dri kepada Allah SWT ja.trus jngan mudah percaya dengan rmalan2 paranormal yang kebenaranny tidak bisa dipercaya.
3.Tulisan bapak dan tulisan diblog yang saya baca sama-sama mengaitkan musibah dengan apa yang ada di Al-Quran.namun di blog bapak lebih terperinci dan mudah dipahami. Di blog Bapa juga musibah tidak hanya dikaitkan dengan Al-Quran tapi juga dengan fenomena-fenomena alam. sehingga semakin memperkuat ayat-yat al-Quran tersebut. (blog yang saya baca The Mail Archive judul "Ketika musibah menimpa" penulis Abu ishaq.
Nama : Melia Leliyani Sondhari
Kelas : X SSN 1

Anonim mengatakan...

Jare Qta..
1.Tergantung,,,,,jika kita selama hidup didunia selalu melakukan larangan ALLAH SWT. Maka musibahlah yang datang sebagai AZAB dari ALLAH.. untuk memberikan peringatan...
Tetapi jika selama hidup didunia selalu berusaha untuk menjadi orang yang beriman kepada ALLAH dan mengerjakan perintahNya serta menjauhi LarangaNya,maka musibah yang datang merupakan ujian atau cobaan sebagai tanda Rasa sayang ALLAH kepada umatNya,BETOEL..??
Untuk menjadikan mereka sebagai orang-orang terpilih yang lebih layak disisi ALLAH SWT,dengan kedudukan dan derajat yang mulia.
2. Jika dibandingkan antara tulisan Mr.MASDUKIE dengan tulisan OmM..DENI RAHMAN tentang MUSIBAH.
Penjelasan DENI RAHMAN lebih singkat tetapi tidak mencakup keseluruhan inti tentang Musibah tersebut. TerUuUuZ...tulisan BapaK lebih lengkap tetapi tidak mudah di mengerti karena banyak menggunakan bahasa yang sangat baku.
3. "Sesungguhnya hari kiamat itu sesuatu yang ghaib,dimana manusia tidak bisa melihat bahkan mengetahui seperti apa hari kiamat itu??"
Jadi menurut saya,issu kiamat 2012 itu hanya fiktif belaka,yang

Secara logika,kiamat itu hancur leburnya dunia dan seisinya sisa. Jadi,,,immposible kiamat bisa di lihat bahkan di hindari apalagi dibuat dalam bentuk film atau semacamnya.Sebagai makhluk Tuhan yang beriman,semuanya kita serahkan kepada ALLAH SWT.
NB:Manusia boleh berencana tetapi Tuhan yang berkehendak..!!!!!!
By _ ANITA.SYLVIANA
cLass: XII IPA 1

Anonim mengatakan...

Assalamualikum Wr.Wb.......
Saya akan menjawab pertanyaan dari Bapa .
1. Menurut saya bisa di katakan MUSIBAH,COBAAN atau AZAB adalah tergantung kita menyikapinya. seperti kita kehilanga benda yang kita sayang kejadian itu bisa dikatakan MUSIBAH,COBAAN atau AZAB. jika kita menyikapinya dengan perasaan yang tenang dan menganggap semua ini adalah kehendak yang di Atas maka itu dianggap sebagai MUSIBAH. tapi sebaliknya jika kita menyikapinya dengan perasaan yang sangat gelisah itu dinamakan AZAB dari ALlah.....
Namun, kita sering lupa bahwa Allah yang Maha Adil dan Maha Tahu juga akan memberikan ujian yang sesuai dengan kemampuan kita..... ini lah janji Allah
"Kami tiada nenbebani seseorang melainkan menurut kesanggupanya, dan pada sisi kami ada suatu kitab yang membicarakan kebenaran, dan mereka tidak dianiaya." (Q.S. AL-MU'MINUN : 62).
DARI aYAT Al-quran di atas maka jika kita di berikan suatu masalah oleh Allah maka kita jangan mudah putus asa dan semua itu pasti ada jalan keluarnya dan di balik semuanya pasti ada suatu pelajaran yang dapat kita ambil....
Rasulullah SAW bersabda, bahwa Allah berfirman, "Jika Aku menjadi hamba-Ku dengan mengambil orang yang dicintainya, kemudian di bersabar, maka aku menggantinya dengan surga." (HR. BUKHARI).
2. y.... sangat bagus. tapa lebih bagus lagi jika di sertai pemecahan masalah tersebut....
3. Di bandingkan dengan buku "CARA NABI MENGHADAPI MUSIBAH HIDUP" Penulis 'HENDRA SETIAWAN' kedua Opini cukup masuk akal dan keduanya juga bisa dijadikan sebagai pedoman hidup kita dalam menjalani kehidupan ini....
maap jika masih banyak kesalahan dalam panulisan maklum dalam proses belajar.....
Akhirul kalam... Wassalamu'alaiku Wr.Wb.....

nama : SYAIFUL SYUKUR
kelas : X SSN-2

Anonim mengatakan...

1.menurut saya bencana yang terjadi saat ini adalah ujian sekaligus azab karna di tinjau dari keterangan bapak di atas sesustu kejadian itu karna kehendak allah kurang lebih begitu, berarti allah menimpahkan azab bagi mareka yang ingkar dan ujian bagi mereka yang beriman. tapi di balik musibah itu pasti ada makna yang terkandung untuk kita umatnya, tinggal bagaimana kita menyikapinya.
2.menurut saya tulisan bapa lebih nmencakup dari semua arti musibah tetapi mengapa tulisan bapa tidak ada tulisan arabnya? yang pasti tulusan bapa cukup bagus, apa lagi ada tugas sepereti ini, secara tidak langsung kita dapat memehami arti dari musibah. saya membaca sebagiam buku dari Judul "Nasihat dan pelajaran dari "Indonesia menangis"
Penulis Ainul Haris Umar Thayyib, Jon Hariyadi tulisan bapa lebih terperinci
3.menurut saya kiamat tahun 2012 itu belum tentu terjadi karna hari kiamat hanya allah yang tau.

nama : abdurrohim ali
kelas : XII IPA 2

Anonim mengatakan...

Asslamualaikum.wr.wb
*menurut saya bencana alam itu dapat dicegah apabila manusiannya sendiri tidak melakukan hal-hal yang negatif, dan bencana alam juga tidak dapat dicegah apabila Allah telah berkata KUN FAYAKUN jadilah maka jadi jika kita di timpa musibah maka kita haruslah bersabar dan bertawakal kepada-Nya dan selalu minta perlindungan dan pertolongan darinya ada yang mengatakan bahwa bencana itu adalah musibah atau malapetaka tetapi yang lebih tepatnya adalah itu suatu cobaan yang mana Allah telah menguji kita, dan Allah tidak mungkin memberikan cobaan kepada hambanya yang tidak kuat untuk menahannya bahkan ada orang yang berkata saya tidak sanggup untuk menahan cobaan ini dan saya takut akan kematian yang nantinya akan datang kepada saya dan ada pepatah mengatakan {Takut mati jangan hidup, takut hidup mati saja} maka kita menghadapi cobaan ini dengan sabar dan berikhtiar Allah menciptakan langit dan bumi untuk dijaga dan dilindungi dan bukti bahwa manusia tidak bisa menjaga dan melestarikan bumi tercinta kita lapisan ozon yang mulai menipis dan kutub utara yang mulai mencair dan cara satu-satunya untuk mencegah agar kutub utara tidak mencair dan lapisan ozon pun tidak semakin menipis kita harus menanam 1000 pohon. allah telah memberi kita beribu-ribu nikmat mulai dari nikmat jasmani hingga nikmat rohani dan janganlah engkau menyia-nyiakan nikmat yang telah diberikan oleh allah kepada kita contoh dari nikmat yang hilang akan terasa apabila nikmat itu hilang jika kita terjatuh sakit maka kita akan merasakan betapa nikmatnya jadi orang yang sehat maka jangan pernah sia-siakan hidup, Telur hari esok harus lebih baik dari pada telur hari ini. nikmat tidak dapat dibeli dengan uang dan materi apa pun tetapi nikmat harus kita rasakan dan kita syukuri, kecintaan kita kepada Allah tak akan pernah sirnah karena cinta kita kepada-Nya kan selalu abadi dan kekal sepanjang hayat dan kecintaan kita terhadap penciptaan allah tak akan lekang oleh waktu karena keabadian akan datang setelah kematian.
Wassalam
Dewi Nawang Sari
X SSN 2

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 260   Lebih baru› Terbaru»